Kabar tak sedap menimpa Lim Youngmin, salah satu mantan leader dari grup AB6IX. Seperti yang diketahui, Youngmin tertangkap basah oleh pihak kepolisian Korea Selatan pada tanggal 31 Mei 2020, karena mengemudi sambil mabuk. 

Saat itu, Youngmin baru saja usai berpesta bersama teman-temannya. Dalam perjalanan pulang ke asrama, polisi memergokinya tengah mabuk dengan kadar alkohol mencapai 0.8-0.20. Alhasil, SIM-nya dicabut. Berbuntut skandal DUI-nya itu, Youngmin harus menerima dampak dari perbuatannya. 

Padahal, mantan kontestan Produce 101 season 2 ini punya segudang talenta, lho. Penasaran, talenta apa yang dimiliki oleh mantan leader AB6IX? Ini dia 7 fakta mengenai Youngmin eks AB6IX.

1. Mengemban tugas sebagai leader di usia muda

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUIChannel-Korea.com

Sudah hal yang lumrah jika terpilihnya leader di sebuah grup berdasarkan usia atau karakternya dalam memimpin anggota lain. Idol kelahiran 1995 ini memang masih terbilang muda di usianya sekarang, tapi dibandingkan keempat anggota di grup. Youngmin-lah member tertua sekaligus dipercaya sebagai leader dari AB6IX.

Di balik wajahflower boys-nya,  ternyata Youngmin dikenal mempunyai kemampuan menyanyi rap yang sangat baik, lho. Nggak heran, kalau posisi lead rapper juga diduduki oleh idol yang pernah tinggal di Singapura ini. 

2. Salah satu peserta dari acara Produce 101 S2

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUIPinterest.com

Sebelum debut bersama AB6IX, Youngmin termasuk trainee dari Brand New Music Entertainment yang ikut ajang pencarian bakat, Produce 101 Season 2 pada tahun 2017 silam. Bersama kedua trainee lainnya, yaitu Park Woo Jin dan Lee Daehwi, mengikuti ajang tersebut sampai berada di ranking ke-15. 

Bakat menyanyi dan menari yang mumpuni, membuat Youngmin berhasil masuk sampai babak final. Sayang, nasibnya kurang mujur, ia harus tersingkir di babak penentuan dan gagal debut bersama grup Wanna One saat itu. 

3. Pernah debut dengan dua grup berbeda

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUITwitter.com/mxm_my

Kegagalan di ajang pencarian bakat tak membuat Youngmin menyerah sama mimpinya menjadi idol. Apalagi, ia masuk jajaran peserta yang cukup bersinar dan punya popularitas cukup tinggi di acara tersebut. 

Melihat aura idol-nya yang melejit, agensi Brand New Music Entertainment memberi kesempatan Youngmin untuk berkarya di dunia musik bersama Kim Donghyun sebagai duo MXM. Mereka debut pada tanggal 6 September 2017 dengan mini album bertajuk Unmix

Dapat dikatakan, duo MXM ini cukup aktif bermusik dan sempat merilis 2 album setelahnya, Match Up dan More Than Ever. Selepas MXM, Youngmin kembali dipasangkan dengan grup lainnya bernama YDPP di tahun 2018. 

YDPP (Youth Dream Passion Purity) sendiri merupakan grup kolaborasi antara Brand New Music dengan Starship. Grup ini beranggotakan 4 orang yaitu Youngmin, Donghyun, serta Jung Sewoon dan Lee Gwanghyun dari agensi Starship Entertainment. YDPP debut pada tanggal 5 April 2018 dengan lagu berjudul "Love It Love It". 

4. Berteman dengan Park Woojin dan Lee Daehwi sejak masih trainee

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUIKpopchart.net

Sudah bukan rahasia lagi jika ketiga member di AB6IX sudah berteman cukup lama. Terutama, Park Woojin yang sudah Youngmin kenal sebelum masuk ke agensi yang sama. Youngmin pertama kali bertemu dengan Woojin saat masuk akademi tari di Busan. Hal ini pun dibenarkan oleh Woojin sendiri. 

Kala itu, Youngmin terlihat seperti anak yang pendiam dan bisa diajak sebagai teman yang baik. Siapa sangka, pertemuan pertama mereka yang berkesan akhirnya dapat debut di grup yang sama. Sementara, pertemuan dengan Daehwi terjadi saat mereka berdua masuk ke ajang pencarian bakat dan Daehwi masuk ke agensi yang sama dengan Youngmin dan Woojin. 

5. Punya pesona bintang dan kemampuan menemukan solusi di atas rata-rata

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUITwitter.com/mnet101boys

Dalam sebuah variety show milik AB6IX berjudul "Brand New Boys", Ryhmer selaku CEO dari agensi Brand New Music Entertainment sempat mengungkapkan bahwa karisma bintang Youngmin sudah terlihat. Youngmin punya pesona yang membuat orang dapat jatuh hati pada pandangan pertama. Hal ini jarang terjadi di idol rookie pada umumnya. 

Karakter Youngmin untuk menjadi superstar begitu kuat. Ia juga punya kemampuan menemukan solusi di atas rata-rata. Hal ini dibuktikan dalam adegan di acara "Brand New Boys" episode 3, Youngmin berhasil memecahkan petunjuk di escape room dengan cepat.

6. Mahir menulis lagu dan sedikit narsis

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUIPinterest.com

Nggak hanya berbakat di bidang tarik suara atau menari, Youngmin juga sama andalnya dengan Daehwi dalam hal menulis lirik lagu. Diketahui, Youngmin ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu di hampir semua lagu di album B:Complete dan 6ixense. 

Ia bisa berdiam diri cukup lama di studio demi menghasilkan lagu yang terbaik untuk grupnya. Inspirasi membuat lagu, Youngmin dapat dari banyak hal. Ia tak ingin membatasi diri dalam hal bermusik, karena musik adalah jiwanya. Ia berharap dengan mengembangkan bakatnya yang satu ini, penggemar dapat mendengar lagu dengan genre yang berbeda setiap comeback

Satu fakta unik lain dari pria bergolongan darah O ini adalah, Youngmin agak narsis, ternyata. Kalau ditanya siapa anggota AB6IX yang paling sering bercermin, tanpa pikir panjang, semua anggota akan langsung menunjuk Youngmin. 

7. Punya sederet prestasi membanggakan bersama grupnya

Hengkang dari Grup, 7 Fakta Youngmin eks AB6IX yang Terkena DUIKoreaboo.com

Baru setahun debut, Youngmin bersama keempat anggota lainya berhasil membawa nama AB6IX ke ajang penghargaan bergengsi. Sederet piala pernah diraih grup ini seperti "Rising Star Award " dari program penghargaan Starhub Night of Stars, "Hot Trend Award" di acara Melon Music Award, piala "Rookie of the Year"  juga disabet oleh AB6IX melalui acara penghargaan "Asia Artist Awards". 

Terakhir, mereka turut membawa pulang piala "New Artist Award" di acara Seoul Music Award dan "Next Generation Artist Award" dari salah satu acara musik paling membanggakan, Golden Disc Award pada tahun 2020.   

Itulah beberapa fakta Youngmin eks AB6IX yang keluar dari grup karena mengemudi sambil mabuk. Yuk, doakan yang terbaik untuk Youngmin dan AB6IX, Bela. 

Baca Juga: Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop 

Baca Juga: Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik Grup

Baca Juga: Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan Solidaritas