Bela, apakah kamu selalu terlambat datang ke kantor karena kesulitan bangun? Apakah kamu selalu merasa tidurmu belum cukup, meskipun kamu sudah terlelap selama enam hingga tujuh jam? Kalau iya, ada yang salah dengan kebiasaanmu, Bela. Daripada terus-menerus menekan tombol snooze alarm, lebih baik kamu pelajari dulu lima alasan kamu bangun tidur dengan rasa lelah yang sudah Popbela siapkan ini. 

 

1. Ini Dia Alasannya Kamu Selalu Bangun dengan Lelah Meski Sudah Tidur Cukup

 

Mau tidur berapa lama pun, kamu akan tetap merasa kelelahan dengan kualitas tidur yang buruk. Ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini, misalnya suara bising, pikiran yang mengganggu, atau konsumsi minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur. 

 

2. Ini Dia Alasannya Kamu Selalu Bangun dengan Lelah Meski Sudah Tidur Cukup

 

Siklus tidur manusia itu terbagi dalam berbagai tahap, dan kamu bisa saja terbangun saat kamu berada di deep sleep atau saat tidur nyenyak. Tentu tubuhmu akan terkejut karena belum siap bangun. Jadi cobalah untuk tidur dengan lampu yang redup dan jangan pasang alarm terlalu jauh dari jam bangunmu biasanya supaya kamu tidak bangun dengan kaget. 

 

3. Ini Dia Alasannya Kamu Selalu Bangun dengan Lelah Meski Sudah Tidur Cukup  

 

Beberapa obat yang kamu konsumsi memberikan efek lemas dan mengantuk, bahkan setelah kamu bangun dari tidur. Jadi perhatikan setiap kandungan dan efek samping obat-obatan yang kamu konsumsi, Bela. 

 

4. Ini Dia Alasannya Kamu Selalu Bangun dengan Lelah Meski Sudah Tidur Cukup

 

Berbagai gangguan kesehatan, seperti depresi dan gangguan pernapasan akan memengaruhi kualitas tidurmu. Meskipun kamu sudah tidur selama tujuh jam, gangguan-gangguan kesehatan ini akan menghabiskan banyak energimu. Jadi, tidur tujuh jam pun akan tetap terasa kurang bagimu. 

 

5. Ini Dia Alasannya Kamu Selalu Bangun dengan Lelah Meski Sudah Tidur Cukup

 

Jika jam tidurmu tidak teratur, tubuh akan kesulitan menyesuaikan jadwal tidurmu. Iya, tidur pun butuh jadwal yang teratur. Jadi, yuk biasakan tidur dengan jadwal yang teratur agar tubuhmu tidak mudah kaget kalau harus tiba-tiba bangun di jam yang tidak biasanya. 

 

Bagaimana, Bela? Adakah salah satu dari lima alasan di atas yang sesuai dengan kondisimu? Jangan dibiarkan begitu saja, ya! Kalau memang sudah parah, tak ada salahnya kok memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan tenaga ahli medis. Tidur semakin berkualitas, kegiatanmu seharian pun semakin lancar dan penuh aksi!