Bulan Desember 2021, Snowdrop menjadi salah satu drama Korea Selatan penuh kontroversi. Warganet mengkhawatirkan adanya distorsi sejarah dalam alur cerita Snowdrop. Berlandaskan hal tersebut, mereka mengajukan petisi pembatalan atas drama yang dibintangi oleh Jisoo 'BLACKPINK' dan Jung Hae In ini. 

Tidak main-main, petisi pembatalan Snowdrop mencapai lebih dari 200.000 tanda tangan dan puluhan sponsor iklan turut hengkang dari drama tersebut karena tidak ingin terlibat kontroversi. 

Dua pekan berlalu, kontroversi yang menerpa drama ini mulai terlupakan sejak Pengadilan Distrik Barat Seoul memberikan izin tayang. Rating Snowdrop yang diprediksi tidak mencapai 1% perlahan meningkat dan memuncaki peringkat teratas di Disney Plus Korean Chart. 

Benarkah Snowdrop telah mendapat dukungan penuh dari warganet? Apa alasannya? Cari tahu di bawah ini. 

JTBC meluruskan kesalahpahaman yang terjadi

Kontroversi Terlupakan, Rating 'Snowdrop' di Disney Plus MelesatHancinema.net

Kontroversi bermula dari tuduhan warganet Korea terhadap alur cerita Snowdrop. Mereka mengkhawatirkan publik mendapatkan sudut pandang yang salah terkait sejarah masa lalu Korea Selatan. Terlebih, drama tersebut disiarkan di aplikasi streaming global, yakni Disney Plus Hotstar. 

Namun, opini warganet Korea terhadap Snowdrop perlahan berubah setelah JTBC meluruskan kesalahpahaman dan rumor yang berkembang di masyarakat Korea Selatan. Ada tujuh poin utama yang berusaha diyakinkan oleh tim produksi ke publik, termasuk alur cerita dan adanya investasi perusahaan Tiongkok sebesar 100 miliar won terhadap drama tersebut. 

Penjelasan JTBC dapat diterima warganet

Kontroversi Terlupakan, Rating 'Snowdrop' di Disney Plus MelesatHancinema.net

Usai menerima penjelasan dari tim produksi, warganet Korea Selatan belum sepenuhnya menerima Snowdrop. Hingga akhirnya, JTBC menayangkan tiga episode sekaligus untuk membantah tuduhan yang selama ini dialamatkan ke drama tersebut. 

Tidak disangka, tiga episode yang ditayangkan oleh JTBC secara berturut-turut mendapatkan tanggapan positif dari warganet. Banyak warganet yang mulai mendukung drama debut Jisoo 'BLACKPINK' dan menikmati romansa kedua pemeran utama.

Rating Snowdrop perlahan meningkat

Kontroversi Terlupakan, Rating 'Snowdrop' di Disney Plus MelesatKbizoom.com

Dibandingkan dengan penayangan perdananya, rating Snowdrop mengalami peningkatan sejak penayangan tiga episode sekaligus. Menurut Nielsen Korea, episode ke-3 dari Snowdrop yang tayang pada 24 Desember sempat meraih rating 1.853% secara nasional. 

Tak hanya itu, Snowdrop juga masih ke dalam daftar drama Korea yang paling banyak dibicarakan menurut Good Data di peringkat ke-9. Warganet juga membela bahwa rating Snowdrop tidak terlalu mengecewakan dibandingkan drama Korea lainnya. 

"Rating 1% masih tinggi."

“Pertama kali melihat drama yang berjalan selama 100 menit dengan rating 1% Jika ini menyedihkan, penggema tidak akan mau menontonnya”

Namun, ada pula warganet yang berharap rating Snowdrop terus memburuk dan meraih rating di bawah 1%. Berbagai kritikan juga diarahkan ke kedua pemeran utama agar warganet Korea yang mulai menikmati drama ini berbalik arah menjadi membenci.  

Snowdrop berada peringkat teratas Disney Plus

Kontroversi Terlupakan, Rating 'Snowdrop' di Disney Plus MelesatAllkpop.com

Tampaknya, harapan warganet yang masih geram Snowdrop ditayangkan harus sirna, lantaran Snowdrop berhasil memuncaki peringkat teratas Disney Plus Korean Chart berdasarkan data Flix Patrol pada tanggal 4 Januari 2022.  

Snowdrop juga memuncaki Top 10 TV Shows Disney Plus Chart di negara lain seperti Hongkong, Singapura, hingga Taiwan, serta berada di peringkat ketiga di negara Jepang. Hal ini membuktikan bahwa drama yang juga dibintangi oleh Yoo In Na ini semakin disukai oleh warganet Korea dan Internasional. 

Sebagian besar warganet menikmati Snowdrop

Kontroversi Terlupakan, Rating 'Snowdrop' di Disney Plus MelesatHancinema.net

Penjelasan dan janji yang ditepati oleh tim produksi Snowdrop membuahkan hasil. Banyak warganet Korea yang secara terbuka mendukung dan menikmati siaran Snowdrop. Mereka mengungkapkan bahwa Snowdrop berhak untuk disiarkan karena alur cerita dan sinematografi yang dihadirkan sangat seru ditonton. 

"Cerita yang dihadirkan terasa seru."

"Semua karakter Snowdrop punya peran penting dan tidak mudah tertebak."

"Aku berharap akan ada banyak romansa antara Young Ro dan Im Soo Ho di akhir episode"

Memasuki episode akhir, rating Snowdrop semakin mengesankan. Snowdrop mencatat perolehan rating sebesar 3.3% di episode ketujuh. Ini kedua kalinya peringkat Snowdrop melebihi tiga persen, sebuah perolehan angka yang baik untuk drama yang diawali dengan kontroversi. 

Wah, akhirnya alur cerita Snowdrop dapat diterima baik oleh warganet Korea. Apakah kamu sudah menontonnya, Bela?

Baca Juga: Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ 

Baca Juga: 'Snowdrop' Bermasalah, Jung Hae In & Jisoo 'BLACKPINK' Terkena Dampak

Baca Juga: Adu Akting dengan Jisoo, 7 Serial yang Pernah Dibintangi Jung Hae In