Istilah ‘kurang piknik’ kerap disematkan kepada orang yang sudah terlihat lelah dan jenuh dengan rutinitasnya, sehingga berdampak kurang maksimalnya dia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Terdengar lucu dan kerap dipakai untuk bercanda, tetapi kondisi ‘kurang piknik’ ini sebenarnya merupakan masalah kesehatan mental yang bisa berdampak buruk. Bukan hanya pada kesehatan karyawanmu, tetapi juga bisnis dan pekerjaan yang kamu jalankan, Bela. Seringnya karyawan bolos gara-gara stres kerja bisa menurunkan produktivitas dan tentunya profit bisnismu. Makanya, yuk, lakukan trik ini biar bawahanmu tidak stres dan kurang piknik.

Kurang Piknik? Yuk, Ikuti Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Lingkungan memberikan dampak yang cukup besar loh bagi kesehatan mental karyawan. Gaya hidup yang diterapkan di kantor rupanya mampu memengaruhi kondisi karyawan. Pengaturan jam kerja yang fleksibel, tidak menjadikan pekerjaan kantor sebagai PR, serta membiarkan karyawan beristirahat di luar jam kantor akan menunjang kesehatan psikis mereka. Selain itu, mengadakan senam ringan bersama di siang hari, mengiinkan karyawan ke luar ruangan dan ngobrol-ngobrol setelah tugasnya selesai, atau hiburan-hiburan ringan di kantor, bisa membantu mereka untuk tetap segar dan bugar selama bekerja.

Kurang Piknik? Yuk, Ikuti Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Selama ini, kita sering mengira bahwa menurunnya kemampuan berpikir disebabkan oleh faktor usia. Padahal masalah daya ingat, lemot saat diajak ngobrol, sulit memecahkan masalah, mudah marah, dan kelelahan bisa juga dipicu banyaknya beban pekerjaan di kantor. Jangan sampai staf-staf yang masih muda dalam timmu tidak bisa produktif karena mengalami kondisi ini. Sebagai bos yang baik, sediakanlah waktu dan budget khusus untuk menjaga kesehatan mental mereka. Setiap beberapa bulan sekali, kamu perlu mengundang pakar kesehatan mental untuk memberikan materi seputar kesehatan pikiran dan melakukan pengecekan kesehatan staf kantormu. Dengan mengetahui kondisinya, mereka sendiri akan lebih peduli pada kesehatannya.
 

Kurang Piknik? Yuk, Ikuti Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Karyawan adalah investasi terbaik dalam menjalankan usaha. Makanya, kamu perlu membantu mereka untuk memulihkan kondisi psikis yang stres. Tidak perlu sampai membayar biaya terapi dan piknik. Cukup berikan waktu cuti saat mereka membutuhkan, atau menyediakan informasi layanan kesehatan yang bisa membantunya.
 

Mulai sekarang, yuk jadi bos yang peduli dan baik hati. Karena kesehatan mental karyawan sejalan dengan kemajuan bisnismu.

 

BACA JUGA: Kurang Piknik? Mungkin 5 Poin Ini yang Jadi Penyebabnya