Dibalik kesuksesan film hollywood, ternyata ada beberapa masalah yang terjadi. Salah satunya film Xmen: Dark Phoenix tentang misi penyelamatan yang mengancam jiwa di luar angkasa, membuat Jean Gray (Sophie Turner) menjadi mutan paling kuat dan film ini sudah rilis pada 6 Juni 2019. 

Sutradara Simon Kinberg disalahkan atas kegagalan film yang dibintangi Sophie Turner di box office oleh penulis naskah. "Saya merasa film itu tidak terkoneksi dan tidak sampai kepada audiens, dan itu salah saya," ucap Kinberg pada The Bussiness.

Diperkirakan rugi $100 juta

Kegagalan Film X-Men: Dark Phoenix Menjadi Kesalahan Sutradaraimdb.com/darkphoenix

Film X-Men: Dark Phoenix memulai debutnya, akhir pekan lalu dan baru mencetak $33 juta di box office AS. Diperkirakan $200 juta biaya produksi sebelum pemasaran, itu menjadi permasalahan terbesar dan mencatat skor Rotten Tomatoes terendah yang pernah ada sebesar 23 persen.  

Melansir laporan Anthony D'Alessandro dari Deadline,  film ini awalnya dibuat menjadi dua bagian yaitu mengarah pada pemotretan ulang dan perubahan skrip yang membuat berantakan atau kacau. 

Deadline  juga mengklaim bahwa biaya film mencapai lebih dari $350 juta untuk diproduksi, termasuk melakukan syuting ulang. Namun, publikasi melaporkan bahwa total box office Dark Phoenix di seluruh dunia hanya sekitar $285 juta.

Box Office: opening yang sangat buruk

Kegagalan Film X-Men: Dark Phoenix Menjadi Kesalahan Sutradaraimdb.com/darkphoenix

Menurut grosses, dua rilis terbesar akhir pekan ini seperti "The Secret Life of Pets 2" dan "X-Men: Dark Phoenix"  tidak memenuhi harapan, tetapi "Dark Phoenix" menjadi yang terburuk.

Terlepas dari masalah, Kinberg mengatakan dia senang bekerja di film dan merasa nyaman karena banyak kerabat yang telah berbagi pengalaman 

Mengutip percakapan Kinberg dengan Ridley Scott bersama di The Martian sebagai sesuatu yang membuat dia nyaman. Scott mengatakan "GI Jane" adalah film favorit yang dia garap.

Penggemar kecewa pada trailer film

Kegagalan Film X-Men: Dark Phoenix Menjadi Kesalahan Sutradaraimdb.com/darkphoenix

Setelah berbulan-bulan penundaan, penggemar akhirnya bisa menonton Dark Phoenix. 

Film yang mengadaptasi buku komik tidak menampilkan trailer yang menggambarkan keseluruhan, melainkan hanya 10 detik yang menunjukan poster, Sophie Turner tertutup bayangan dengan latar belakang galaksi yang berapi-api dan beberapa dialog seperti "Apa yang kamu alkukan?" "Aku melindunginya..." "Ini salahmu", namun menurut para penggemar hal ini tidak menggambarkan dengan baik. 

Banyak perubahan tanggal rilis

Kegagalan Film X-Men: Dark Phoenix Menjadi Kesalahan Sutradaraimdb.com/darkphoenix

Dark Phoenix melakukan banyak perubahan tanggal rilis berulang seperti dengan pemotretan ulang film. Terlepas dari semua ini dan fakta bahwa film ini tidak berjalan baik dengan penonton, Kinberg mengatakan bahwa dia masih bangga dengan film tersebut.

Franchise Dark Phoenix menurun

Kegagalan Film X-Men: Dark Phoenix Menjadi Kesalahan Sutradaraimdb.com/darkphoenix

"Dark Phoenix" dibuka dengan waralaba-rendah $32,8 juta akhir pekan lalu dan diperkirakan turun 74% dari total pada akhir pekan kedua, dengan total sekitar $8,4 juta. Itu akan memberi total domestik 10 hari $53,5 juta, lebih rendah dari $ 54,5 juta yang dibuat pada film "X-Men" pertama untuk akhir pekan pembukaannya pada tahun 2000.

Kinberg tidak akan menyutradai X-Men lagi

Kegagalan Film X-Men: Dark Phoenix Menjadi Kesalahan Sutradaracomplex.com

Kinberg juga mengatakan, ia tidak akan menjadi sutradara X-Men lagi karena Fox sudah diakuisisi  oleh Disney, di mana ketua Marvel, Kevin Feige akan lebih mengontrol karakter-karakter mutannya kembali, seperti  Avengers.

Namun Kinberg sendiri akan terlibat dalam pengambilan gambar ulang untuk New Mutants yang sudah lama ditunda dan baru dipastikan rilis April 2020. Setelah itu Dark Phoenix menjadi penutup baginya. dan dilansir dari The Hollywood Reporter  "Saya mencintai karakter-karakter ini. Saya mencintai dunia ini. Saya akan sangat antusias menanti apa yang akan Marvel lakukan dengan mereka," ujar Kinberg.

Nah, kalo menurut kamu yang sudah menonton X-Men: Dark Phoenix, bagaimana? Yuk tulis comment  dibawah ini ya.

Baca Juga: Review Film X-Men Dark Phoenix: Sekuel Terakhir yang Kurang Greget