Belum usai masalah Jellyfish Entertainment terkait kecelakaan maut yang melibatkan Seulong 2AM, kini agensi yang menaungi grup VIXX kembali tersandung kontroversi dari salah satu artis besutannya. 

Di saat anggota yang lain tengah menjalani wajib militer dan sibuk bersolo karier, Hongbin malah membuat kegaduhan di dunia maya. Sebuah komentar hinaan terlontar saat Hongbin menggelar siaran langsung di Twitch. Akibat ulahnya tersebut, Hongbin sempat menghilang dari sorotan untuk merefleksikan diri. 

Tetapi, pada 7 Agustus 2020, Hongbin VIXX memberikan kabar mengejutkan buat Stralight (sebutan penggemar VIXX), bahwa dirinya telah resmi keluar dari grup yang telah membesarkan namanya dari tahun 2012. Komentar seperti apa hingga menyebabkan kontroversi dan Hongbin meminta maaf karena hal ini? Keep scrolling, Bela. 

1. Dianggap merendahkan grup lain saat siaran

Hengkang dari Grup, Inilah Penyebab Kontroversi Hongbin VIXXAllkpop.com

Anggapan ini berawal dari aktivitas Hongbin ketika menggelar siaran langsung di Twitch pada 29 Februari 2020 lalu. Selama siaran, Hongbin tengah menonton beberapa video dari grup Kpop lain. 

Ia mendengarkan lagu dari "Everybody’" SHINee, "Red Flavor" Red Velvet, "Wolf" EXO dan "Be Mine" INFINITE. Tak hanya mendengarkan, namun ia juga memberikan komentar kurang pantas ke grup yang ditontonnya. 

Hongbin berkomentar, "Siapa yang memasukan musik band ke musik idol seperti ini? Jelek." Selain itu, ia melemparkan kritikan terhadap koreografi lagu "Be Mine" dari INFINITE, “Kalau itu aku, aku pasti sudah memukul koreografernya. Apa itu ... Itu lagu yang keren. Mengapa ada orang yang membuat koreografi tarian semacam itu untuk bagian yang begitu keren?"

2. Komentar tersebut membuat penggemar marah

Hengkang dari Grup, Inilah Penyebab Kontroversi Hongbin VIXXKoreatimes.co.kr

Nggak hanya memberi komentar kurang pantas, Hongbin juga memasang ekspresi merendahkan dan mengacungkan jari tengah hingga mengundang kemarahan penggemar dari grup yang dikritiknya. Publik pun dibuat  terheran-heran dengan aksinya itu, pasalnya ia diketahui sebagai idol yang minim dengan kontroversi. 

Tak lama setelah siaran berakhir, Hongbin dihujani dengan beragam kecaman dan hujatan. Para penggemar yang merasa grupnya direndahkan oleh Hongbin, meminta idol kelahiran 1993 ini merilis permintaan maaf. Mereka tidak menerima grup yang dikaguminya dihina oleh idol lain.

3. Dilakukan dalam kondisi pengaruh alkohol

Hengkang dari Grup, Inilah Penyebab Kontroversi Hongbin VIXXAllkpop.com

Ternyata aksi nyeleneh Hongbin dilakukan dalam kondisi tidak sadar alias dalam pengaruh alkohol. Saat siaran, ia telah meminum tiga botol soju dan wine. 

Kondisi inilah yang membuat Hongbin secara tidak sadar, melayangkan komentar buruk terhadap grup Kpop lainnya. Sungguh disayangkan, ya.

4. Sempat meminta maaf

Hengkang dari Grup, Inilah Penyebab Kontroversi Hongbin VIXXAllkpop.com

Tak ingin masalah ini berlarut-larut, Hongbin sempat meminta maaf. Ia menuturkan kalau dirinya tidak bermaksud untuk merendahkan grup siapa pun. Ia menyadari jika dirinya melakukan kesalahan. 

Menurut Hongbin, komentar tersebut dikatakan berdasarkan penilaian dirinya sebagai penggemar. Ia berpikir bahwa para idol grup itu bisa saja terlihat lebih keren dari yang sekarang. 

Selain itu, Hongbin juga menjelaskan alasannya memberikan komentar negatif terhadap lagu-lagu SHINee dan INFINITE karena tidak ingin membahas pekerjaan, makanya ia memilih untuk membahas lagu grup lain yang ia kenal. 

Namun, permintaan maaf tersebut tidak mengurangi kritikan dari netter dan penggemar. Hingga akhirnya, Leo dan Ravi VIXX sampai meminta maaf karena berteman dekat dengan Minho SHINee dan EXO. 

5. Kontraknya di agensi dihentikan

Hengkang dari Grup, Inilah Penyebab Kontroversi Hongbin VIXXChannel-korea.com

Menyusul kontroversi yang dilakukan oleh Hongbin, Jellyfish Entertaiment sempat memberi pernyataan jika artis besutannya bakal vakum dari Twitch dan dunia hiburan untuk sementara waktu pada 1 Mei 2020. 

Selang dua bulan, pada 7 Agustus 2020, kedua belah pihak memberikan pernyataan saling bertolak belakang. Agensi mengungkapkan kalau Hongbin yang menginginkan dirinya keluar dari grup, Grup akan tetap berpromosi dengan lima orang anggota. 

Namun, di sisi lain, Hongbin mengonfirmasi sekaligus meminta maaf karena membuat kegaduhan. Ia mengumumkan kalau kontrak dirinya bersama agensi telah diputus dan ia sudah tidak berada di bawah naungan Jellyfish Entertainment. 

Ia juga menyesal atas perilakunya terdahulu sehingga penggemar sakit hati dan kecewa. Usai keluar dari grup, Hongbin berencana tetap melakukan siaran pribadi di Twitch seperti yang selalu ia lakukan. 

Tetap berhati-hati dalam bertutur kata dan bersosial media, ya, Bela.

Baca Juga: Bikin Heboh Publik, 5 Kegiatan Ji Chang Wook Ini Menuai Kontroversi

Baca Juga: Berteman dengan Youtuber Jepang Kontroversial, Yuta NCT Dikritik 

Baca Juga: Kronologi Amanda Manopo Dikatai Cabe-Cabean oleh Nikita Mirzani