Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Heboh Mumi Golden Boy, Anak Firaun yang Punya 49 Jimat Emas

Penelitian baru ungkap identitas mumi Golden Boy

Nindi Widya Wati

Adanya mumi Mesir Kuno bernama 'Golden Boy' belakangan ini hangat diperbincangkan publik. Lantaran, lewat penelitian terbaru dengan teknologi pemindaian telah mengungkap rahasia di dalam tubuh mumi seorang remaja, yang dulunya diketahui memiliki strata sosial cukup tinggi. 

Di sisi lain, perlu digaris bawahi kalau proses mumifikasi atau pengawetan mayat dilakukan untuk memberi perlindungan dari dekomposisi agar bentuk awalnya tetap terjaga. Lantas, apa saja fakta yang ditemukan dari penelitian mumi Golden Boy ini? Selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela. 

1. Tercermin dari namanya, Golden Boy memiliki lapisan 49 jimat yang terbuat dari emas, berlian, dan batu mulia yang ditempatkan pada beberapa bagian tubuhnya seperti di mulut.

Dok. The National

2. Menurut Dr. Sahar Saleem, penulis pertama studi ini dan seorang profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo–Golden Boy pertama kali ditemukan tahun 1916 di pemakaman yang digunakan sekitar 332 dan 30 SM di Nag el-Hassay, Mesir Selatan.

Dok. The National

3. Saat ditemukan, Golden Boy dilengkapi topeng kepala berlapis emas dan pelat dada, kemudian diletakkan dalam dua peti mati dengan peti mati luar bertuliskan bahasa Yunani dan sarkofagus kayu di bagian dalam.

Dok. Live Science

4. Sekian lama terkubur di ruang bawah tanah Museum Mesir di Kairo, wujud mumi anak firaun tersebut kini terungkap lewat sebuah teknologi pemindaian terbaru, melansir dari IFL Science.

Dok. Tech Times

5. Tercatat dalam studi baru, para arkeolog menggunakan computerized tomography (CT) scan untuk mempelajari mumi yang disebut Golden Boy ini.

Dok. Live Science

6. Mereka menemukan bahwa mumi ini adalah seorang remaja laki-laki yang jelas berstatus sosial ekonomi tinggi sekitar 2.300 tahun yang lalu di Mesir kuno.

Dok. Tech Times

7. Karena dari jimat yang ditemukan, ternyata mewakili tiap elemen kepercayaan Mesir. Seperti lidah emas yang terletak di mulut, guna memastikan Golden Boy bisa berbicara dengan para dewa di akhirat.

Dok. Tech Times

8. Bukan hanya kekayaan emas yang menunjukkan Golden Boy sebagai anak orang kaya, kondisi giginya pun dalam keadaan sangat baik tanpa tanda-tanda gigi berlubang, tanggal gigi, atau penyakit.

Dok. Live Science

9. Penelitian menunjukkan bahwa ia memiliki tinggi sekitar 128 sentimeter (4 kaki 2 inci), sedangkan melihat tingkat fusi tulang dan gigi bungsu yang belum muncul, para peneliti percaya bahwa usianya tidak lebih dari 15 tahun.

Dok. Tech Times

10. Sesuai teknik mumifikasi Mesir kuno, otaknya telah dikeluarkan melalui hidung dan tengkoraknya dipompa dengan resin. Semua organ vitalnya telah diangkat melalui sayatan, kecuali jantung yang tertinggal di dadanya.

Dok. Live Science

Demikianlah beberapa fakta menarik dari penelitian mumi Golden Boy yang telah dilakukan oleh para arkeolog. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life