Sasaeng fans menjadi masalah serius di dunia hiburan di Korea Selatan. Selain mengganggu, sasaeng fans ini kerap membahayakan artis dan idol K-pop. Bahkan mereka sampai mengikuti para idol di rumahnya, mengganggu privasi atau ketenangan mereka atau menyakitinya.

Aksi sasaeng fans tentu menjadi PR bagi agensi yang menaungi artis dan idol ini, salah satunya SM Entertainment. Dianggap tak dapat melindungi talentnya, SM Entertainment mendapat cibiran pedas dari penggemar dan warganet. Hal ini karena SM Entertainment gagal menjaga keamanan yang ketat kepada para talentnya.

Mengutip Koreaboo, warganet menilai SM Entertainment gagal melindungi privasi dan keamanan artis naungan mereka dari sasaeng di tempat kebugaran (gym) yang sering dikunjungi para idol. Sebuah gym yang berlokasi di Gangnam, Seoul menulis pengumuman di Instagram berkaitan dengan adanya sasaeng.

SM Entertainment Dikritik Karena Gagal Melindungi Artis dari SasaengKoreaboo

Dalam pengumuman tersebut, gym bernama Overrun memberi peringatan kepada sasaeng fans agar berhenti mendaftar keanggotaan berdalih ingin berolahraga. Aksi meresahkan sasaeng fans ini dapat membahayakan privasi artis dan idol yang sering mengunjungi tempat mereka.

"Akhir-akhir ini ada seorang fans fanatik (sasaeng fans) yang mendaftar keanggotaan gym yang tentunya menyebabkan masalah kepada artis. Kami mengerti bahwa kalian sangat mencintai idola kalian. Namun, menguntit idola kalian dan mengganggu anggota gym lainnya tidaklah dibenarkan. Karena itu, kami mengumumkan informasi ini sebelum sasaeng fans datang ke gym kami agar kedepannya kejadian meresahkan ini tidak terjadi lagi," tulisnya dalam pengumuman tersebut.

Salah satu artis yang sering mengunjungi gym adalah Kai EXO.

Pengumuman tersebut menginformasikan bahwa Overrun Gym akan mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap siapa pun yang merekam atau memotret artis secara ilegal. Tak segan-segan Overrun Gym juga akan melaporkan sasaeng tersebut ke pihak berwajib apabila sudah menganggu.

SM Entertainment Dikritik Karena Gagal Melindungi Artis dari SasaengSoompi

Warganet pun mengapresiasi upaya Overrun dalam menjaga para idol agar aman dari sasaeng. Namun di sisi lain, banyak warganet dan penggemar yang kecewa atas SM Entertainment yang gagal melindungi talent-nya.

Penggemar menilai SM Entertainment dinilai tidak tegas dalam menjamin dan memastikan keselamatan talent-nya sendiri, terutama ketika pergi ke tempat gym yang sangat diincar oleh sasaeng.

Menurut warganet, perusahaan besar seperti SM seharusnya membuat tempat gym di gedung sendiri, mengingat omzet mereka cukup fantastis. Pembangunan gym di dalam gedung itu juga telah dilakukan oleh beberapa perusahaan agensi lainnya di Korea Selatan.

Ini bukan pertama kalinya SM Entertainment mendapat kritikan pedas karena tidak cukup melindungi artisnya. Pada Maret 2022, Taeyong NCT geram dan ketakutan karena kerap ditelepon oleh sasaeng.

Duh, seram banget, ya, Bela!

Baca Juga: Beri Efek Jera, 5 Cara Keren Idol Kpop Melawan Sasaeng Fans

Baca Juga: Kim Jaejoong Berbagi Kisah 12 Tahun Diawasi dan Diteror Sasaeng

Baca Juga: Ada Hyeri, 5 Seleb Korea Ini Punya Pengalaman Buruk Foto dengan Fans