Demi Privasi, WhatsApp Rilis Chat Lock untuk Sembunyikan Percakapan

Say no more untuk si kepo pengorek privasi orang lain

Demi Privasi, WhatsApp Rilis Chat Lock untuk Sembunyikan Percakapan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebagai salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan, WhatsApp selalu berupaya untuk memberikan perlindungan privasi data milik para penggunanya. Mengingat banyaknya kasus peretasan dan pencurian data pribadi, WhatsApp lantas meluncurkan fitur Chat Lock pada awal tahun ini.

Fitur yang dikenal dengan Kunci Percakapan dalam padanan bahasa Indonesia ini memberikan perlindungan ekstra berupa mengunci percakapan paling rahasia milik penggunanya. Dengan adanya fitur ini, para pengguna tak perlu khawatir apabila ada tangan-tangan jahil atau peretas yang ingin mengorek percakapan serta informasi yang lebih sensitif.

Menyembunyikan isi chat

Sebagaimana smartphone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat global masa kini, terkadang ada kekhawatiran yang timbul apabila suatu saat ada oknum yang secara tak bertanggung jawab mencuri akses ponsel kita. Begitu juga saat berhadapam dengan situasi rentan, yang mengharuskan pengguna berbagi atau meminjamkan ponsel kepada orang lain.

Kerisauan apabila data privasi bakal bocor atau percakapan rahasia milik kita tersebar luas pun turut menghantui. Namun, hal tersebut bukan lagi masalah. Hadirnya fitur Chat Lock yang dilengkapi dengan fungsi kode rahasia sebagai langkah perlindungan, membuat isi percakapan milik para pengguna WhatsApp lebih sulit untuk diakses.

Terlebih, fitur Chat Lock memungkinkan para pengguna untuk mengunci percakapan dengan kata sandi atau metode keamanan biometrik perangkat seperti sidik jari yang secara otomatis menyembunyikan isi chat dari tampilan aplikasi. Apabila fitur ini diaktifkan, maka utas chat akan dihapus dari kotak masuk dan ditempatkan di dalam folder khusus yang hanya bisa diakses oleh pengguna dengan kata sandi atau metode keamanan lainnya.

Bisa mengatur kata sandi sendiri

Guna memberikan lapisan privasi ekstra pada obrolan yang terkunci, kamu bisa menentukan sendiri kata sandi yang unik dan mudah diingat, namun sulit ditebak oleh orang lain. Semakin aman, fitur Chat Lock juga dilengkapi dengan fungsi Kode Rahasia yang memungkinkan para pengguna bisa menyembunyikan arsip percakapan yang terkunci dari daftar obrolan. Di mana arsip ini hanya bisa dibuka saat pengguna mengetikkan kode rahasia di bilah pencarian.

Mark Zuckerberg selaku bos besar Meta yang menaungi WhatsApp pun menyiarkan informasi pembaharuan ini melalui WhatsApp Channel.

"Meluncurkan kode rahasia untuk Chat Lock di WhatsApp sehingga Anda dapat melindungi chat Anda dengan kata sandi unik. Sekarang, Anda dapat mengatur chat terkunci untuk muncul hanya saat Anda mengetik kode rahasia di bilah pencarian, sehingga tidak ada yang dapat ‘secara tidak sengaja’ menemukan percakapan Anda yang paling pribadi". tulis Zuckerberg dalam channel tersebut.

Dengan hadirnya fitur Chat Lock ini, WhatsApp berharap pembaharuan ini bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi para pengguna dalam melindungi privasi mereka dengan layak. Mengutip informasi dari rilis milik Kami Image Dynamics selaku Public Relations Agency untuk WhatsApp Indonesia, fitur Chat Lock resmi meluncur hari ini dan akan tersedia secara global dalam beberapa bulan ke depan.

Kita tunggu saja ya fitur super bermanfaat ini sampai di WhatsApp milik kita!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here