Menjadi seorang duta untuk kegiatan dan kampanye seharusnya menjadi sebuah kebanggaan. Tidak hanya untuk diri sendiri, duta harus mampu memberikan contoh yang baik dan jadi panutan bagi masyarakat. Oleh karena itu, seorang duta harus cerdas, ramah dan paham terkait kegiatan atau kampanye yang diwakilkan. Sebaliknya, lima duta ini justru malah membuat netizen geram dan tidak percaya terhadap kompetensi mereka. Berikut daftar nama yang dinobatkan sebagai duta setelah melakukan kesalahan.

1. Dewi Persik - Duta Lalu Lintas

Selain Dewi Persik, 4 Duta Terpilih Ini Sempat Bikin Netizen Bingungwww.instagram.com/andruwspun

Dewi menjadi bulan-bulanan netizen kembali. Sabtu (24/11/2017), Dewi Persik terekam kamera sedang adu argumen dengan petugas pintu busway karena mobil pribadinya masuk jalur Transjakarta di kawasan Pejaten Village, Jakarta Selatan. Namun, alih-alih memberi sanksi atau ikut mempermasalahkan, Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta justru berniat ingin menjadikan Dewi sebagai Duta Lalu Lintas. “Mbak Dewi Perssik ini kan selebritas, papan atas, malah mungkin bisa jadi duta untuk kepatuhan lalu lintas di Ibu Kota,” ujar Sandi di Balai Kota, Jakarta, Senin (26/11).

2. "Lima Pendaki Gunung", Duta Pelestarian Edelweis

Selain Dewi Persik, 4 Duta Terpilih Ini Sempat Bikin Netizen BingungTribun Style - Tribunnews.com
Menjadi viral karena foto-foto yang diunggahnya, kelima pendaki gunung ini pun menjadi amukan netizen karena mereka menjadikan bunga edelweis sebagai properti dalam foto mereka di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Akibat aksi ini, mereka dihujat habis-habisan oleh para netizen. Tanpa disangka, bukan diberikan denda atau sanksi, kelima pendaki gunung ini justru diangkat sebagai Duta Pelestarian Edelweis oleh pihak pengelola Gunung Rinjani.

3. Nadine Chandrawinata, Duta HAM Bidang Lingkungan

Selain Dewi Persik, 4 Duta Terpilih Ini Sempat Bikin Netizen Bingungwww.instagram.com/nadinelist
Kecintaannya terhadap alam dan lingkungan, khususnya laut, menjadikan Nadine disebut pantas untuk menjadi Duta Hak Asasi Manusia bidang Lingkungan. Namun, tiba-tiba Nadine menerima endorse dari proyek Meikarta yang diketahui banyak melanggar pasal hukum dan tengah menjadi kontroversi. Seketika Nadine diserbu oleh netizen, ia dianggap tidak konsisten dengan gelar yang disandangnya dan mudah tergiur dengan bayaran yang besar. 

4. Sonya Depari, Duta Anti Narkoba

Selain Dewi Persik, 4 Duta Terpilih Ini Sempat Bikin Netizen Bingungidntimes.com
Siswi yang mengaku anak seorang jenderal di Badan Narkotika Nasional (BNN) ketika adu mulut dengan Ipda Perida Panjaitan ini diangkat menjadi Duta Anti Narkoba di Medan. Sonya yang populer di media sosial karena aksinya ini diangkat menjadi ikon anti narkoba pada Perayaan Pra-500 Tahun Reformasi Gereja-gereja di Medan. Sonya dianggap sebagai siswi yang cerdas dan jemaat yang rajin ke gereja.

5. Zaskia Gotik, Duta Pancasila

Selain Dewi Persik, 4 Duta Terpilih Ini Sempat Bikin Netizen Bingungwww.instagram.com/zaskia_gotix/
Zaskia Gotik dipilih menjadi Duta Pancasila oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR. Bukan berawal dari prestasi, pengangkatannya sebagai duta pun diawali oleh sensasi. Bermula dari bermain kuis di program Dahsyat RCTI. Ketika ditanya "Apa lambang Pancasila sila kelima?" oleh Denny Cagur, dengan berseloroh ia menjawab "Bebek Nungging".

Well, ternyata kejadian buruk tidak selalu berakhir dengan buruk, ya. Selalu ada hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Dari petaka menjadi duta. Ada-ada saja ya, Bela.

Penulis: Shintya Maharani

 

BACA JUGA:  Ajari Perempuan Bela Diri, Wakil dari Afrika Selatan Terpilih Jadi Miss Universe 2017