4 Tips Memilih Bed Frame yang Cocok untuk Kamar Tidur

Membuat kamar lebih estetik

4 Tips Memilih Bed Frame yang Cocok untuk Kamar Tidur

Bed frame atau dipan merupakan sebuah alas yang membuat posisi kasur lebih tinggi. Selain kasur, penting juga untuk memilih bed frame yang tepat, agar kualitas tidur kita tetap terjaga di malam hari.

Bahan dan gaya bed frame bisa disesuaikan dengan desain kamar tidur. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli bed frame yang tepat, Bela.

Mari simak tips memilih bed frame yang cocok untuk desain kamar tidurmu berikut ini.

1. Memilih ukuran yang tepat

4 Tips Memilih Bed Frame yang Cocok untuk Kamar Tidur

Tips pertama dalam memilih bed frame yang cocok untuk desain kamar tidurmu adalah memilih ukuran yang tepat. Kamu perlu memahami ukuran kasurmu terlebih dahulu, Bela.

Ada tiga jenis ukuran kasur: Single, Queen, King, Super King Size.

  • Single: ukurannya kurang lebih 90 cm x 200 cm atau 100 cm x 200 cm
  • Queen: ukurannya sekitar 160 cm x 200 cm
  • King: ukurannya dua kali lipat dari kasur single atau ±180 cm x 200 cm
  • Super King Size: ukuran yang paling besar atau sekitar 200 cm x 200 cm

Ukuran kamar tidurmu juga patut dipertimbangkan ketika memilih bed frame yang tepat. Pastikan ketika bed frame sudah diletakkan, kamu masih punya cukup ruang untuk berlalu lalang dan minimal punya ruang untuk meletakkan meja berlaci.

2. Mengenali bahan bed frame

Dua bahan bed frame yang paling umum digunakan adalah kayu dan besi. Bed frame kayu bisa dipilih berdasarkan jenis kayunya, contohnya rotan, mahogani, atau jati yang terkenal anti rayap. 

Dibandingkan bahan dasar kayu, besi memang lebih kokoh dan warnanya bisa disesuaikan dengan interior ruangan kamar tidur. Namun jika warnanya besi bed frame-nya sudah pudar, tentu perlu cat ulang dengan warna sesuai selera.

Bahan bed frame memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bed frame berbahan kayu sensitif terhadap kelembapan udara dan uap air, serta rentan diserang oleh rayap. Namun, jika dibandingkan dengan bahan bed frame besi, bahannya juga bisa berkarat dan catnya mengelupas sehingga diperlukan perawatan yang baik.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here