Bela, apakah kamu termasuk orang yang pemalu? Hati-hati karena di dunia kerja biasanya orang-orang yang pemalu akan sulit mendapatkan respek dan penghargaan yang sebenarnya pantas mereka dapatkan. Selain itu, sifat ini juga tak bisa membuatmu berkembang dan terus mendobrak batasan-batasanmu. Mumpung masih muda, kamu harus belajar untuk menonjolkan diri agar lebih berpengaruh di kantor. Tapi bagaimana caranya? Tenang saja, Popbela punya lima trik supaya kamu si pemalu bisa lebih santai dan terbuka di kantor. Simak baik-baik caranya, ya. 

 

1. Buat Kamu si Pemalu, 5 Trik Pintar Ini Bisa Menyelamatkan Kariermu!

Sifat pemalu salah satunya disebabkan oleh rasa takut terhadap hal-hal yang tak bisa kamu tebak, seperti bagaimana kamu akan memulai pembicaraan dengan orang lain atau respon yang baik ketika diajak mengobrol, sampai tanggapan dan penilaian orang lain terhadap dirimu. Maka pelajari dan amati orang-orang di sekitarmu dengan baik supaya kamu tahu minat, sifat, dan cara mereka berinteraksi. Ini juga akan membantumu merasa lebih dekat dengan mereka sehingga kamu pun nyaman dalam lingkunganmu.

 

2. Buat Kamu si Pemalu, 5 Trik Pintar Ini Bisa Menyelamatkan Kariermu!

Selalu persiapkan diri untuk menghadapi berbagai situasi baru seperti mencari-cari dan menabung topik pembicaraan selama akhir pekan, sehingga saat masuk kantor di hari Senin kamu sudah bisa mengantisipasi arah pembicaraan dengan teman-teman kerjamu. Kalau mau presentasi di depan tim, siapkan juga jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan audiensmu. 

 

3. Buat Kamu si Pemalu, 5 Trik Pintar Ini Bisa Menyelamatkan Kariermu!

Selama ini mungkin kamu mengira bahwa bahasa tubuhmu menggambarkan perasaanmu. Tapi bisa juga sebaliknya lho, Bela! Perasaanmu bisa dipengaruhi oleh bahasa tubuh yang kamu atur secara sadar. Jadi paksa tubuhmu untuk duduk tegak dan kepala mengangkat sejajar dengan tatapan mata orang-orang, tersenyum, dan berbicara dengan suara yang jelas. Otakmu pun akan mengikuti bahasa tubuh ini dan pikiranmu pun mendapat sinyal bahwa kamu sedang merasa penuh kepercayaan diri. 

 

4. Buat Kamu si Pemalu, 5 Trik Pintar Ini Bisa Menyelamatkan Kariermu!

Jika kamu masih sulit melepaskan rasa malu dan takut tampil menonjol, telusuri dirimu karena pasti ada satu sisi dalam dirimu yang ingin dikenal dan diakui oleh orang lain. Semua orang punya sisi ini, Bela. Nah, ciptakan persona atau kepribadian baru dari sisi ini dan kamu bisa menjadi sosok tersebut saat kamu harus bertemu atasan atau menghadiri rapat. Dengan alter-ego ini, kamu pun bisa mengelabui sosokmu yang pemalu dan menjadi sosok yang lebih supel. 

 

5. Buat Kamu si Pemalu, 5 Trik Pintar Ini Bisa Menyelamatkan Kariermu!

Apa sih yang membuatmu merasa malu? Ada orang lain yang membuatmu merasa lebih rendah? Apakah kamu kesulitan mengutarakan apa yang ada di pikiranmu? Atau kamu kurang percaya diri? Ini berarti kamu tak mengenal dirimu sendiri dengan baik dan masih menilai dirimu sendiri dengan rendah. Bela, kamu adalah orang yang mengagumkan dan penuh dengan ide cemerlang! Sayang sekali kalau kecerdasanmu ini hanya kamu simpan sendiri. 

 

Sifat pemalu memang tak bisa begitu saja hilang. Pertama kamu harus punya kemauan dan tekad yang besar dulu untuk berubah. Tapi kalau kamu sudah menyadari kelemahan ini dan mau membiasakan lima trik di atas, kamu bisa mengalahkan sifatmu ini dan menjadi sosok yang lebih percaya diri. Selamat mencoba, Bela!