Sepanjang tahun 2017, kita mendengar banyak sekali artis yang masuk ke dunia bisnis, entah melebarkan usaha yang telah berjalan atau baru mencoba melakukannya. Banyak yang sukses, namun ada juga yang harus mengalami kegagalan pahit sampai merugi miliar rupiah. Siapa saja artis yang kurang beruntung menjajaki dunia bisnis ini?

1. Bisnis tas Marcel Chandrawinata

Nggak Selalu Sukses, 5 Artis Indonesia Ini Juga Alami Kegagalan dalam Berbisnisinstagram.com/marcelchandra

Saudara kembar dari Mischa Chandrawinata ini ternyata pernah menekuni beberapa kali bisnis dan jatuh berkali-kali pula. Suami dari Deasy Priscilla ini pernah menjalankan bisnis ekspor-impor tas dan merugi sebesar 3,5 miliar. Marcel juga pernah membuka bengkel dan gagal kembali. Aktor kelahiran Jerman ini sempat mengaku kalau penyebab jatuhnya beberapa bisnis itu karena terlalu menaruh kepercayaan besar pada rekan bisnisnya.

2. Bisnis pertambangan Tommy Kurniawan

Nggak Selalu Sukses, 5 Artis Indonesia Ini Juga Alami Kegagalan dalam Berbisnisinstagram.com/tommykurniawan77/

Generasi 90-an pasti kenal dengan sosok rupawan Tommy Kurniawan. Aktor yang berencana menikah tahun 2018 mendatang, pernah mencoba melakoni bisnis pertambangan batu bara. Namun sayangnya, ia harus gulung tikar pada tahun 2013 karena ditipu dan ditinggalkan begitu saja oleh mitranya. Selain itu, Tommy juga merasa belum cukup mampu untuk menjalani bisnis bidang itu. Kegagalan ini tentu menyisakan kenangan pahit, namun ia nggak menyerah untuk mencoba berbisnis kembali. Kabarnya, ia ingin membuka usaha di bidang olahraga karena menyukai dunia itu.

3. Bisnis restoran Dude Herlino

Nggak Selalu Sukses, 5 Artis Indonesia Ini Juga Alami Kegagalan dalam Berbisnisinstagram.com/dude2harlino

Sudah bukan rahasia lagi kalau beberapa artis juga tertarik dengan bisnis restoran, dan salah satunya adalah Dude Herlino. Sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang, Dude Herlino pernah mencapai puncak dengan bisnis restorannya bernama Sushi Miyabi. Kamu pasti pernah mampir, dong, Bela? Tempat makan yang menawarkan hidangan a la Jepang ini sempat populer sehingga suami dari Alyssa Soebandono ini membuka banyak cabang. Namun karena itu, banyak yang mengalami kerugian sehingga ia harus menutup restorannya.

4. Bisnis kosmetik Manohara Odelia

Nggak Selalu Sukses, 5 Artis Indonesia Ini Juga Alami Kegagalan dalam Berbisnisinstagram.com/manodelia

Tentunya nggak asing dengan nama Manohara, dong? ia juga pernah membuka bisnis kosmetik beberapa tahun lalu. Namun sayangnya, usaha pertamanya ini nggak berkembang karena banyak hal. Mulai dari konflik antara dirinya dan pihak marketing, perencanaan produk, sampai modal pengetahuan yang dirasa masih kurang cukup, membuatnya harus mundur dari bisnis itu.

5. Bisnis smartphone Teuku Rassya

Nggak Selalu Sukses, 5 Artis Indonesia Ini Juga Alami Kegagalan dalam Berbisnisinstagram.com/teukurassya

Jangan salah, anak Tamara Bleszynski ini pernah mencoba membuka usaha toko smartphone di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, lho! Namun usahanya nggak berjalan dengan baik karena toko berada di tempat yang kurang strategis. Alhasil, ia mengalami kerugian besar. Namun, pria muda kelahiran tahun 1999 ini nggak patah semangat. Ia dan teman-temannya mulai mendalami bisnis garment.

Itulah 5 artis yang mengalami kegagalan dalam berbisnis. Dari kelima nama itu kita bisa menyimpulkan kalau selalu ada sebab gagal yang dapat menjadi pelajaran agar nggak terulang lagi di masa depan.

BACA JUGA: Ingin Menyerah Saat Bisnismu Gagal? Inilah 7 Tips Supaya Semangatmu Bangkit Lagi!