Saat ini, Big Mouth tengah menyapa penonton di layar kaca. Drama Korea ini memimpin perolehan rating cukup signifikan sebesar 6,1% per 30 Juli 2022 berdasarkan Nielsen Korea

Drama yang berkisah tentang pengacara dengan tingkat kemenangan 10% ini dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Yoona 'SNSD'. Keduanya dikenal memiliki hubungan akrab sebelum dipasangkan menjadi 'suami-istri' di drama Korea terbarunya. 

Bagaimana sepak terjang Lee Jong Suk di dunia hiburan Korea Selatan? Seperti apa sifat bintang utama Big Mouth ini di balik layar? Merangkum berbagai sumber, telusuri lebih dalam kehidupan sosok aktor tampan satu ini. 

1. Sudah terjun ke dunia hiburan sejak remaja

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Soompi.com

Kebanyakan orang mengenali Lee Jong Suk dari drama Korea, School 2013 yang tayang pada 2012 silam. Padahal, ia sudah terjun ke dunia hiburan Korea sejak remaja. Lee Jong Suk menjadi model di usianya yang ke-16 tahun (usia Korea) pada 2005. 

Ia menjadi model termuda yang debut di Seoul Fashion Week dan menjadi top model selama 2005 hingga 2010. Di sela-sela aktivitas modelnya, Lee Jong Suk menjajal dunia seni peran melalui film pendek berjudul Sympathy (2005). 

Baru lima tahun setelahnya, ia berakting di layar kaca sebagai cameo bernama Lee Woo Hyun di Prosecutor Princess. Visual Lee Jong Suk menarik perhatian kala dirinya muncul sebagai Han Taesun di drama Korea hit, Secret Garden di tahun 2010. 

Sejak saat itu, Lee Jong Suk fokus di dunia seni peran dan membintangi berbagai drama dan sitkom populer seperti High Kick: The Revenge of The Short Legged (2011), I Can Hear Your Voice (2013), Doctor Stranger (2014), Pinocchio (2014-2015), W (2016), hingga While You Were Sleeping (2017). 

2. Tetap mengutamakan pendidikan

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Soompi.com

Melihat portofolio di dunia seni peran, dapat dikatakan aktivitas keartisan Lee Jong Suk cukup padat. Namun, hal itu tidak membuat sang aktor lupa dengan pendidikan. Justru sebaliknya, Lee Jong Suk meniti karier sambil melanjutkan pendidikan di Universitas Konkuk tahun 2010 silam jurusan Perfilman dan Seni. 

Lee Jong Suk berhasil mengalahkan 21.268 siswa yang mendaftar dan menjadi salah satu dari 2.200 mahasiswa yang diterima di Universitas Konkuk. Ia lulus di tahun 2016 silam dan saat SMA, Lee Jong Suk bersekolah di Seoul of Performing Art High School sebelum pindah ke sekolah reguler. 

3. Mengidap scopophobia

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Koreaboo.com

Lee Jong Suk yang kita kenal di layar kaca selama ini dideskripsikan sebagai sosok yang ceria dan penuh canda. Padahal di balik layar, ia memiliki fobia bernama scopophobia, yaitu ketakutan menerima perhatian berlebih dari banyak orang. 

Ia pernah tertangkap kamera mengelap keringat dengan tisu di bagian dahi dan leher. Fobia ini sering muncul saat Lee Jong Suk menghadiri konferensi pers, jumpa penggemar, dan berpidato di acara penghargaan. 

Ciri-ciri yang terlihat adalah mulai gelisah, berkeringat, hingga wajah memerah. Park Bo Young yang pernah menjadi lawan mainnya menjelaskan jika scopophobia ini muncul, Lee Jong Suk akan kesulitan berkata-kata. 

Menariknya, tanda-tanda fobia yang dialami Lee Jong Suk tidak pernah terjadi saat ia syuting drama atau film Korea. 

4. Pernah mendapat didikan keras dari sang ayah

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Pinterest.com

Beralih ke kehidupan pribadinya sekilas, pemilik nama asli Lee Jong Suk ini lahir pada 14 September 1989 sebagai anak sulung dari dua bersaudara, satu adik laki-laki dan satu adik perempuan. 

Lee Jong Suk dikenal sebagai sosok yang pemalu dan pendiam. Karena sifat tertutupnya ini, ia tidak mudah menjalin hubungan dengan orang dan hanya memiliki sedikit teman baik. 

Di saat teman-temannya hang out, Lee Jong Suk memilih berdiam diri di rumah dan memilih jalan sepi saat keluar agar tidak menarik perhatian. Sejujurnya, ayah Jong Suk tidak menyukai sifat tertutup anak sulungnya itu dan mendidiknya dengan cukup keras. 

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Jauhari.net

Sejak usia 6 tahun, Lee Jong Suk sudah dikenalkan dengan berbagai macam keterampilan dan olahraga seperti bermain baduk (catur), taekwondo, belajar bermain piano, hingga menggambar. 

Saat menekuni taekwondo, ligamen sang aktor pernah cedera dan keluar dari rumah sakit, ayahnya sudah menyuruh Jong Suk untuk kembali berlatih. Pada akhirnya, Lee Jong Suk berhasil mendapatkan sabuk hitam.   

Awal karier akting Lee Jong Suk tidak mendapat restu dari orang tuanya. Mereka malah menyuruh untuk pergi wajib militer selepas SMA. Hal inilah yang membuat hubungan Jong Suk sempat renggang dengan ayahnya dan memutuskan pindah ke Seoul. 

Kini, kedua orang tua mendukung keputusan Lee Jong Suk dan sang ayah tidak segan memasang foto putranya di kantor dan saat sang aktor datang ke kantor ayahnya, ia sampai menitikan air mata karena terharu.  

5. Memiliki izin menerbangkan pesawat

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Facebook.com/ljsfansphilofficial

Terbiasa mencoba berbagai hal dalam hidup, ternyata Lee Jong Suk juga memiliki bakat lain di luar dunia hiburan. Ia terpilih sebagai brand ambassador global aviation di Ansan, Korea Selatan. 

Untuk menjadi duta global sekolah pilot, Lee Jong Suk terlebih dahulu menjalani pelatihan penerbangan selama 3 bulan dan hasilnya sangat memuaskan, ia berhasil memiliki izin untuk menerbangkan pesawat. 

6. Hampir debut menjadi bintang idola

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Aminoapps.com/k-land

Sebelum dikenal sebagai aktor populer, Lee Jong Suk sempat menjalani pelatihan di SM Entertainment dan diarahkan menjadi bintang idola di grup Real. Paras tampan Lee Jong Suk pernah mejeng sekilas di video musik 2NE1 berjudul "I Don't Care" sebagai 'kekasih' Dara di tahun 2009. 

Tapi, impian terbesar Lee Jong Suk bukan menjadi penyanyi di atas panggung, melainkan seorang aktor yang sukses. Menyadari hal itu, Lee Jong Suk memilih hengkang dari agensi tersebut dan menemukan agensi baru yang bisa mendebutkannya sebagai aktor.

Makanya tidak mengherankan, apabila Lee Jong Suk berteman baik dengan para anggota SNSD, terutama Yoona yang kini menjadi partner-nya di drama Korea, Big Mouth

7. Rain & Kang Dong Won adalah sosok inspirasinya

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Pinterest.com

Ketertarikan Lee Jong Suk pada dunia seni peran datang saat ia melihat akting memukau Rain dalam drama Korea, Full House. Sang aktor memang penggemar berat dari aktor Rain dan memiliki impian bisa beradu akting dengan sang idola. 

Beruntung, impian itu tercapai. Lee Jong Suk dipertemukan dengan Rain dalam layar lebar R2B: Return to Base yang rilis pada 2012 silam. Selain Rain, ia juga mengidolakan aktor Kang Dong Won. Kedua aktor kenamaan Korea itu membuat Lee Jong Suk bersemangat menjadi aktor yang sukses seperti mereka. 

8. Tipe perempuan idealnya tidak berubah

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Hancinema.net

Berbicara perempuan idaman, Lee Na Young adalah aktris perempuan yang menjadi tipe ideal dari Lee Jong Suk. Tipe ideal sang aktor tidak berubah dari dahulu. Ia menyukai Lee Na Young karena gaya bicara sang aktris sangat menawan dan berparas cantik.

Beruntung, sang aktor disandingkan dengan tipe idealnya dalam drama Korea, Romance is a Bonus Book. Kwon Nara, salah satu idol-aktris yang pernah bergabung di agensi Lee Jong Suk, A-Man Project juga sempat diisukan dekat dengan Lee Jong Suk. Pasalnya, paras dan gaya busana Kwon Nara mirip dengan Lee Na Young. 

9. Kim Woo Bin adalah sahabat suka dan dukanya

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Asianwiki.com

Sifat tertutup Lee Jong Suk membuat pecinta minuman kopi ini tidak mempunyai banyak teman. Namun, ia memiliki satu sahabat karib yang ada di kala suka atau duka. Mereka bertemu di drama Korea, School 2013. 

Mereka menggeluti profesi model di awal karier dan fokus mengejar karier di dunia akting. Bromance Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin di School 2013 membuat banyak penggemar iri dengan kedekatan keduanya. 

Saking dekatnya, peran Choi Dal Po dalam drama Korea, Pinocchio yang dibintangi Lee Jong Suk pernah ditawarkan ke Kim Woo Bin. Tetapi, Kim Woo Bin menolak karena jadwal yang bentrok. 

Mereka adalah rekan dan kawan yang saling dukung di dunia hiburan Korea. Kim Woo Bin pun pernah datang di salah satu acara jumpa penggemar Lee Jong Suk.

10. Menerima lebih dari 20 penghargaan

Menelusuri 10 Kisah Hidup Lee Jong Suk, Pemeran Utama 'Big Mouth'Pinterest.com

Jam terbang yang tinggi di dunia hiburan Korea membuat pemeran utama, Big Mouth ini diganjar lebih dari 20 penghargaan atas perannya di berbagai drama Korea. Tahun 2013 adalah tahun bersinar bagi Lee Jong Suk dengan meraih 9 penghargaan. 

Ia juga berhasil masuk dalam daftar aktor Korea dengan bayaran termahal dan menjadi aktor muda yang menyabet Best Actor Award di Grimae Awards dan Korea Popular Culture & Arts Award di Prime Minister Awards di tahun 2015. Tahun 2016, Lee Jong Suk sukses membawa pulang Daesang Award pertamanya. 

Itulah serba-serbi kisah hidup Lee Jong Suk selama berkarier dan sosoknya di belakang layar. Apakah kamu sudah melihat aktingnya di Big Mouth, Bela?

Baca Juga: Lee Jong Suk & Yoona 'SNSD' Main KDrama Bareng, Ini Faktanya!

Baca Juga: 5 Pemeran Keren 'Big Mouth', Drama Korea Terbaru dari Yoona 'SNSD'

Baca Juga: 5 Drama Korea Ini Tayang Juli 2022, Salah Satunya 'Big Mouth'!