WFH? Ini 11 Cara Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Tetap profesional meski work from home

WFH? Ini 11 Cara Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Virus Corona atau COVID-19 telah menjadi pandemi. Angka kasusnya kian bertambah setiap harinya, menyebabkan pemerintah di beberapa negara mengeluarkan beberapa peraturan sementara untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakatnya. Salah satunya adalah imbauan social distancing dan bekerja dari rumah. Peraturan tersebut rupanya turut diterapkan beberapa perusahaan di Indonesia. Apa kamu termasuk ke dalam pegawai yang harus bekerja di rumah, Bela?

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah terdengar lebih menyenangkan! Namun faktanya, bekerja dengan kondisi seperti ini membutuhkan sikap disiplin lebih tinggi dan manajemen waktu yang sangat baik. Sebagian orang enggan bekerja dari rumah karena membuat mereka menjadi lebih malas atau sulit berkonsentrasi. Tetapi jangan khawatir! Melansir dari Business Insider, para spesialis karier memiliki beberapa informasi kemampuan dan sikap yang dapat mendukungmu untuk bekerja secara profesional dari rumah. Apa saja?

1. Memprioritaskan komunikasi yang jelas ketika berkirim e-mail dengan rekan kerja

Ketika bekerja dari rumah, pegawai harus mengerti pentingnya berkomunikasi secara jelas dengan rekan tim melalui media apa pun itu. Saat bekerja di kantor, komunikasi dapat berjalan lebih efektif karena kamu dapat mengobrol langsung dengan orang yang dituju. Namun saat bekerja dari rumah, kamu harus berkomunikasi melalui e-mail atau telepon untuk koordinasi. Karena itu, selalu menuliskan sesuatu dengan penjabaran lengkap dan jelas.

2. Penting untuk tetap menjalankan rutinitas pagi

Jika sulit bangun pagi, sangat disarankan untuk memiliki rutintas pagi, seperti olahraga atau mandi. Nah, manfaat baik bekerja dari rumah adalah, kamu nggak perlu melakukan rutinitas pagimu sepenuhnya, seperti harus memilih pakaian kerja atau menggunakan riasan. Namun, penampilanmu dapat memberi pengaruh pada perasaanmu, dan tanpa rutinitas pagi itu, pikiranmu akan sulit untuk terjaga dan bekerja. Jadi sekalipun nggak ke kantor, tetap usahakan untuk menjalankan rutinitas pagimu sebagai bentuk mengawali hari yang baik dan mempersiapkan pikiranmu menjadi "mode bekerja".

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here