Pada 14 Januari 2022, wajib militer Taemin 'SHINee' dipindahkan dari tentara aktif di band militer ke petugas pelayanan publik. Proses pemindahan ini berdasarkan keputusan dari Administrasi Tenaga Kerja Militer karena kondisi mental Taemin 'SHINee' yang memburuk. 

SM Entertainment telah memberikan klarifikasi mengenai kondisi mental sang artis. Lantaran kondisi tersebut, banyak fans memberikan dukungan kepadanya untuk segera pulih termasuk rekan seangkatan Taemin 'SHINee' di wajib militer. 

Rekan satu angkatan Taemin 'SHINee' memberikan kesaksian demi melindungi sang artis dari komentar jahat warganet. Seperti apa kondisi mentalnya selama wajib militer? Berikut pengakuan para rekan seangkatan Taemin 'SHINee'. 

Taemin mengalami kesulitan menjalani wamil

Taemin 'SHINee' Minum Banyak Obat, Rekan Wamil Seangkatan Buka SuaraKbizoom.com

Kondisi mental Taemin 'SHINee' selama menjalani wajib militer dibongkar oleh rekan seangkatannya. Seorang rekannya mengaku menjalani gaya hidup yang sama dengan sang artis. Ia dapat melihat keresahan yang dirasakan oleh Taemin selama berada di barak. 

"Taemin membawa banyak obat-obatan anti depresan ke tempat pelatihan. Aku mengingat bahwa itu selalu meminum obat-obatan tersebut setiap malam."

Meski mengalami masa lalu, Taemin tidak pernah menampilkan wajah murungnya. Saat bertemu dengan rekan-rekannya, ia selalu menampilkan wajah yang cerita dan bermain bersama mereka. 

Taemin dikenal sebagai sosok pekerja keras

Taemin 'SHINee' Minum Banyak Obat, Rekan Wamil Seangkatan Buka SuaraKbizoom.com

Tak hanya berusaha cerita, tetapi Taemin juga dikenal sebagai sosok laki-laki yang pekerja keras dan bertahan selama pelatihan. Hal tersebut juga diakui oleh rekan angkatan lainnya. 

"Aku menjalani pelatihan bersama Taemin. Kami tinggal bersama selama kurang lebih 2 minggu. Aku melihat, ia mengalami kesulitan mendapatkan obat-obatan tersebut setiap hari karena depresi dan gangguan panik, yang terkadang menyerangnya secara tiba-tiba."

Rekan seangkatannya tersebut mengungkapkan jika Taemin kerap terbangun di malam hari dan meminum obat tambahan. 

Taemin meminum banyak obat-obatan

Taemin 'SHINee' Minum Banyak Obat, Rekan Wamil Seangkatan Buka SuaraKbizoom.com

Pengakuan akan obat tambahan yang diminum oleh Taemin dibenarkan oleh rekan lainnya. Rekan tersebut mengaku bahwa ia memiliki kondisi mental yang sama dengan Taemin. 

"Aku merupakan rekan Taemin di militer yang menderta depresi dan gangguan panik. Itu bukan sesuatu yang dapat dibanggakan. Aku ingin memberitahu kalian bahwa Taemin meminum lebih banyak obat-obatan, seperti obat tidur, obat penenang, obat gangguan panik, hingga obat anti-depresan. Jumlahnya melebihi dari obat yang biasa aku minum."

Rekan tersebut juga memuji sifat hangat Taemin yang selalu menjaga rekan seangkatannya yang lebih muda dan mengatakan hal-hal baik kepada mereka selama berada di sana. 

Taemin cemas akan komentar jahat warganet

Taemin 'SHINee' Minum Banyak Obat, Rekan Wamil Seangkatan Buka SuaraKbizoom.com

Selama di wajib militer, Taemin terkenal di kalangan rekan seangkatannya karena sering tersenyum, pekerja keras, dan tak segan memberikan nasihat kepada rekan-rekannya yang lain. 

Namun, kondisi mentalnya yang memburuk dan dipindahkan ke bagian pelayanan publik membuat Taemin dilanda kecemasan. Rekan seangkatannya mengungkapkan jika Taemin sangat khawatir dan cemas akan penilaian dari publik setelah dirinya pergi dari band militer. 

Ia mengkhawatirkan dirinya menerima komentar jahat dari warganet. Mereka berharap agar melihat sisi kelam yang dialami oleh sang artis di balik layar, sehingga dapat bertindak bijak dalam memberikan komentar di media sosial. 

Duh, ada saja komentar jahat dari netizen. Semoga pengakuan rekan seangkatanya bisa memberikan kekuatan buat Taemin, ya, Bela. 

Baca Juga: Kondisi Mental Memburuk, Wajib Militer Taemin 'SHINee' Dipindahkan

Baca Juga: Usai Wamil, Ini 5 Kejutan dari Taemin SHINee untuk Penggemarnya

Baca Juga: Siap Lepas Rindu, 9 Idol ini Selesai Wamil Tahun 2022