Drama Korea The Penthouse 3 yang memasuki episode ke-2 mulai memicu kritikan tajam dari warganet. Diketahui dalam episode tersebut, tim produksi drama berusaha menghadirkan plot twist yang mengejutkan penonton. 

Alih-alih puas dengan plot twist tersebut, penonton justru kecewa dengan tim produksi drama The Penthouse 3 yang melakukan tindakan rasis lewat karakter Alex yang diperankan oleh Park Eun Seok. Berkat tindakan rasis tersebut, drama The Penthouse 3 menjadi Trending Topic di Twitter. 

Demi mengurangi ketegangan, Park Eun Seok selaku artis yang memerankan karakter tersebut segera melakukan tindakan bijak dan menyadari kesalahan yang memicu kontroversi dalam drama The Penthouse 3. Tindakan apa yang diambil oleh Park Eun Seok? Simak selengkapnya di sini. 

Tampil memakai gaya rambut orang kulit hitam

'The Penthouse 3' Dinilai Rasis, Park Eun Seok Lakukan Tindakan IniIbtimes.sg

Kontroversi drama The Penthouse 3 bermula dari kemunculan Park Eun Seok sebagai karakter lain, Alex Lee. Sayangnya, kehadiran karakter tersebut dianggap memicu tindakan apropriasi budaya atau perampasan budaya. 

Di episode tersebut, Alex Lee digambarkan memakai atribut dan gaya rambut orang kulit hitam dari wig rambut gimbal, hingga tato di bagian wajah wajah dan leher. Tak hanya itu, ia juga berbicara dengan aksen AAVE (African American Vernacular English). 

Warganet merasa keberatan dan memberikan kritikan tajam atas peran Alex Lee di drama The Penthouse 3. Apalagi, isu aprosiasi budaya cukup sensitif karena bisa dianggap menyinggung latar belakang budaya tertentu.

SBS dianggap tidak belajar dari kesalahan

'The Penthouse 3' Dinilai Rasis, Park Eun Seok Lakukan Tindakan IniImdb.com

Tindakan aprosiasi budaya Alex Lee di drama The Penthouse 3 kembali mengingatkan warganet atas kesalahan serupa yang dilakukan oleh pihak stasiun televisi SBS dengan drama sebelumnya, yakni Backstreet Rookie.

Dalam drama Backstreet Rookie, tim produksi pernah menggunakan wig rambut gimbal untuk salah satu karakter di drama tersebut. Warganet menumpahkan kekesalannya karena SBS seperti tidak belajar dari kesalahan mereka di masa lalu. 

Menyadari kesalahan dan meminta maaf

'The Penthouse 3' Dinilai Rasis, Park Eun Seok Lakukan Tindakan IniAllkpop.com

Menyadari besarnya kritikan yang diberikan warganet Internasional atas perannya di drama The Penthouse 3, Park Eun Seok selaku artis yang memainkan karakter tersebut secara tulus merilis permintaan maaf di akun TikTok pribadinya dan menyadari kesalahan yang diperbuat. 

"Mengenai karakter drama The Penthouse, Alex. Saya ingin memberitahu semua orang bahwa tidak ada penampilan dari karakter tersebut yang dengan sengaja untuk menyakiti, mengejek, tidak menghormati, atau merendahkan komunitas Afrika-Amerika. 

"Saya ingin meminta maaf kepada orang-orang yang merasa tersinggung dengan penampilan dari karakter tersebut. Itu sebenarnya, lebih ke arah kekaguman budaya daripada ejekan."

"Namun, aku menyadari hal itu juga bisa dinilai sebagi tindakan perampasan budaya dan upaya yang salah untuk pengembangan karakter. Sekali lagi, saya meminta maaf dan sebagai minoritas seharusnya saya tahu lebih baik. Terima kasih telah memberiku kesempatan untuk tumbuh dalam kesadaran."

Dengan tindakan bijak yang diambil oleh Park Eun Seok dalam menyadari perannya yang dinilai rasis, semoga kita bisa memahami arti aprosiasi budaya atau perampasan budaya. Bijak dalam memakai atau memposting artibut budaya tertentu, Bela.

Baca Juga: Semakin Bikin Penasaran, 5 Misteri ini Akan Terungkap di 'Penthouse 3'

Baca Juga: Baru Bersinar, 5 Fakta Isu Bullying Choi Ye Bin 'Penthouse'

Baca Juga: Nagita Slavina Dikritik Cultural Appropriation, Ini Penjelasannya!