Sudah cukup lama kabar perseteruan GOT7 dengan JYP Entertainment santer terdengar. Namun, perseteruan tersebut makin kencang berembus kala ketujuh anggota GOT7 memasuki masa perpanjangan kontrak. Sebelumnya, dua anggota GOT7 sudah dilirik oleh agensi pesaing. 

Meski saat itu masih dalam wacana, tetapi diskusi internal GOT7 dengan agensi tampaknya berjalan alot. Hingga akhirnya, ketujuh anggota memilih hengkang bersama dari JYP Entertainment pada 10 Januari 2020. Acara Golden Disc Awards ke-35 menjadi persembahan terakhir GOT7 sebagai sebuah grup. 

Keluarnya GOT7 dari JYP Entertainment pasti menimbulkan tanda tanya besar untuk penggemar, bagaimana nasib mereka di masa depan? Mungkihkah mereka kembali bersama dan menyapa Ahgase (sebutan penggemar GOT7)? Penasaran, dong. Yuk, cari tahu masa depan dari GOT7 di sini, Bela.

1. JB

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Kpopping.com

Nggak hanya dikenal sebagai leader GOT7, tapi JB juga punya segudang talenta dari rap, penulis lagu, hingga komposer. Suaranya juga pernah mengisi beberapa soundtrack drama Korea, seperti Dream High 2 dan A Day Before Us Zero.

Pemilik nama  asli Lim Jaebeom ini dikabarkan telah menerima panggilan dari beberapa agensi hip-hop dan agensi Internasional. JB sendiri telah berencana memilih salah satu di antara agensi yang melirik bakatnya dan bisa memberikan dukungan penuh kepada dirinya, sebagai seorang penyanyi solo di masa depan. 

2. Jinyoung

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Kpopping.com

Baru saja memenangkan dua penghargaan sekaligus di acara Asia Artist Awards 2020, nama Jinyoung makin bersinar di dunia seni peran. Berbagai tawaran akting juga sudah menyapa laki-laki kelahiran 1994 ini. 

Jinyoung-lah yang pertama kali mendapat panggilan 'manis' dari agensi aktor, yakni BH Entertainment. Sejak saat itu, masa depan grup GOT7 mulai dipertanyakan. Meski saat itu, masih dalam tahap diskusi, tetapi kabarnya keduanya telah sepakat untuk memulai karier baru di dunia hiburan Korea. 

Bahkan, CEO dari agensi BH Entertainment telah mengikuti akun Instagram dari Jinyoung. Ke depannya, penggemar akan melihat Jinyoung sebagai seorang aktor. 

3. Mark

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Kpopping.com

Sebagai anggota tertua di grup, sayang sekali potensi martial arts dan suara merdu Mark kurang dipromosikan lebih oleh agensi. Di antara anggota GOT7 lain, hanya Mark yang belum terlihat akan berfokus ke mana dan bernaung di agensi apa. 

Saat ini, Mark memilih untuk kembali ke rumahnya dan menghabiskan waktu bersama keluarga di Los Angeles. Ia ingin beristirahat sejenak dari rutinitas dunia hiburan. Rencannya, Mark akan membuka kanal YouTube pribadi dan berharap bisa bersolo karier di Amerika. 

4. Youngjae

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Aminoapps.com

Dikenal dengan potensinya sebagai komposer dan penulis beberapa lagu GOT7 dengan nama samaran 'ARS'. Youngjae mendapat tawaran dari agensi aktor-musisi, yakni Sublime Artist. 

Sublime Artist sendiri merupakan rumah dari aktor Song Kang (pernah bermain di Love Alarm dan Sweet Home), Rain, Hani EXID, Lim Nayoung eks IOI, Hyomin T-ARA, dan masih banyak lagi. Selain berkiprah di bidang musik, Sublime Artist juga akan mendukung dan memberikan banyak aktivitas untuk Youngjae, seperti iklan atau photoshoot

Hingga saat ini, keduanya masih dalam tahap diskusi kontrak dan belum merilis pernyataan resmi mengenai masuknya Youngjae ke agensi mereka.

5. Jackson

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Kpopping.com

Nama Jackson di GOT7 sudah tidak asing, paras tampannya kerap mengisi iklan produk, majalah, bermain variety show, hingga ia sendiri berkiprah di dua negara sekaligus, yakni Tiongkok dan Korea. Oleh karena itu, Jackson berusaha menyeimbangkan waktunya agar tidak bentrok dengan jadwal comeback GOT7. 

Sejak masih bergabung di GOT7, Jackson termasuk anggota yang cukup aktif di layar kaca untuk mempromosikan grup mereka ke penggemar lain. Di usia yang masih muda, ia telah memiliki label sendiri, bernama Team Wang.

Ke depannya, segala aktivitas Jackson di dunia hiburan akan ditangani oleh Team Wang. Selain itu, Jackson menjadi anggota pertama GOT7 yang dikonfirmasi media Tiongkok tidak lagi memperpanjang kontrak dengan JYP Entertainment. 

6. Bambam

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Kpopping.com

Serupa dengan Jackson, Bambam yang termasuk anggota GOT7 dari luar Korea juga akan berpromosi di dua negara sekaligus, yakni Thailand dan Korea. Bedanya, Bambam dilirik oleh sebuah agensi Korea, bernama MakeUs Entertainment. 

MakeUs Entertainment merupakan agensi yang berdiri pada 2014 silam. Agensi ini menaungi sejumlah musisi seperti Lee Hi, Urban Zakapa, hingga Sunmi. Saat ini, Bambam masih dalam tahap diskusi dan melihat kontrak baru dari MakeUs Entertainment. 

7. Yugyeom

Keluar dari JYP Entertainment, Inilah Masa Depan dari GOT7Kpopping.com

Usai Jinyoung, Yugyeom yang merupakan anggota termuda di GOT7 juga mendapat tawaran menarik dari agensi hip-hop yang didirikan oleh mantan anggota 2PM, yakni Jay Park bernama AOMG Entertainment. 

Sebuah laporan dari media lokal Korea mengungkapkan jika diskusi keduanya sudah mencapai tahap akhir. Di sana, Yugyeom memiliki keinginan untuk belajar lebih banyak tentang hip-hop dan berkembang sebagai seorang penari profesional. Dilihat dari bakat menarinya di Hit The Stage, AOMG Entertainment menjadi tempat yang tepat untuk Yugyeom bisa berkarya lebih besar. 

Meski berpisah jalan dan bernaung di agensi berbeda-beda, anggota GOT7 seolah meyakinkan penggemar untuk tidak perlu khawatir. Jika memiliki kesempatan, mereka berjanji menyisihkan waktu untuk melakukan promosi sebagai sebuah grup. 

Seperti yang diungkapkan oleh Mark, "Kami bertujuh akan terus memberikan versi terbaik kamu untuk kalian hingga kalian, #GOT7FOREVER." Apa pun jalan yang dipilih oleh GOT7, semoga yang terbaik untuk mereka, ya, Bela. 

Baca Juga: Nasib Grup Dipertaruhkan, 7 Fakta Perseteruan GOT7 & JYP Entertainment

Baca Juga: Gaya Seksi Jessi, Penyanyi yang Enggan 'Dipegang' Jackson GOT7

Baca Juga: Dulu dan Sekarang, Ini Foto Anggota BTS Ketika Masih Kecil