Sebagai grup yang mempunyai karakter dan keunikan berbeda dari grup perempuan Kpop lainnya, MAMAMOO yang debut di tahun 2014 silam di bawah naungan RBW Entertainment, memang sukses mencuri perhatian penggemar melewat berbagai lagu hitsnya. 

Namun, habisnya kontrak eksklusif MAMAMOO dengan agensi membuat nasib grup ini di ambang kekhawatiran. Pada 22 Januari 2021, RBW Entertaiment mulai merilis rencana perpanjangan kontrak keempat anggota MAMAMOO. Sayang, tidak semua anggota langsung sepakat memperpanjang kontrak. 

Lantas, siapakah anggota yang sudah memperbaharui kontrak dengan agensi? Bagaimana nasib anggota MAMAMOO yang lain? Simak selengkapnya di sini, Bela?

Dua anggota sepakat memperpanjang kontrak

Segera Habis Kontrak, Deretan Fakta MAMAMOO yang MengkhawatirkanChannel-korea.com

Kontrak eksklusif MAMAMOO selama 7 tahun dengan RBW Entertainment akan segera berakhir. Melansir dari Allkpop.com, agensi merilis pernyataan resmi terkait status kontrak MAMAMOO yang membuat penggemar khawatir, 

"Kami sedang dalam tahap berdiskusi kontrak dengan masing-masing anggota MAMAMOO. Masih ada sisa kontrak yang dijalani, namun kami ingin memberikan waktu yang mendalam untuk para anggota mengenai kontrak baru. Oleh karena itu, kami membicarakan hal ini sejak awal. Selain itu, kami juga ingin menjawab spekulasi yang berkembang tentang berakhirnya grup MAMAMOO."

Di samping pernyatan resmi dari agensi, terungkap pula baru dua anggota yang  sepakat memperpanjang kontrak dengan agensi, yakni Solar dan Moonbyul. Agensi mengungkapkan, "Saat ini, Solar dan Moonbyul telah memperbaharui kontrak mereka berdasarakan kepercayaan dan ekspektasi mereka terhadap agensi.

Masih dalam tahap diskusi yang intens

Segera Habis Kontrak, Deretan Fakta MAMAMOO yang MengkhawatirkanWeheartit.com

Sejak diungkap ada dua anggota yang melanjutkan perpanjangan kontrak, nama Wheein dan Hwasa mulai dipertanyakan. Kedua anggota ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh agensi melakukan perpanjangan kontrak, seperti dua anggota lainnya. 

Agensi mengungkapkan, "Wheein dan Hwasa tengah melakukan diskusi yang intens dengan kami. Semua anggota MAMAMOO memiliki kasih sayang dan kebanggaan yang besar untuk penggemar mereka. Oleh karena itu, kami mengharapkan hasil yang baik pula untuk kedua anggota ini"

Netizen berharap MAMAMOO tidak bubar

Segera Habis Kontrak, Deretan Fakta MAMAMOO yang MengkhawatirkanSoompi.com

Masih dalam tahap diskusi yang intensi dengan dua anggota lainnya, para penggemar dan netizen turut berharap agar MAMAMOO tidak bubar dan bisa melanjutkan karier mereka secara bersama-sama. 

Melihat banyaknya grup Kpop yang bubar membuat Moo Moo (sebutan penggemar MAMAMOO) diterpa rasa khawatir akan nasib grup mereka. Berbagai reaksi pun bermunculan dari netizen sejak kontrak MAMAMOO akan segera berakhir. 

"Sebuah grup perempuan umumnya memiliki masa kejayaan yang singkat, namun pengaruh MAMAMOO di blantika musik Kpop sungguh kuat dan semakin bertumbuh."

"MAMAMOO merupakan salah satu tim yang hampir semua anggota menonjol dengan kemampuan masing-masing. Setiap anggota punya pesonanya tersendiri, mereka akan bertambah besar dan bersinar jika bersama-sama."

Meski masih ada dua anggota yang berdiskusi, keberadaan MAMAMOO di dunia Kpop masih dinantikan oleh penggemar untuk bisa terus berkarya. Semoga hasil akhir diskusi di antara dua anggota MAMAMOO dan agensi berakhir dengan keuntungan di kedua belah pihak, ya, Bela. 

Baca Juga: Sempat Bubar, 8 Grup KPop Generasi Pertama Ini Reuni Kembali

Baca Juga: Kerikil di Balik Alasan Idol Kpop Mengakhiri Kontrak Agensi

Baca Juga: 5 Kpop Idol yang Tolak Kontrak Menggiurkan Demi Pertahankan Idealisme