Bekerja dari rumah (Work From Home atau WFH) merupakan kebiasaan baru yang harus diterapkan perusahaan sejak pandemi berlangsung untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Mengingat kentungannya bagi karyawan untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya transportasi, maka besar kemungkinan bahwa perusahaan akan menerapkan sistem bekerja dari rumah untuk karyawannya pasca pandemi. 

Namun, bekerja dari rumah pun membuat karyawan harus berdaptasi dengan kebiasaan baru di lingkungan pekerjaan yang berbeda dengan sebelumnya. Adaptasi kebiasaan baru bukan sesuatu yang bisa diterapkan secara instan, sehingga tidak jarang kita mengalami kejadian di luar ekspektasi yang bikin tercengang. 

Berikut adalah 7 kejadian paling awkward yang kita semua alami ketika bekerja dari rumah. 

1. Lupa mute mikrofon ketika mengikuti meeting

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHallthings.how

Entah sedang berkomunikasi dengan keluarga di rumah atau melontarkan komentar yang memalukan (yang seharusnya disembunyikan dari rekan kerjamu), kamu tidak menyadari bahwa mikrofonmu masih menyala ketika sedang meeting. Apakah semua orang bisa mendengarkan suaramu?

Saat itu juga kamu tercengang dan segera mute mikrofonmu, diam-diam berharap mereka tidak menyadari apa yang kamu lontarkan. Situasi ini sebagian besar pernah terjadi pada kita yang melaksanakan WFH di rumah. Maka, bagi Bela yang sedang WFH: ingat untuk memeriksa kembali mikrofon dan kameramu!

2. Mengenakan kemeja yang sama setiap kali meeting

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Aturan untuk berpakaian secara profesional sepertinya tidak berlaku di dunia maya. Sebelum pandemi, kita diharapkan untuk berpakaian secara formal dan rapi.  

Namun, lain halnya jika kita mengikuti virtual meeting. Kita menganggap bahwa kita bebas berpakaian, sampai suatu hari kejadian di luar ekpektasi malah terjadi. Seorang rekan kerjamu tiba-tiba melontarkan bahwa dirimu telah memakai atasan yang sama setiap hari setiap kali meeting. Bagaimana responmu?

3. Berpakaian senyaman mungkin: atasan formal dan bawahan yang nyantai

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHThe Economic Times

Bekerja dari rumah membuatmu ingin berpakaian senyaman mungkin. Lagipula, nggak akan ada yang benar-benar menyadari gaya berpakaianmu ketika meeting. Maka, kamu pun memutuskan untuk mengenakan atasan formal agar tetap terlihat profesional di depan kamera, dengan bawahan yang nyantai. Nggak ada yang melarang, kan?

4. Kedatangan tamu tak diundang

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHtoday's parent

Ketika kamu tidak memiliki ruangan khusus untuk bekerja, maka tidak dapat dipungkiri bahwa buah hati di rumah, atau bahkan hewan peliharaanmu akan 'menggangumu'. Mereka bisa saja secara tiba-tiba muncul ketika kamu sedang rapat tanpa disadari. Situasi ini pun tanpa disadari menghibur rekan kerjamu yang mengingatkanmu bahwa ada 'tamu tak diundang' yang ikut hadir.

5. Mengirim e-mail tanpa lampiran yang dijanjikan

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHdok.internet

Kamu pun pasti pernah mengalami kekurangan tidur karena semalaman begadang, sehingga kelelahan dan kesulitan untuk berkonsentrasi ketika bekerja. Pernahkah kamu secara tidak sengaja mengirimkan sebuah e-mail tanpa lampiran karena kamu lupa melampirkannya? Kecerobohan ini pun membuat rekan kerja dan atasanmu bertanya-tanya, "Apakah dirimu baik-baik saja?".

6. Pikiran yang melayang ketika seseorang berbicara padamu

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHFreepik.com

Semua diskusi penting dengan rekan kerja dan atasan sekarang dilakukan melalui video call. Namun, pernahkah kamu mengalami sebuah kejadian dimana kamu kesulitan untuk fokus dan yang kamu dengar hanyalah bisikan kecil tanpa arti yang jelas?

Karena kamu kesulitan untuk memahami, maka responmu hanyalah sebuah senyuman sopan dan diam-diam kamu mencoba memahami apa maksud mereka. Ya, ini juga yang sering kali terjadi jika kamu kurang tidur.

7. Tertidur selama rapat berlangsung

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHsmallbiztrends

Mungkin kamu telah menyiapkan sebuah buku catatan dan pena untuk menuliskan poin-poin penting yang didiskusikan ketika rapat berlangung. Namun, setelah lima menit, kamu tiba-tiba kesulitan untuk fokus pada pencatatan penting tersebut.

Pikiranmu mulai memikirkan tentang berbagai macam hal yang tidak berhubungan dengan rapatnya. Pikiran yang mulai melayang ini tanpa disadari membuatmu mengantuk dan tidak sengaja tertidur. Ketika terbangun, rapatnya sudah selesai dan kamu tercengang ketika menyadari catatanmu masih kosong.

8. Tidur siang sejenak dan lupa memasang alarm

8 Kejadian Paling Awkward yang Kita Semua Alami Ketika WFHfreepik.com/yanalya

Semua dari kita pernah melakukannya: sesekali kita ingin tidur sejenak untuk menyegarkan pikiran. Namun, pernahkah kamu terbangun dan menyadari bahwa lupa dirimu lupa memasang alarm? Durasi tidur siangmu pun jadinya lebih panjang dari yang direncanakan. Sehingga, kamu telat ikut meeting yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Itulah 7 kejadian paling awkward yang kita semua alami ketika bekerja dari rumah, Bela. Bekerja dari rumah pun telah menjadi kebiasaan baru yang akan menetap pasca pandemi. Kita pun harus kembali mempelajari bagaimana berkomunikasi yang efektif dengan sesama rekan kerja dan atasan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. 

Baca Juga: Tubuh Melar Selama WFH? Ini Cara Makan Sehat yang Wajib Kamu Jalani

Baca Juga: Nggak Cuma Kamu yang Lelah Hadapi Pandemi, 11 Kucing ini Juga Lho!

Baca Juga: 5 Tips Makeover Ruang Kerja Biar Makin Semangat WFH