Wajib militer atau wamil menjadi tugas negara yang harus dilakukan oleh seluruh pria di Korea Selatan, termasuk idol K-Pop dan aktor. Setiap tahunnya, para aktor mengumumkan diri untuk hiatus sementara dari dunia hiburan Korea Selatan demi menjalankan wamil kurang lebih 1,5 tahun. 

Kriteria yang harus dipenuhi agar dapat menjalankan wamil yakni; berusia minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, serta bukan tulang punggung keluarga. Di tahun 2022, ada sejumlah nama aktor Korea populer yang memenuhi kriteria untuk wamil dalam waktu dekat. Salah satunya, lebih dahulu menjalankan wamil.

Sementara yang lain, masih aktif membintangi drama Korea sebelum resmi meninggalkan dunia akting dan penggemar demi wamil. Lantas, siapa saja aktor yang bakal wamil tahun 2022? Berikut daftarnya. 

1. Nam Da Reum

Siapkan Mental! 6 Aktor Korea Populer Ini Diprediksi Wamil 2022Soompi.com

Dikenal sebagai aktor spesialis versi muda, pemeran The Great Shaman Ga Doo Shim memutuskan untuk menjalani wajib militer lebih cepat. Pada 1 Februari 2022, Nam Da Reum mengunggah surat perpisahan sementara antara dirinya dengan penggemar. 

Dalam suratnya, Nam Da Reum menjelaskan bahwa mendaftar wamil lebih awal adalah salah satu tujuan dirinya di tahun ini. Berdasarkan perhitungan usia Korea, Nam Da Reum masih memiliki beberapa tahun lagi, hingga batas usia maksimal melaksanakan wamil. Namun, aktor kelahiran Juni 2002 ini mempercepat wamilnya di usia 21 tahun pada 8 Februari 2022. 

2. Nam Joo Hyuk

Siapkan Mental! 6 Aktor Korea Populer Ini Diprediksi Wamil 2022Hancinema.net

Tengah beradu akting dengan Kim Tae Ri di Twenty Five Twenty One, Nam Joo Hyuk tampaknya akan menjalankan wajib militer dalam waktu dekat. Dari segi usia, sang aktor telah berusia 28 tahun dan nyaris masuk wajib militer tanpa ia sadari. Hal tersebut pernah diungkapkan saat ia membintangi drama Korea School 2015 bersama Sungjae 'BTOB'. 

"Aku mungkin sudah masuk wamil sejak dua tahun lalu. Aku mengira jika aku masuk perguruan tinggi, maka pendaftaraan wamil secara otomatis tertunda. Aku tidak memeriksa surat yang masuk secara teratur. Jika aku tidak memperhatikan segel militer tersebut dan berpindah ke halaman selanjutnya. Maka, aku mungkin tidak akan berada di sini hari ini."

Dengan kata lain, Nam Joo Hyuk menunda wajib militernya di tahun 2015 hingga saat ini dan dari hasil tes fisik disimpulkan bahwa sang aktor dalam kondisi sehat. Ia akan menjalankan wajib militer di waktu yang tepat. 

3. Song Kang

Siapkan Mental! 6 Aktor Korea Populer Ini Diprediksi Wamil 2022Soompi.com

Melejit lewat perannya sebagai Sun Oh di Love Alarm, Song Kang tengah menikmati puncak kesuksesannya di dunia hiburan Korea Selatan. Dalam waktu singkat, aktor muda ini muncul dari satu drama ke drama lainnya.

Forecasting Love and Weather menjadi drama Korea terbaru Song Kang di tahun 2022 dengan Park Min Young. Dilihat dari perhitungan usia Korea, Song Kang telah memenuhi syarat untuk wamil. Ia merupakan aktor kelahiran tahun 1994 dan bulan April mendatang, ia berusia 28 tahun.  

Namun, sebuah kabar beredar bahwa Song Kang berpotensi ikut bergabung dalam proses penggarapan serial Sweet Home season 2. Jika hal tersebut benar, maka kemungkinan besar Song Kang menunda wamilnya atau wamil tetap berjalan setelah syuting selesai. 

4. Na In Woo

Siapkan Mental! 6 Aktor Korea Populer Ini Diprediksi Wamil 2022Hancinema.net

Menarik perhatian publik di River Where the Moon Rises, Na In Woo juga belum melaksanakan wajib militer hingga saat ini. Padahal, usianya akan mencapai 28 tahun pada 17 September 1994.

Tahun 2022, ia disibukkan dengan jadwal syuting 2 Days 1 Night season 4, menggantikan Kim Seon Ho. Penampilan Na In Woo sukses menaikkan rating sebesar 10% untuk reality show yang dibintangi oleh DinDin Cs. 

5. Park Jinyoung

Siapkan Mental! 6 Aktor Korea Populer Ini Diprediksi Wamil 2022Hancinema.net

Berpindah haluan ke agensi aktor, Park Jinyoung atau dikenal sebagai aktor Jinyoung akan memasuki batas maksimal usia wajib militer. Pada 22 September 2022, ia genap berusia 28 tahun.

Pertengahan Juli 2021, Jinyoung merilis single berjudul "Dive" yang lirik lagunya ditulis sendiri. Perilisan single tersebut sempat membuat fans khawatir, karena Jinyoung akan pergi wajib militer.

Mengingat ciri khas artis Korea yang wamil, biasanya memberikan kejutan kepada fans. Namun, Jinyoung belum mengonfirmasi untuk wamil. Ia masih aktif berakting di drama dan film Korea, seperti Yumi's Cells season 2 dan A Christmas Carol. 

6. Kim Min Kyu

Siapkan Mental! 6 Aktor Korea Populer Ini Diprediksi Wamil 2022Kdramastars.com

Pertama kali muncul di Because This Is My First Love (2017), nama Kim Min Kyu cukup melejit di dunia hiburan Korea Selatan. Ia langsung membintangi beberapa drama Korea dalam waktu berdekatan, seperti Queen: Love and War (2019-2020), Backstreet Rookie (2020), Snowdrop (2021 - 2022). 

Terbaru, ia akan beradu akting bersama Ahn Hyo Seop dan Kim Sejeong di drama Korea A Business Proposal (2022). Namun, drama tersebut bisa menjadi drama terakhir Kim Min Kyu sebelum menjalankan wajib militernya. Pada 25 Desember mendatang, ia genap berusia 28 tahun. 

Di Undang-Undang Dinas Militer sebelumnya, batas usia maksimal pendaftaran wamil adalah 28 tahun. Namun, aturan tersebut direvisi menjadi 30 tahun, diundur 2 tahun lebih lama. Para aktor yang usianya mencapai 28 tahun bisa memilih untuk menunda atau melaksanakan wamil segera sebelum usia 30 tahun. 

Wah, lumayan banyak daftar aktor yang bakal wamil, nih. Ada aktor favoritmu, Bela?

Baca Juga: Tambah Satu Keahlian, Park Bo Gum Dapatkan Lisensi Barber Saat Wamil

Baca Juga: Siap Lepas Rindu, 9 Idol ini Selesai Wamil Tahun 2022

Baca Juga: Ada Park Seo Joon, 12 Aktor K-Drama ini Tuntaskan Wamil di Awal Karier