Hari pertama masuk di kantor yang baru itu memang bikin kamu tak tenang semalaman. Wajar kok, kamu mungkin takut merasa tidak cocok dengan teman-teman barumu di kantor. Tapi kalau kamu terlalu cemas, kamu justru akan tambah sulit membuka diri dan menjadi dirimu sendiri. Nah, Popbela sudah menyiapkan lima tips pintar buat kamu yang sedang gugup soal hari pertamamu di kantor. Perhatikan baik-baik dan selamat mencari teman baru ya, Bela! 

1. 5 Tips Bergaul dengan Teman-Teman Kerja

Tak peduli seberapa remeh atau besarnya pekerjaan yang diberikan padamu, terima saja dengan senyum manismu yang tulus. Ini tujuannya bukan untuk cari muka saja lho, Bela. Maksudnya supaya teman-teman kerjamu tahu bahwa kamu memiliki kemauan dan bisa diandalkan. Tapi setelah beberapa hari, jangan biarkan teman-teman kerjamu memanfaatkanmu kalau kamu sudah kelebihan beban kerja.

 

2. 5 Tips Bergaul dengan Teman-Teman Kerja

Entah kamu sudah dipilih sebagai pegawai tetap atau masih dalam masa percobaan, tunjukkan kinerja terbaikmu. Tawarkan juga bantuanmu jika ada yang membutuhkan. Jangan berpikiran bahwa kamu masih baru, sehingga kalau pekerjaanmu kurang maksimal kamu akan dimaklumi. Rekan-rekan dan atasanmu suka dengan orang yang proaktif dan mau membantu demi kepentingan bersama. 

 

3. 5 Tips Bergaul dengan Teman-Teman Kerja

Usahakan untuk selalu hadir di berbagai jenis acara kantor, entah itu presentasi dari rekanmu atau sekadar kumpul-kumpul sepulang kerja. Kalau anggota timmu biasa makan siang bersama, bergabunglah dengan mereka. Ini adalah cara yang efektif untuk memperluas jaringanmu dan supaya wajahmu lebih dikenal lagi di kantor. 

 

4. 5 Tips Bergaul dengan Teman-Teman Kerja

Tanyakan segala hal yang masih kamu ragukan soal perusahaanmu pada teman-teman kerja. Dengan begitu, kamu jadi menemukan topik obrolan sekaligus belajar mengenai kebiasaan-kebiasaan dan budaya kantormu. Kamu bisa mencoba bertanya-tanya saat sedang istirahat makan siang agar tak menganggu pekerjaan mereka. 

 

5. 5 Tips Bergaul dengan Teman-Teman Kerja

Kamu bisa mencoba trik ini supaya bisa makin mengenal rekan-rekan kerjamu. Kalau kamu tak tahu siapa yang akan mengajakmu berkeliling, tanyakan pada supervisor atau atasanmu. Sambil berkeliling, kamu bisa memperkenalkan dirimu pada orang-orang. Tak perlu setengah mati mengingat nama mereka satu-satu karena lama kelamaan kamu akan hafal juga dengan sendirinya. 

Ternyata berteman dengan orang-orang baru di kantor itu tak begitu sulit, bukan? Kuncinya adalah bersikap terbuka dan mau membantu. Dijamin, hari pertamamu akan terasa sangat menyenangkan. Kalau kamu punya pengalaman lain ketika berteman dengan orang-orang kantor, bagikan dengan Popbela, ya, di bagian komentar! 

 

BACA JUGA: Begini Perjalanan Karier Agatha Chelsea, Aktris dalam Film Meet Me After Sunset