8 Peralatan Dapur Jepang yang Wajib Dimiliki untuk Memasak

Fungsinya hampir sama seperti alat masak di Indonesia

8 Peralatan Dapur Jepang yang Wajib Dimiliki untuk Memasak

Kebudayaan Jepang yang menarik salah satunya adalah di bidang kulinernya. Peralatan masak yang digunakan oleh penduduk negeri sakura tersebut, tampak berbeda jauh dari yang biasanya dipakai orang Indonesia sehari-hari.

Dilihat dari jenis masakan dan cara penyajiannya saja yang cukup berbeda, maka tak heran jika peralatan masaknya pun tidak sama dengan yang dipakai di negara kita.

Jepang dikenal dengan hidangan khasnya yaitu sushi, yang merupakan olahan nasi dengan isian daging, sayuran, makanan laut yang mentah atau matang. Hidangan ini pun dibuat dengan peralatan khusus yang mungkin jarang ditemukan di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa peralatan dapur asal Jepang yang biasanya digunakan untuk memasak. 

1. Shamoji: sendok kayu untuk mengaduk nasi

Alat masak satu ini biasanya disebut sendok atau centong nasi di Indonesia. Namun, masyarakat Jepang menyebutnya Shamoji,  fungsinya sama yaitu untuk mengaduk dan menyendok nasi.

Shamoji tradisional terbuat dari kayu atau bambu. Sekarang, shamoji banyak yang dibuat dari bahan plastik dengan tekstur bergerigi. Fungsinya agar lebih mudah menyendok nasi atau ketan. Agar nasi tidak menempel, basahi dulu shamoji-nya dengan air matang sebelum digunakan.

2. Hangiri: wadah kayu untuk mendinginkan nasi sushi

Hangiri merupakan wadah terbuat dari bambu yang berfungsi untuk menyimpan nasi panas yang akan dibuat menjadi sushi. Pembuatan sushi dimulai dengan mencampurkan nasi, cuka jepang, garam, dan gula di dalamnya. Setelah selesai diaduk, wadah akan ditutupi dengan kain dan dibiarkan hingga dingin. 

Menurut masyarakat Jepang, cita rasa nasi akan berbeda apabila diaduk dalam wadah selain hangiri. Biasanya, Hangiri tradisional terbuat dari kayu cemara yang diikat dengan dua pita tembaga. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

See more horoscopes here

























Latest from Working Life