Belakangan ini, isu aprosiasi budaya atau perampasan budaya yang mengarah pada  tindakan rasis, memang sedang hangat di perbincangkan. Perampasan budaya sendiri merupakan istilah yang digunakan saat orang lain mengadopsi atau memakai budaya orang lain yang bukan berasal dari rasnya tanpa izin.  

Tidak sedikit artis Korea Selatan yang pernah dituding melakukan tindakan rasis. Sayangnya, sebagian besar artis Korea Selatan tidak tahu jika tindakannya memicu perdebatan karena dianggap tidak menghormati budaya tertentu. 

Lantas, siapa saja artis Korea yang pernah dituding melakukan tindakan rasis? Tindakan apa yang mereka lakukan hingga dianggap rasis oleh warganet? Intip daftar lengkapnya di bawah ini. 

1. Park Eun Seok

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisKdramastar.com

Pada 11 Juni 2021, pemeran Alex Lee dalam drama The Penthouse 3, yakni Park Eun Seok mendapat sorotan tajam dari warganet karena atribut dan gaya rambut yang dikenakannya dinilai rasis. 

Ia mengenakan rambut palsu dengan model gimbal, beberapa bagian wajahnya ditato, serta mengucapkan dialog bahasa Inggris dengan aksen Amerika-Afrika. Hal ini tentu saja menuai kritikan pedas dari warganet. Mereka menganggap jika peran Alex Lee sebagai tindakan yang tidak menghormati budaya tertentu. 

Mengetahui perannya mengundang kontroversi dan kekecewan, Park Eun Seok merilis permintaan maaf secara resmi dan menyadari kesalahannya tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa perannya itu tidak bermaksud untuk menghina atau menyinggung suatu budaya tertentu. 

2. Ji Chang Wook

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisExtra.globo.com

Pernah beradu peran dengan Kim Yoo Jung di drama Backstreet Rookie, Ji Chang Wook juga pernah dituding melakukan tindakan rasis pada Juli 2020 lalu. Salah satu video yang diunggah Ji Chang di akun Instagram pribadinya menerima kecaman dari penggemar Internasional karena dianggap melecehkan budaya orang kulit hitam. 

Terlebih di tahun tersebut, isu Black Lives Matter tengah memanas, sehingga publik menjadi lebih sensitif terhadap hal-hal yang melambangkan ciri khas dari budaya orang kulit hitam. Sejumlah penggemar Ji Chang Wook pun merasa kecewa dengan tindakan sang aktor, "perampasan budaya bukan sesuatu hal yang lucu."

3. Hendery 'WayV/NCT'

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisOnehallyu.com

Pada Desember 2020 lalu, Hendery 'WayV/NCT' dianggap melakukan tindakan rasis karena ketahuan memposting sejumlah foto di mana dirinya memakai rambut palsu dengan gimbal rastafari a la Jamaika di akun Weibo pribadinya. 

Berkat unggahan tersebut, penggemar menjadi terpecah belah. Ada yang mendukung karena Hendery tidak memahami apa yang dikenakannya termasuk bagian dari perampasan budaya orang kulit hitam. Namun, ada pula yang kecewa, mengkritik dan berusaha mengedukasi Hendery perihal tindakan rasisnya tersebut.   

4. Honey Lee

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisSoompi.com

Aktris Korea yang berperan di drama Please Comeback, Mister (2016) menjadi sorotan warganet karena tulisannya di akun Instagram yang dianggap merendahkan orang kulit hitam. Di akun Instagramnya, ia menuliskan "Aku telah menjadi ggamsi eonni setelah melakukan beberapa kegiatan di luar ruangan."

Ggamsi merupakan istilah yang mengacu pada kulit hitam dan beberapa orang menganggap istilah tersebut sebagai pernyataan rasis. Karena caption-nya tersebut, Honey Lee dibanjiri kritikan dari warganet dan memintanya agar menggali lebih dalam soal pernyataan rasis tersebut. 

5. Chen 'EXO'

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisTwitter.com/madzyeol

Pada April 2018, Chen yang tergabung dalam unit CBX bersama Baekhun dan Xiumin sedang melakukan siaran langsung di V Live. Dalam siaran tersebut, terlihat Baekhyun tengah memoleskan lipstik berwarna ungu gelap ke bibir Chen secara tidak merata. 

Semula tidak ada masalah dengan video lucu-lucuan tersebut, hingga Chen melontarkan komentar bernada rasis, "bukankah ini seperti Kunta Kinte, ya?". Sosok Kunta Kinte merupakan karakter utama dari serial Roots (1977). 

Ia digambarkan sebagai budak berkulit hitam yang dipaksa bekerja di Amerika. Kunta Kinte seharusnya tidak dijadikan lelucon karena ia merupakan lambang kekuatan orang kulit hitam.

6. Momoland

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisKoreaboo.com

Di sebuah video musik berjudul "BAAM", para anggota MOMOLAND memakai busana dari berbagai negara, salah satunya berasal dari negara Meksiko dan Mesir. Namun, busana yang dikenakan oleh MOMOLAND justru mengundang kontroversi. 

Sebagain besar penggemar menilai jika busana dari MOMOLAND dipandang sebagai tindakan rasis. Tetapi, ada pula yang menganggap jika itu hanya sebuah busana dan tidak perlu dijadikan sebagai hal yang bersifat kontroversi.

7. Jihyo 'TWICE'

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisPinterest.com

Tidak hanya MOMOLAND, namun leader TWICE, yakni Jihyo juga pernah dituding melakukan tindakan rasis saat dirinya hadir di sebuah acara Halloween pada 2018 silam. Ia mengenakan pakaian dari suku Indian yang ada di Amerika. Ketika pengenalan diri, Jihyo 'TWICE' menyebut dirinya sebagai Indian Jihyo.

Ucapan tersebut langsung membuat warganet geram dan menilai jika Jihyo 'TWICE' perlu mendapatkan edukasi soal perampasan budaya. Namun, ada fans yang membela jika kostum Jihyo tidak mirip dengan Putri Mononoke atau Pocahontas. 

8. Taeyang 'Big Bang'

Miris, 8 Artis Korea Ini Pernah Dituding Lakukan Tindakan RasisBerbagai sumber

Pada 2016 silam, Taeyang 'Big Bang' memposting sebuah video lucu saat puncak perayaan Imlek. Alih-alih membuat penggemar tertawa, video tersebut malah membuat Taeyang terlibat dalam tindakan rasis. 

Soalnya, video tersebut memperlihatkan wajah Kanye West dengan latar belakang suara Taeyang yang mengucapkan "Happy Monkey New Year" ke seluruh fansnya. Melihatnya banyaknya komentar yang mengkritik, Taeyang segera menghapus video tersebut dan meminta maaf karena menimbulkan keributan. Kendati demikian, ada penggemar yang membela jika video Taeyang dibuat hanya untuk bersenang-senang. 

Nah, itulah deretan artis Korea yang pernah dituding melakukan tindakan rasis. Belajar dari kisah mereka, semoga kita bisa lebih bijak dalam memakai atau mengunggah atribut dari budaya tertentu, ya, Bela. 

Baca Juga: Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus Rasisme

Baca Juga: 5 Seleb Hollywood Ini Tak Dapat Pekerjaan karena Isu Rasisme

Baca Juga: 'The Penthouse 3' Dinilai Rasis, Park Eun Seok Lakukan Tindakan Ini