Melihat kembali kehidupan para artis, pasti membuat beberapa orang iri karena kehidupan mereka yang selalu terlihat bahagia. Bekerja dengan hanya menghibur penonton langsung mendapatkan uang yang banyak, mungkin menurut kalian itu mudah banget. Namun kalian harus tahu, ternyata nggak semua artis bisa hidup dengan mudah seperti yang kamu banyangkan lho.

Karena tuntunan hidup namun pekerjaan tak kunjung datang, akhirnya banyak artis yang nekat untuk melakukan apapun. Misalnya seperti, sudah banyak deretan artis yang nggak kamu duga-duga ternyata pelaku penipuan. Akibat dari perbutannya, akhirnya banyak artis yang harus berusuan dengan hukum. Kira-kira siapa aja ya? Langsung aja simak di bawah ini.

1. Jeremy Thomas

Tak Hanya Vicky Prasetyo, Ini 5 Artis yang Terjerat Kasus Penipuaninstagram.com/jeremythomas_jt

Ayah dua anak ini ternyata pernah dilaporkan ke polisi sebagai pelaku penipuan sebuah villa di Bali. Bermula dari laki-laki asal Australia, Alexander Patrick Morr , yang membeli sebidang tanah di daerah Kedewatan, Ubud pada tahun 1999. Sebidang tanah tersebut kemudia dibuat menjadi sebuah villa oleh Patrick. Namun karena Patrick tidak tercatat sebagai WNI, jadi penulisan hak milik digantikan oleh Rudi Marcio asal Bandung.

Sebenarnya, Patrick dan Jeremy memiliki hubungan yang baik antara keduanya. Sampai akhirnya mereka melakukan kerja sama untuk membangun sebuah spa di samping villa milik Patrick. Untuk modal akhirnya Patrick menyuruh Jeremy untuk mencari pinjaman dana, kemudian akhirnya Jeremy meminta agar hak milik sebelumnya digantikan oleh dirinya agar keluar kredit bank lebih mudah.

Masalah pun di mulai ketika uang sudah turun sebanyak Rp17 miliar di tangan Jeremy, tapi pemain sinetron itu tidak membicarakannya kepada Patrick. Bahkan laki-laki asal Australia itu hanya diberikan uang oleh Jeremy sebesar Rp1 miliar saja. Akhirnya karena Patrick merasa ditipu, dia melaporkannya ke Polda Bali dengan tuduhan penipuan dan penggelapan. Akhirnya karena perbuatannya Jeremy harus membayar Rp33 miliar kepada Patrick dan harus mengembalikan villa yang masih menjadi hak milik Jeremy kepada Patrick.

2. Vicky Prasetyo

Tak Hanya Vicky Prasetyo, Ini 5 Artis yang Terjerat Kasus Penipuaninstagram.com/vickyprasetyo777

Laki-laki mantan suami Angel Lelga ini sudah dikenal dengan kasus kontroversinya. Tak terkecuali salah satu kasus yang menjeratnya masuk ke penjara yaitu kasus pemalsuan surat tanah. Pada tahun 2012, Vicky Prasetyo pernah menjabat sebagai LSM Rakyat Bekasi dan melakukan pemalsuan surat tanah sampai Rp1 miliar. Kasusnya bermula ketika ia membuat surat tanah palsu yang seolah-olah seperti surat asli terhadap sebidang tanah seluas 2.595 meter persegi.

Akibat dari perbuatannya, Vicky akhirnya dipenjara selama 1 tahun 6 bulan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A, Bulak Kapal, Bekasi. Namun setelah dirinya keluar dari penjara, lagi-lagi Vicky dipanggil oleh pihak kepolisian pada 8 November 2014. Alasan laki-laki itu dipanggil lagi bermula dari laporan seorang laki-laki bernama AH Tahir pada tahun 2012 mengenai kasus penipuan yang sama.

3. Sandi Tumewa

Tak Hanya Vicky Prasetyo, Ini 5 Artis yang Terjerat Kasus Penipuaninstagram.com/sandytumiwa.official

Aktor yang pertama kali mengawali kariernya setelah memenangkan ajang Abang None ini, pada tahun 2014 dituduh melakukan kasus penipuan. Sebanyak 3.000 nasabah ditipu oleh Sandy dan satu rekan bisnisnya bernama Cici. Berawal dari tunduhan salah satu penyanyi dangdut, Annisa Bahar, laki-laki itu dibawa oleh kepolisian pada Kamis (26/11). Sandy dibawa karena tunduhan Annisa mengenai investasi bodong yang dilakukannya.

Modus penipuan dilakukan melalui PT CSM Bintang Indonesia yang dikelola oleh sandy dan temannya itu. Menurut Annisa Sandy menawarkan investasi dengan diimingi akan diinvestasikan ke bisnis batu bara dan Forex. Memang selama tiga bulan keuntungan mulai diberikan oleh laki-laki mantan Tessa Kaunang itu, namun bulan selanjutnya Sandy nggak pernah lagimemberikan keuntungan itu kepada penyanyi itu. Annisa Bahar mengaku dirugikan sebanyak Rp25 miliar. Akhirnya Sandy divonis selama 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta pada Selasa (5/4).

4. Laudya Cynthia Bella

Tak Hanya Vicky Prasetyo, Ini 5 Artis yang Terjerat Kasus Penipuaninstagram.com/laudyacynthiabella

Artis cantik yang menikah dengan laki-laki negeri jiran itu dituduh oleh pengusaha asal Bandung, Jimmy Sanjaya. Bella dituduh melakukan penipuan dan penggelapan terhadap sebidang tanah yang dibeli Jimmy dari Bella pada tahun 2009 lalu. Menurut Jimmy selaku pembeli, dia merasa ditipu, bermula dari tanah seluas 5.360 m2 seharga Rp911.200.000. Kemudian pengusaha itu menyerahkan uang Rp140 juta dan membayar sisanya ketika sertifikat sudah diterima dirinya.

Sampai akhirnya Jimmy keberatan dan menurut dirinya uang muka yang dia berikan juga belum dikembalikan. Karena kasus tersebut perempuan yang telah menetap di Malaysia nya itu akhirnya harus tinggal di Indonesia dulu selama beberapa hari untuk menyelesaikan masalah itu. Akhirnya kejadian itu ternyata hanya kesalapahaman antara Jimmy dan Bella. Kemudian kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan.

5. Elly Sugigi

Tak Hanya Vicky Prasetyo, Ini 5 Artis yang Terjerat Kasus Penipuaninstagram.com/ellysugigi_real_

Artis peran yang sering banget dibumbui dengan kontroversinya dengan para laki-laki, pada Agustus 2018 diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp50 juta. Seseorang yang merasa ditipu oleh Elly adalah penyanyi Tessa Mariska. Menurut Tessa, perempuan itu awalnya menelfon dirinya untuk meminjam uang sebanyak Rp50 juta yang akan digunakan untuk membayar honor penonton bayaran.

Sebelumnya juga, Elly pernah menawarkan pedangdut itu untuk menjadi investor dan mendapatkan keuntungannya. Namun kata Tessa, ibu anak dua itu hanya mengirimkan kontrak dalam bentuk foto yang dikirimkan kepada dirinya saat sedang di luar negeri. Sebaliknya, Elly mengaku mempunyai surat kontrak itu yang sudah disepakati oleh dirinya dan Tessa Meriska. Akhirnya dalam suatu program televisi pagi mereka dipertemukan dan Elly langsung memberikan uang sebanyak Rp65 juta dalam bentuk dolar Singapura.

Tetapi Tessa nggak terima diperlakukan seperti itu, menurutnya Elly hanya akan membuat dirinya terlihat mata duitan yang mempermasalahkan uang Rp50 juta saja. Janda dua anak ini sudah berusaha untuk menyelasaikan masalah ini dengan baik. Namun menurut Elly, pihak Tessa nggak peduli dan lebih memilih menjatuhkan dirinya lewat media sosial.

Baca Juga: Ini Hal yang Perlu Diwaspadai dari Penipuan Berkedok Kencan Online