Kamu pernah merasa kalau dirimu mudah marah atau mudah tersinggung mendengar omongan orang lain? Padahal belum tentu lho omongan orang berniat untuk menyakiti hatimu. Tentu siapa pun pasti pernah tersinggung, yang membedakan hanya apakah kamu mampu keluar dari perasaan itu atau nggak.

Memangnya ciri-ciri orang yang mudah tersinggung itu gimana ya?  Yuk simak di bawah ini, Bela!

Ciri-ciri Orang Mudah Tersinggung, Kamu Termasuk Nggak?

Sesekali tersinggung itu boleh tetapi untuk hal berlanjut terus-menerus nggak baik untukmu dan hubungan sekitar. Kamu bisa tanya pada dirimu sendiri, apakah kamu suka mengeluh? Apa yang kamu pikirkan dan ekspetasikan harus benar-benar terjadi namun saat itu nggak terwujud, kamu justru mengeluh dan menyalahkan keadaan. Dari sisi mengeluh ini, menunjukkan sifat manusia yang jarang bahagia, yang menjadikan kamu menjadi pribadi yang mudah tersinggung.

Ciri-ciri Orang Mudah Tersinggung, Kamu Termasuk Nggak?

Selain itu, kamu justru nggak percaya dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu jadi mempunyai pemikiran bahwa hidup orang lain menyenangkan dan berpikir orang lain hidup untuk kamu. Saat kamu sudah merasa seperti itu, kamu harus benar-benar berubah, Bela!

Ciri-ciri Orang Mudah Tersinggung, Kamu Termasuk Nggak?

Ucapan orang-orang yang nggak sesuai denganmu sebenarnya nggak perlu kamu telan mentah-mentah. Ambil saja omongan orang lain yang positif untukmu, sementara ucapan negatif bisa kamu jadikan motivasi agar hidupmu menjadi lebih baik. Jadi, kamu nggak perlu sia-sia merasa tersinggung ya.

Ciri-ciri Orang Mudah Tersinggung, Kamu Termasuk Nggak?

Kamu bisa mulai mengontrol emosimu, dan coba bedakan situasi. Ingat, orang lain juga punya pendapat, baik itu sesuai dengan pikiranmu maupun bertolak belakang. Kamu harus memiliki rasa rendah hati, tenang rendah hati nggak menjerumuskan kamu pada titik lemah kok. Kamu malah bisa melawan rasa tersinggung kamu dengan rendah hati, saat orang lain mengatakan sesuatu yang nggak baik kamu mampu menolaknya, dan mengabaikannya.

Omongan orang yang negatif nggak perlu terlalu kamu pikirkan ya, justru kamu jadikan untuk acuan menjadi lebih baik. Kenali dirimu, kamu pantas untuk terus bahagia, Bela!

Baca Juga: Ketahui Profesi yang Cocok untuk Si Sensitif