Untuk kamu yang telah menyelesaikan studimu di jenjang strata satu, mungkin pernah muncul dalam pikiranmu untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Tapi kemudian muncul pertarungan dalam benakmu. Lebih baik lanjut studi S2 atau mencari pengalaman kerja, ya? Mungkin kamu berpikir bahwa ilmu dan gelar sarjana yang telah kamu dapatkan saat ini sudah cukup membekalimu di masa depan. Nah, untuk memantapkan hatimu, berikut Popbela siapkan delapan alasan kuat mengapa kamu perlu sekolah lagi sampai membawa pulang gelar pascasarjana. Simak baik-baik, ya. 

 

1. Usiamu masih muda

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!leftbankgirl.blogspot.com

Karena kamu belum begitu lama lulus dari bangku kuliah sarjana, kamu masih terbiasa dengan rutinitas perkuliahan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berusia muda lebih mudah menyerap ilmu dan informasi baru. beradaptasi, dan terbuka terhadap hal-hal baru. Kamu pun belum begitu terbebani dengan tanggung jawab seperti berkeluarga atau menjalankan sebuah perusahaan besar. 

 

2. Banyak tawaran beasiswa yang sayang jika dilewatkan

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!vogue.com

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Kamu tak usah khawatir akan biaya yang mahal karena ada banyak sekali program dan institusi yang menawarkan beasiswa bagi para orang muda. Inilah kesempatanmu mewujudkan mimpi kuliah di luar negeri dan memperdalam ilmu secara gratis! 

 

3. Mempelajari bidang yang benar-benar kamu minati

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!vogue.com

Studi pascasarjana menawarkan program-program yang bersifat spesifik, tak seperti di S1. Kamu tidak akan terbebani dengan mata kuliah yang tak menarik buatmu. Lagipula, kalau waktu S1 dulu kamu memilih jurusan yang diinginkan orang tuamu, di S2 kamu bebas memilih jurusan apa pun! Kan kamu sudah berhasil menyelesaikan kewajibanmu di S1. 

 

4. Sebagai nilai tambah

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!scissor-fingers.com

Banyak pekerjaan dan jabatan yang mengharuskan kandidatnya memiliki pendidikan yang tinggi. Para lulusan sekolah pascasarjana seringkali dinilai lebih kompeten karena berbekal ilmu yang lebih dalam. Sebagai tambahan, gelar pascasarjana akan membuatmu terlihat lebih bisa dipercaya dan bertanggung jawab. 

 

5. Mencapai tujuan pribadi

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!vintage-traffic.com

Kalau dalam hati kamu memiliki ambisi untuk meneliti sebuah fenomena atau subjek tertentu, tak usah ragu lagi mendaftar ke sekolah pascasarjana. Atau kamu punya keinginan mendalami sebuah topik khusus? Studi S2 adalah jawaban bagi tujuanmu itu. 

 

6. Memajukan karier

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!thestylepressco.com.au

Peluang kariermu akan terbuka lebar dengan mengantongi gelar S2. Kamu bisa mengembangkan sayapmu menjadi pengajar, dosen, peneliti, atau pembicara yang berkualifikasi dengan gelarmu. Kamu pun sudah memiliki ilmu yang bisa kamu terapkan dalam pekerjaanmu nanti. Maka, kontribusimu bagi perusahaan tempatmu bekerja kelak akan jadi lebih besar dari yang lain. Hal ini bisa menjamin kestabilan dan perkembangan karier yang menjanjikan tentunya. 

 

7. Memperluas jaringan

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!lindatol.com

Kuliah S2 bisa menambah link dan networking yang akan kamu butuhkan suatu hari nanti. Di sekolah pascasarjana kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai tempat yang punya minat dan pengaruh di bidang yang kamu geluti. 

 

8. Bisa sambil bekerja

Haruskah Aku Melanjutkan Studi S2? Ayo Cari Jawabannya di sini!theedit.com.au

Tak seperti kuliah S1, melanjutkan studi S2 itu jauh lebih fleksibel. Selain masa studi yang lebih singkat, kamu juga tak akan menghabiskan waktu seharian penuh di kampus. Kamu jadi bisa kuliah sambil bekerja. Bahkan ada banyak program pascasarjana yang menawarkan kelas malam sehingga kamu bisa bekerja seperti biasa di siang hari. 

 

Itu dia delapan alasan mengapa kamu harus kuliah S2. Jadi bagaimana, Bela? Kamu sudah yakin belum? Apa pun yang kamu pilih nanti, pastikan kamu akan konsisten dengan pilihanmu dan terus berkembang sesuai dengan potensimu. Jangan pernah berhenti belajar ya, Bela!