Setelah menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia dan Miss Grand Internasional 2016, sosok Ariska semakin ingin diketahui oleh banyak publik. Bagaimana tidak, perempuan cantik ini telah berhasil membawa nama Indonesia untuk pertama kalinya memenangkan ajang kecantikan Internasional. Tidak hanya cantik, masih banyak fakta yang harus kamu ketahui tentang Ariska yang akan membuat kamu melongok. Apa saja?

1. Memiliki banyak pengalaman

Cerita Ariska Putri Pertiwi Kunjungi Palestina Sampai Punya Yayasan Sosial
Instagram.com/ariskaputripertiwii

Saat terpilih menjadi pemenang Miss Grand International 2016, Ariska menjalani masa bakti tugas selama satu tahun ke berbagai negara. Menurutnya, semua tempat memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Tapi yang tidak pernah terlupakan, adalah saat  dirinya harus berkunjung ke negara konflik yaitu Palestina. Sempat ketakutan untuk menginjakkan kaki di sana, justru banyak pelajaran yang ia dapat untuk lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki sekarang.

“Melihat kondisi di sana memprihatinkan. Mereka itu tinggalnya di tenda-tenda biru dengan alas tikar di pinggir jalan. Tidak ada persediaan air dan makan, jadi saat ada mobil lewat mereka ngejar-ngejar sambil teriak “give me food!” kata Ika, begitu sapaan akrabnya. Disaat banyak orang yang membutuhkan makan di sana, di berbagai negara masih sering ditemukan orang yang menghambur-hamburkan makanan. Termasuk kamu nggak, Bela?

2. Tidak melupakan pendidikan

Cerita Ariska Putri Pertiwi Kunjungi Palestina Sampai Punya Yayasan Sosial
Instagram.com/ariskaputripertiwii

Menjadi Putri Indonesia dan dikasih kesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang Internasional, tugas untuk jadi beauty pageant sepertinya sudah selesai bagi Ika. Sudah saatnya ia ingin kembali ke jalan yang sempat di skip yaitu menjadi dokter, walaupun masih berhubungan dengan dunia kecantikan yaitu menjadi spesialis kulit kecantikan. Rencananya, Ika ingin melanjutkan master Public Health, lho. Di tengah jadwalnya yang padat, tidak banyak yang tahu bahwa ia sedang menjalani koas di rumah sakit Putri Hijau Medan, yang sudah dijalaninya selama empat bulan. 

3. Orang yang pantang menyerah

Cerita Ariska Putri Pertiwi Kunjungi Palestina Sampai Punya Yayasan Sosial
Rilis.id

Menyandang gelar sebagai Putri Indonesia dan Miss Grand International bukanlah hal yang mudah baginya. Tidak langsung menang, Ika pernah gagal saat mengikuti kontes kecantikan daerah Sumatra Utara, tempat dimana ia tinggal. Kecewa dan hampir putus asa, itulah yang dirasakan. Berkat support orangtua yang setiap hari memberikan wejangan, pada tahun depannya Ika dikasih kesempatan untuk mewakili Sumatera Utara di kontes Puteri Indonesia, walaupun hanya sampai Runner Up III. Tapi, dirinya yang berkesempatan mewakilkan Indonesia untuk pergi ke Miss Grand International hingga jadi pemenang. “Gagal adalah pelajaran yang paling berharga buat ke depan.” katanya.

4. Memiliki Yayasan sekolah di Riau

Cerita Ariska Putri Pertiwi Kunjungi Palestina Sampai Punya Yayasan Sosial
Pinterest.com
 
Ika bersyukur, dengan background yang dimiliki sekarang, setidaknya ia memiliki nama untuk membesarkan yayasannya. Ya, perempuan 24 tahun ini memiliki Yayasan Tk hingga SMK  untuk anak-anak yang tidak mampu. Melihat masih banyak anak-anak yang tidak bersekolah, Ika ingin menyadarkan para orangtua bahwa pendidikan itu penting. Karena anak-anak tidak akan berjalan tanpa dukungan orangtua. “Saya pernah bertanya kepada orangtua di Riau kenapa nggak lanjutin anaknya sekolah, katanya nggak penting sekolah yang penting anak saya kerja cari uang. Itu yang masih jadi PR saya untuk mengubah persepsi mereka.” kata Ika, saat ditemui di daerah Jakarta Selatan.

5. Memilih untuk ubah penampilan

Cerita Ariska Putri Pertiwi Kunjungi Palestina Sampai Punya Yayasan Sosial
Hot.detik.com

Setelah lepas jabatan, Ika lebih cuek terhadap penampilan. Empat tahun harus menjadi beauty queen yang tidak pernah lepas dari heels, makeup dan hair do, setelah pulang menjadi miss Grand Internasional dirinya lebih senang memakai flatshoes, sniekers, celana robek-robek, hingga t-shirt. Menurutnya, hal itu lebih enak dan lebih nyaman, yang penting tetap tampil cantik.

6. Menyukai olahraga golf

Cerita Ariska Putri Pertiwi Kunjungi Palestina Sampai Punya Yayasan Sosial
Wowkeren.com

Memiliki usia yang terus bertambah, Ika ingin bebas melakukan apa saja sebelum menikah. Di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan diri untuk private golf. Sejak kecil memiliki kesukaan terhadap golf, dirinya memiliki penyesalan kenapa dulu ia tidak meneruskan kesukaannya itu. “Kalau misalkan dari dulu dilanjutkan mungkin udah bisa ikut turnamen segala macem.” Tutupnya.

Itulah fakta seputar Ariska Putri Pertiwi. Tidak hanya bermodal wajah cantik, dirinya juga pintar dan berprestasi.

 

Penulis: Anisa Indraini

BACA JUGA: Yuk Kenalan dengan Gaya Trendi Para Mantan Putri Indonesia