Grup beserta idol K-pop yang debut setiap tahun jumlahnya memang sangat banyak. Semua berlomba-lomba untuk menerima sorotan publik. 

Namun, memang tidak semua bisa sukses di industri yang sangat kompetitif tersebut. Ada juga yang gagal mencuri perhatian, meskipun sangat berbakat di atas panggung. 

Popularitas mereka hanya bertahan sesaat setelah debut, sehingga terpaksa bubar. Siapa saja, ya, grup dan idol K-pop yang dimaksud? 

Berikut adalah daftar grup dan idol K-pop yang gagal mencuri perhatian di masa lalu.

1. 5dolls (F-ve Dolls)

https://www.youtube.com/embed/fqGSkxau2hA

5dolls terdiri dari enam anggota perempuan. Grup idol  ini didirikan oleh Core Contents Media pada tahun 2011, sebagai subunit dari grup campuran Coed School. Ketika kelompok ini debut sebagai subunit, popularitas mereka sempat meningkat karena menyajikan lagu-lagu yang menarik. 

Namun, seiring berjalannya waktu, kehadiran kelompok ini menjadi semakin jarang didengar dan dibicarakan publik.

2. U-KISS

https://www.youtube.com/embed/h1zOhQQpw6U

U-KISS merupakan salah satu grup K-pop yang populer di kancah internatiosal pada masanya. Kelompok ini dikenal seagai "Ubiquitous Korean International Idol Super Stars," yang didirikan oleh NH Media. 

Popularitas U-KISS sempat melambung, setelah merilis lagu-lagu ikonik seperti "Man Man Ha Ni," "Bingeul, Bingeul," dan "0330". Sayangnya, popularitasnya hanya berlangsung sesaat dan dua anggotanya, Eli dan KiSeop bahkan telah meninggalkan U-KISS. Hanya SooHyun, Hoon, dan Jun yang kini bersatu sebagai satu kelompok.

3. Battle

https://www.youtube.com/embed/lDPN9U8L9vE

Battle pertama kali debut pada tahun 2006. Anggotanya dipilih secara pribadi oleh anggota grup K-pop Shinhwa, sehinggga mereka menerima julukan sebagai "Shinhwa berikutnya" yang pasti populer.

Sayangnya, pasca debut selama 3 tahun, telah dipastikan bahwa kelompok ini akan menjalani hiatus atau beristirahat. Meskipun awalnya hanya mengaku hiatus, namun mereka ternyata telah bubar karena tidak terdengar lagi kabarnya. 

4. MBLAQ

https://www.youtube.com/embed/Bsiv1mo0HTQ

MBLAQ merupakan salah satu grup K-pop yang didirikan oleh Rain di bawah J. Tune Camp., sehingga dianggap sebagai kelompok yang akan sukses setelah debut. Banyak para penggemar yang menantikan penampilan MBLAQ diatas panggung.

Selain itu, yang menarik perhatian publik adalah ikatan keluarga yang sangat dekat antara anggota MBLAQ dan berbagai idol lainnya. Thunder dari MBLAQ merupakan adik dari 2NE1 Dara, sementara Mir merupakan adik dari aktris Go Eun Ha.

5. Tae Goon

https://www.youtube.com/embed/uEdoz8PRXsU

Tae Goon hanya menerima sorotan sesaat setelah merilis lagu "Call Me" dulu. Padahal, ia dulu pernah dijuluki sebagia Se7en berikutnya. Se7en dikenal sebagai penyanyi asal Korea Selatan dengan nama asli Choi Dong Wook yang terkenal.

6. A'ST1

https://www.youtube.com/embed/s7t5dg_DTcA

A'ST1 merupakan grup K-pop yang dipanggil sebagai A-Style. Grup multinasional yang terdiri dari enam anggota ini memulai debutnya melalui DSP Media.

Anggotanya terdiri dari idol yang berasal dari negara berbeda, yaitu Tiongkok, Korea, dan Jepang. Sayangnya, setelah satu tahun debut, DSP Media mengumumkan bahwa kelompok ini resmi bubar pada tanggal 1 Desember 2009.

7. FT Island

https://www.youtube.com/embed/QhPOwcvhGSA

FT Island sempat populer pada masanya karena memproduksi semua lagu mereka sendiri. Mereka secara konsisten menerima ulasan positif untuk setiap lagu yang dirilis. 

Namun, pada tahun 2019, leader Choi Jong Hoon meninggalkan kelompok ini dan resmi pensiun. Seung Hyun juga mengikuti jejak leader-nya, resmi meninggalkan FT Island pada tanggal 31 Desember untuk mendalami kariernya sebagai seorang aktor. 

Itulah daftar grup dan idol K-pop yang gagal mencuri perhatian di masa lalu. Sayang, mereka tidak dapat bertahan di industri yang begitu kompetitif, Bela.

Baca Juga: 5 Grup K-Pop Hampir Bubar, Ada Brave Girls yang Sempat Viral 2021 Lalu

Baca Juga: 5 Penari Cadangan (Backup Dancer) Paling Terkenal di K-Pop

Baca Juga: Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensi