Kabar sedih datang Animator Wahyu Ichwandardi atau dikenal Pinot. Animator Indonesia yang tinggal di New York ini mengalami stroke.

Berita itu disampaikan Dita Ichwandardi melalui akun twitter resminya ditut membagikan kabar suaminya itu terserang stroke.

Malam itu (Kamis), @pinot minta difotoin baca Tintin.Katanya wis tuwek jg masih baca.Trs ambil yg versi Indo ngakak2 baca umpatan2 di dalamnya,” tulis Dita melalui Twitter,  Minggu (26/6/2022).

Pinot terserang stroke sejak Jumat dan kondisinya sangat buruk.

 “Siapa sangka Jumat dini hari Papin kena stroke.Dan kondisinya very poor. He’s in life support right now,” tulis Dita lagi.

Dengan keluarnya berita tersebut, banyak warganet memberikan dukungan dan semangat untuk Pinot. Dukungan ini tentunya membuat istrinya, Dita Ichwandardi terenyuh dan menyemangati suaminya agar bisa lekas pulih.

Siapakah Pinot?

7 Potret Karya Animasi Pinot, Animator Indonesia yang MenduniaInstagram.com/Pinot

Lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 Oktober 1969, Pinot merupakan lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1994.

Kariernya bermula sebagai news graphic designer di RCTI pada tahun 1994. Ketika di RCTI, jenjang kariernya terus meningkat.

Pada 2001, Pinot menjabat sebagai Head of Promotion creative service. Kemudian di tahun 2004, tanggung jawabnya semakin luas sebagai seorang Art Director.

Tahun 2007, Pinot  bekerja di sebuah stasiun televisi Kuwait, Al Watan sebagai motion graphic designer.

7 Potret Karya Animasi Pinot, Animator Indonesia yang MenduniaInstagram.com/Pinot

Dengan beberapa pengalaman di atas, pada 2014 Pinot digaet agensi digital, Grape Story di New York, Amerika Serikat.

Ketika bekerja di Grape Story, Nama Pinot semakin bersinar lagi setelah ia dipercaya Walt Disney Pictures untuk menggarap artwork salah satu intellectual property Disney, Cars.

Bersama istri dan anaknya, Pinot mendesain artwork untuk eksterior Cars terbaru itu bersama istri dan anaknya.

Untuk mengembangkan karirnya, Pinot bersama istrinya, Dita Ichwandardi dan ketiga anaknya, Leia, Neo, dan Arwen menetap di Amerika Serikat.

7 Karya Pinot dalam skala International

7 Potret Karya Animasi Pinot, Animator Indonesia yang MenduniaInstagram.com/ditut

Beberapa penghargaan sudah diraih Pinot dalam mengharumkan Indonesia dalam industri kreatif di kancah internasional. Di antaranya adalah juara kategori Vineography untuk Shorty Awards (2014), finalis kategori animasi Tribeca Film Festival (2014), Audience Award Fast Film Fest (2013), peraih kategori animasi di Fast Film Fest (2013).

Pinot memiliki ciri khas animasi yang mampu menggabungkan medium kertas dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut ia buat dengan teknik animasi tradisional, di mana animasi tersebut digabung dengan teknik stop-motion, yang membuatnya seolah-olah nyata.

Yuk, simak rentetan karya Pinot yang memukau!

1. Pinot juga pernah membuat animasi pixel art untuk konser musisi Fatboy Slim. Animasi tersebut terpampang dengan layar raksasa ketiks Fatboy Slim sedang membawakan lagu "This is America". Dengan pencahayaan dari lampu konser, membuat animasi ini tampak memukau!

2. Pinot juga pernah berkontribusi dalam membuat animasi untuk lyric video "Level of Concern" yang dirilis Twenty One Pilots. Dalam pembuatannya, animasi ini menggunakan Macintosh dengan gaya pixel art ala 1980-an

https://www.youtube.com/embed/8c06z2f2a3g

3. Pada tahun 2018, Pinot juga pernah memenangkan Media Branded of The Year oleh Snackable Content Award. Animasi hasil kolaborasinya dengan National Geographic ini sangat unik dengan memadukan dunia nyata dan animasi menjadi satu. Menariknya, hewan-hewan tersebut digambar dengan menggunakan kertas dan Macintosh, lho, Bela!

4. Tak hanya makhluk hidup saja, Pinot juga membuat animasi arsitektur. Bekerja sama dengan 'HP', perusahaan elektronik, Pinot membuat animasi singkat Kota New York dengan media kertas dan foto. Pinot membuat animasi ini pada tahun 2016

5. Jiwa seniman Pinot tak hanya mencakup animasi saja, tetapi juga desain grafis. Berkolaborasi dengan istrinya Dita W. Yolashanti, Pinot membuat desain gelas Starbucks yang bertemakan Natal. Dalam kolaborasi dengan Starbucks, gelas ini bernamakan Blank Cup yang hadir pada 17 Desember 2016

6. Pinot terkenal membuat remake animasi dari teaser dan trailer series dan film. Menyambut musim baru High Castle yang tayang di Prime Amazon, Pinot membuat animasi teaser singkat para karakter High Castle. Animasi ini merupakan kolaborasinya dengan Amazon Prime Video

7. Bertemu dengan teman lewat sosial media tentunya sangatlah membahagiakan. Pinot mengilustrasikan momen bahagia itu dengan animasi singkat yang menggambarkan ayam berpelukan. Animasi singkat ini merupakan iklan hasil kolaborasinya dengan Onward Internet, perusahaan layanan internet di Amerika Serikat

Nah, itu tadi karya-karya Pinot yang cukup memukau. Animator Indonesia yang berkarie di luar negeri ini, sudah banyak bekerja sama dengan brand serta perusahaan Internasional, seperti Starbucks dan HP. Semoga Pinot lekas sembuh dan sehat kembali, agar kita bisa melihat karya-karyanya lagi!

Baca Juga: Inilah "Level of Concern", Video Lirik Twenty One Pilots Buatan Pinot

Baca Juga: Ada Masjid Hingga Museum, Ini 10 Desain Bangunan Karya Ridwan Kamil

Baca Juga: Karya Terbaik dari 10 Musisi Perempuan yang Mengaku Suka Sesama Jenis