Bela, kamu menikmati pekerjaanmu nggak, sih? Atau selama ini pekerjaanmu hanya membuatmu tertekan? Kamu nggak harus memaksakan diri dengan mempertahankan pekerjaan yang nggak kamu nikmati, lho. Ketika kamu lebih banyak merasa terbebani daripada puas, kinerjamu di kantor nggak akan maksimal dan kamu akan sulit berkembang. Nah, coba kamu tanyakan lima pertanyaan ini pada dirimu sendiri dan cari tahu apakah kariermu sudah terlalu menyengsarakan untuk kamu pertahankan. 

 

1. Apakah pekerjaanku membuatku bersemangat setiap harinya?

Pertahankan Nggak Ya? Ini Tandanya Kalau Kariermu Sudah Terlalu Membebani Kamu! rockycoastnews.blogspot.com

Saat kamu bangun pagi, apa yang ada di pikiranmu? Kalau kamu nggak sabar untuk segera tiba di kantor dan menyelesaikan pekerjaanmu, ini berarti kamu sangat mencintai pekerjaanmu! Tapi kalau setiap pagi bawaannya nggak niat, pertimbangkanlah apa yang membuatmu kehilangan semangat. Entah itu jumlah pekerjaan yang terlalu banyak, bos yang banyak menuntut, atau teman-teman kerja yang menekanmu. 

 

2. Apa yang aku rasakan setiap hari Minggu?

Pertahankan Nggak Ya? Ini Tandanya Kalau Kariermu Sudah Terlalu Membebani Kamu! rockycoastnews.blogspot.com

Besok sudah hari Senin lagi. Apa yang kamu rasakan, Bela? Berenergi? Atau justru lesu dan enggan rasanya harus masuk kantor lagi? Mungkin kamu salah satu orang yang bermusuhan dengan si hari Senin. Ini tandanya kamu kurang motivasi untuk bekerja. Pikirkan apa yang bisa membuatmu terdorong dan semangat lagi. Entah itu gaji di akhir bulan, kebanggaan tersendiri bisa bekerja di perusahaan tersebut, atau karena kamu telah memimpikan pekerjaan ini sejak lama. 

 

3. Seberapa sering aku mengeluh tentang pekerjaanku?

Pertahankan Nggak Ya? Ini Tandanya Kalau Kariermu Sudah Terlalu Membebani Kamu! jamiejanosz.blogspot.com

Perhatikan, deh. Waktu kamu bercerita soal pekerjaanmu ke orang-orang terdekatmu, kamu lebih banyak berbagi pengalaman atau malah keluhan? Lebih banyak mengeluh membuktikan bahwa kamu sudah merasa sangat nggak nyaman di kantor. Kamu harus berpikir ulang seratus kali untuk mempertahankan pekerjaanmu sekarang. 

 

4. Apakah aku merasa dihargai?

Pertahankan Nggak Ya? Ini Tandanya Kalau Kariermu Sudah Terlalu Membebani Kamu! hippowallpapers.com

Semua usaha dan peluh yang sudah kamu curahkan mendapat apresiasi dari orang-orang di kantor, nggak? Mungkin selama ini kamu sudah banyak berkontribusi bagi perusahaan, bahkan sampai tetap bekerja pada akhir pekan dan pulang jam 9 malam terus tiap hari. Kalau kamu merasa perjuanganmu nggak dihargai, berarti kamu sudah diperbudak, nih. Jangan terima begitu saja diperlakukan seperti ini karena itu adalah budaya yang nggak sehat dan nggak akan menguntungkan kamu.  

 

5. Apakah aku bersedia bekerja lembur? 

Pertahankan Nggak Ya? Ini Tandanya Kalau Kariermu Sudah Terlalu Membebani Kamu! indiadebeaufort.com

Kalau kamu nggak masalah harus bekerja lebih lama lagi, kamu nggak perlu khawatir. Kamu sangat menikmati pekerjaanmu dan nggak merasa terpaksa lembur. Tapi kalau mendengar kata lembur saja kamu sudah ingin lari dan mengungsi ke Mars, berarti pekerjaanmu sekarang bukanlah passion-mu. 

 

Bela, sekarang kamu sudah lebih paham kan seperti apa pekerjaan yang nggak seharusnya kamu paksakan? Pertimbangkanlah untuk berganti haluan karier atau bidang kerja kalau itu bisa membuatmu lebih tertantang dan bersemangat. Ingat, kamu pantas merasa bahagia dengan kariermu.