Kabar mengejutkan datang dari grup besutan JYP Entertainment, GOT7. Pada 21 Oktober 2020, salah satu anggota mereka, Youngjae diterpa rumor bahwa dirinya melakukan bullying terhadap seseorang berinisial A saat masih SMA. 

A yang seorang difabel menuduh di-bully Youngjae 'GOT7' tanpa alasan jelas. Rumor bullying Youngjae GOT7 pun tersebar luas di komunitas daring. Pihak JYP Entertainment masih mengonfirmasi kebenaran rumor tersebut. Nah, selain Youngjae 'GOT7', masih ada sederet idol Kpop yang juga pernah dituduh melakukan bullying terhadap seseorang, lho. Siapa saja mereka? Ini dia daftarnya, Bela.

1. Jennie 'BLACKPINK'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyTwitter.com/jennierations

Pelantun lagu "Lovesick" ini pernah diserang oleh seseorang bernama Lee. Ia mengaku menjadi bahan olok-olokan Jennie BLACKPINK dan teman-temannya karena kemampuan bahasa Inggris dirinya yang kurang. 

Nggak sampai di situ, kabarnya Jennie juga melempar sampah serta jus ke Lee. Mendapat serangan nggak berdasar itu, pijhak YG Entertainment langsung mencari tahu kebenaran kasus tersebut. 

Faktanya, YG Entertainment menemukan bahwa Lee merupakan seorang antifans dari Jennie. Ia sengaja membuat rumor itu untuk menjatuhkan reputasi Jennie. Lee pun dilaporkan ke pihak kepolisian karena telah menyebarkan rumor palsu.

2. Taeyong 'NCT'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyWeheartit.com

Masih hangat di benak penggemar, rumor yang menerpa leader dari NCT 127 ini. Taeyong dituduh melakukan bullying terhadap temannya sewaktu sekolah. Ia sendiri telah mengakui perbuatan cerobohnya di masa lalu, meminta maaf dengan mendatangi korban. Tapi, seseorang nggak dikenal menyebarkan percakapan yang menyudutkan Taeyong kembali dan menganggap permintaan maafnya tidak tulus kepada korban. 

Dari situlah, banyak haters yang menyerang Taeyong dan meminta leader NCT 127 itu keluar dari grup. Hingga akhirnya, media lokal Korea membeberkan kebenaran rumor tersebut, bahwa ada bagian percakapan yang diedit oleh pelaku penyebar rumor tersebut untuk menunjukkan seolah Taeyong berlaku kejam kepada korban. 

Sebagai bentuk penyesalannya di masa lalu, Taeyong aktif melakukan kegiatan sukarelawan dan berdonasi. Donasi yang diberikan Taeyong untuk beasiswa sekolah telah mencapai kurang lebih 50 juta won dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. 

3. Hyolyn eks 'SISTAR'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyTwitter.com/hyolynupdates

Solois perempuan yang terkenal dengan lagu "Say My Name" nya ini pernah menjadi perbincangan hangat saat seseorang mengaku menjadi korban bullying dari Hyolyn. Lewat komunitas daring, korban mengungkapkan kalau dirinya diperlakukan buruk oleh mantan anggota SISTAR itu dengan buruk selama tiga tahun. 

Selain itu, Hyolyn juga dituduh melakukan perampasan uang dan pakaian korban. Mendengar rumor tersebut, pihak agensi Hyolyn pun bergegas melakukan tindakan. Sempat dilaporkan sebagai pencemaran nama baik sang artis, akhirnya rumor tersebut ditempuh dengan jalan damai. Bahkan, Hyolyn dan korban pun sudah bertemu dan saling berkomunikasi melalui DM.  

4. Yoon Seo Bin eks 'Produce X 101'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyWowkeren.com

Pada 2019 lalu, seorang mantan kontestan Produce X 101, Yoon Seo Bin dilaporkan oleh seseorang kalau dirinya pernah menjadi seorang pelaku perundungan ketika SMA. Orang tersebut mengaku kalau Seo Bin mengungkap bahwa idol yang pernah bernaung di JYP Entertainment ini sering melakukan kekerasan. 

Tak lama setelah rumor itu mencuat, Seo Bin pun merilis surat permintaan maaf dan mengakui semua perbuatannya di masa lalu. Selain melakukan perundungan, Seo Bin juga pernah mengonsumsi alkohol dan merokok saat berusia di bawah umur. Melihat kebenaran yang ada, JYP Entertainment pun melakukan tindakan tegas dengan mengeluarkan Seo Bin dari agensi dan program acara Produce X 101.

5. Daye 'Berry Good'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullySoompi.com

Rumor bullying juga sempat menerpa Daye 'Berry Good'. Rumor tersebut terangkat saat beberapa orang menulis postingan di media sosial dan menuduh Daye pernah mengintimidasi dirinya. 

Dalam wawancara dengan Entertainment Weekly, salah satu dari penyebar rumor bullying menuturkan jika dia dikepung oleh sekelompok orang, termasuk Daye. Anonim tersebut mengungkapkan kalau Daye bersama kelompoknya menghina dan mengejek dirinya. 

Bahkan, dirinya tetap menunduk saat lewat di hadapan Daye. Lalu, ada pula unggahan yang mengungkit masa lalu Daye melakukan perundungan kepada orang lain saat berada di kelas 6 SD. 

Menyebarnya rumor itu, Daye segera melakukan klarifikasi perihal perundungan yang dialamatkan ke dirinya bahwa ia tidak pernah bercanda sampai mereka merasakan kekerasan, seperti yang mereka posting di media maya. Saat kelas SD, Daye mengakui kalau dirinya dan orang itu hanya berselisih paham dan telah berdamai satu sama lain. 

6. Hyunjin 'Stray Kids'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyAminoapps.com

Nggak hanya Youngjae 'GOT7', ternyata grup besutan JYP Entertaiment juga pernah diterpa rumor miring soal isu bullying ketika dirinya baru dua bulan debut bersama grupnya. Hyunjin yang dikenal dengan wajah polosnya itu dituduh melakukan tindakan kasar secara kepada teman sekolahnya saat SMP. 

Selain itu, Hyunjun dilaporkan nggak ragu untuk berucap kotor ke pacarnya dulu, sebelum debut. Pernyataan bullying itu keluar langsung dari seorang teman sekelas Hyunjin. Dituduh melakukan perundungan, Hyunjin yang berada di acara jumpa penggemar tidak dapat menahan tangisnya. 

Ia tak sanggup melihat penggemar yang telah mendukungnya hingga saat ini. Demi melindungi artisnya, JYP Entertainment sampai mengambil tindakan hukum. 

7. Soodam 'Secret Number'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyKoreancorners.com

Grup yang baru saja debut dan meraih banyak perhatian penggemar, sayangnya harus diterpa rumor nggak berdasar. Soodam 'Secret Number' diserang karena melakukan tindakan perundungan. 

Melansir dari Soompi.com, tepat di tanggal debut Secret Number, ada unggahan di sosial media yang mengungkap kalau Soodam adalah pemimpin dari aksi perundungan. Soodam juga disebut-sebut pernah mengonsumsi alkohol meski di bawah umur. Beruntungnya, agensi mereka segera mengambil tindakan tegas dan menganggap rumor tersebut tidak masuk akal. 

8. Jooe 'Momoland'

Selain Youngjae GOT7, 8 Idol Kpop Ini Pernah Dituduh Sebagai BullyPinterest.ph

Terakhir, ada Jooe yang bergabung di grup Momoland. Perempuan kelahiran 1999 ini mendapat label pelaku perundungan ketika masih duduk di bangku sekolah. Rumor itu tersebar saat seorang netter mengakui sebagai korban bullying dari Jooe.

Tak lama berselang, agensi Momoland, Read Duble Kick Company membantah rumor aneh yang menerpa artisnya. Mereka juga mengambil tindakan hukum kepada penyebar rumor palsu itu. 

Selain itu, seseorang yang mengaku sahabat dari Jooe mengungkap fakta sebenarnya bahwa Jooe bukanlah pelaku perundungan melainkan ia adalah korban yang pernah dirundung karena masalah fisik. 

Semoga masalah Youngjae 'GOT7' cepat selesai, ya. Menurut kamu, siapa lagi idol Kpop yang pernah diterpa rumor bullying, Bela?

Baca Juga: Fans Beberkan Bukti Bullying Jimin kepada Mina AOA

Baca Juga: Curhat Sakitnya Kena Corona, Perempuan Inggris ini Malah Banjir Bully

Baca Juga: Nggak Sepele, Ini Dampak Cyberbullying yang Harus Kamu Tahu