Banyak cara untuk para fans K-pop menikmati karya dan mengidolakan artis atau penyanyi pujaannya. Tentunya terdapat aspek positif dari budaya K-pop yang membawa orang-orang dari berbagai latar belakang menikmati musik ataupun penampilan dari selebriti favorit mereka.

Namun, ada beberapa dampak negatif dari dunia K-pop yang dapat merugikan idol itu sendiri. Salah satunya adalah budaya 'sasaeng', yaitu ketika seorang penggemar obsesif melanggar privasi selebriti K-pop dengan menguntit, terlibat dalam aktivitas idol-nya dan mengikuti idolanya ke mana pun. Pelakon dunia K-pop yang memiliki citra sempurna di atas panggung dan layar kaca tentu membuat fans tergila-gila kepadanya.

Sasaeng sendiri cukup populer di kalangan pecinta K-pop. Istilah sasaeng berasal dari bahasa Korea sa yang berarti 'pribadi' dan saeng berarti 'kehidupan'. Jika diartikan, maka sasaeng bermakna penggemar yang masuk ke dalam kehidupan pribadi selebriti.

Banyak cara yang dilakukan sasaeng fans demi bertemu idola favoritnya. Bahkan tak sedikit yang melakukan tindak kriminal dan membuat para idol tidak nyaman serta terganggu privasinya.

Cara 'sasaeng fans' mendapat informasi privasi idol mereka

Pengertian dan Cara 'Sasaeng Fans' Mendapat Informasi Idol-nyaMainmain.id

Sasaeng fans memperoleh informasi paling privasi sang idola, seperti alamat asrama, detail jadwal konser atau syuting dan bahkan informasi tiket pesawat. Beberapa dari Sasaeng ini sudah masuk dalam ranah kriminal, seperti masuk tanpa izin ke asrama idola dan naik pesawat yang sama demi melihat langsung idola mereka dari dekat.

Mengutip Allkpop, seorang mantan sasaeng fans membeberkan bagaimana mereka mendapat informasi pribadi idola pujaan mereka. Ia berujar bahwa ada seorang petugas bandara yang menjual informasi pribadi idol K-pop.

"Aku dengar petugas bandara biasanya menjual informasi nomor tiket pesawat dan membocorkan nomor registrasi penduduk sehingga para sasaeng fans ini mengetahui nomor tempat duduk sang idola," kata mantan sasaeng fans tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa sasaeng fans biasanya berasal dari keluarga kaya raya. Bahkan mereka rela merogoh kocek untuk membeli informasi pribadi demi terbang bersama serta duduk di dekat idola mereka di pesawat. Parahnya, mereka nekat memotret idola pujaan mereka yang sedang tertidur atau beraktivitas secara diam-diam.

Pengertian dan Cara 'Sasaeng Fans' Mendapat Informasi Idol-nyaKpopmap.com

Kemudian, ada juga budaya 'Sasaeng Taxi', yaitu sasaeng fans rela membayar taksi "spesial" yang akan menguntit idol ke mana pun pergi. Usut punya usut, taksi "spesial" ini memiliki sistem yang dapat melacak dan membagikan informasi penumpang satu sama lain. Jika salah satu taksi "spesial" kehilangan jejak idol tersebut, maka mereka akan menghubungi taksi lain yang juga sedang melacak.

Mantan sasaeng fans ini menjelaskan bahwa alasan mereka menguntit karena merasa bangga mengetahui seluk beluk idol tersebut.

"Kami menyebutnya 'ekslusif', kamu dapat melihat langsung idol pujaanmu dan hanya kamu sajalah yang tahu tentang itu. Suatu hari, aku pernah melihat seorang dol putus dengan pacarnya ketika aku masih menjadi sasaeng. Orang-orang mulai heboh setelah tahu bahwa aku adalah satu-satunya yang menyaksikan itu dan aku menjadi terkenal. Aku bangga karena aku lebih tahu tentang idol tersebut daripada orang lain," ujar mantan sasaeng yang enggan menyebut namanya itu.

Meresahkan orang sekitar dan idol itu sendiri

Pengertian dan Cara 'Sasaeng Fans' Mendapat Informasi Idol-nyaAminoapps.com

Dalam sebuah unggahan video Youtube, seorang pramugari menceritakan pengalamannya bertemu sasaeng fans yang menguntit seorang idol.

Pramugari ini menceritakan bahwa sasaeng fans membeli tiket pesawat demi melihat langsung sang idola. Tapi tepat sebelum keberangkatan, mereka meminta pengembalian uang tiket yang merugikan pihak penerbangan.

Tindakan sasaeng fans telah menyebabkan banyak masalah bagi banyak orang, termasuk para idol itu sendiri. Budaya sasaeng sangat tidak disukai oleh banyak orang karena dapat membahayakan nyawa para idola, seperti Sasaeng Taxi yang bahkan menerobos masuk demi duduk bersama idolanya. Changmin DBSK pernah menarik keluar paksa sasaeng fans yang membuntutinya ke dalam taksi yang ditumpanginya.

Selain Sasaeng Taxi, sebuah gym bernama Overrun Gym di Gangnam menulis pengumuman di Instagram agar sasaeng fans berhenti membuntuti para idol K-pop dengan berdalih mendaftar keanggotaan. Diketahui banyak idol K-pop langganan olahraga di sana, salah satunya Kai EXO. Tindakan sasaeng ini cukup meresahkan dan membahayakan privasi artis serta idol yang sering datang ke tempat mereka.

Apakah kamu pernah menyaksikan sasaeng fans, Bela?

Baca Juga: SM Entertainment Dikritik Karena Gagal Melindungi Artis dari Sasaeng

Baca Juga: Kim Jaejoong Berbagi Kisah 12 Tahun Diawasi dan Diteror Sasaeng

Baca Juga: Melewati Batas! Sasaeng Fans Lakukan Hal Nekat Ini ke WayV