Sebagai artis di dunia hiburan Korea Selatan, berpenampilan menarik dan memiliki paras cantik menjadi salah satu faktor penting untuk mempertahankan eksistensi mereka dalam berkarier. 

Namun, lain halnya dengan beberapa aktris ini yang tidak hanya berpenampilan menarik dan cantik. Mereka turut memiliki segudang taleta sehingga penggemar menjulukinya sebagai all rounder

All rounder merupakan julukan untuk artis Korea Selatan yang memiliki kemampuan luar biasa, baik menyanyi maupun berakting. Faktor bakat inilah yang membuat beberapa aktris mampu naik tingkat menjadi bintang papan atas  Korea Selatan. 

Siapa saja aktris Korea Selatan yang mendapat julukan all rounder? Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Yoona 'SNSD'

Bisa Nyanyi Hingga Akting, 6 Aktris Korea Ini Dijuluki All RounderBerbagai sumber

Memulai kariernya sebagai anggota SNSD di bawah naungan SM Entertainment, Yoona secara bertahap memiliki penggemar yang sangat setia terhadapnya sepanjang kariernya. Ada banyak bakat yang membuat penggemar ngefans dengan salah satu anggota SNSD ini, selain kemampuan menyanyi dan menarinya di atas panggung.

Yoona dikenal sebagai aktris yang mau mempelajari hal-hal baru, pekerja keras, dan cepat menguasai suatu hal. Bahkan, ia memiliki sertifikasi bahasa Mandarin tingkat menengah dan memanfaatkan waktu istirahatnya dengan belajar membuat kue. Tak hanya itu, Yoona juga telah menorehkan banyak prestasi membanggakan di bidang akting. 

Yoona juga membuktikan dirinya sebagai pengisi acara yang hebat untuk acara penghargaan di Korea Selatan dan minim dengan skandal miring yang biasanya menerpa para aktris di saat puncak popularitasnya. 

Dengan kata lain, Yoona telah mengubah pandangan publik tentang artis Korea Selatan yang hanya bermodalkan paras cantik semata. Tak mengherankan, apabila Yoona pantas mendapatkan julukan all rounder di dunia hiburan Korea Selatan. 

2. Bae Suzy

Bisa Nyanyi Hingga Akting, 6 Aktris Korea Ini Dijuluki All RounderBerbagai sumber

Memiliki awal karier yang mirip dengan Yoona, Suzy sudah terjun ke dunia hiburan Korea Selatan sejak lama. Dulunya, Suzy pernah menjadi model iklan online shop hingga dirinya direkrut agensi untuk debut bersama Miss A pada 2010 silam. 

Seusai debut, Suzy sangat aktif tampil di layar kaca. Ia secara mengesankan menjadi artis Korea Selatan pertama yang meraih penghargaan di berbagai bidang, termasuk menyanyi, drama, film, hingga pertunjukan hiburan. Paras cantiknya juga membawa Suzy meraih gelar nasional, yakni Nation's First Love. 

Hingga saat ini, Suzy terus mengejar kariernya di dunia akting setelah Miss A dibubarkan pada tahun 2017 dan sukses memerankan karakter Seo Dal Mi di drama Korea, Start Up bersama Nam Joo Hyuk dan Kim Seon Ho. 

Tentu saja, Suzy telah menjelma sebagai aktris yang populer di dunia hiburan Korea Selatan. Ia selalu masuk daftar teratas setiap tahunnya sebagai aktris yang menerima banyak kerja sama dengan berbagai merek mewah. Di usianya yang sangat muda, Suzy mampu menantang dirinya untuk mencoba hal baru dan menerima kesuksesan besar di setiap bidang.

3. Park Shin Hye

Bisa Nyanyi Hingga Akting, 6 Aktris Korea Ini Dijuluki All RounderBerbagai sumber

Dikonfirmasi tengah hamil dan segera menikah, reputasi Park Shin Hye di dunia hiburan Korea Selatan memang tak terbantahkan. Ia sukses memainkan karakter dengan penjiwaan yang natural dan mendalam. Drama atau film yang Park Shin Hye kerap memperoleh rating tinggi, seperti The Heirs. 

Meski lebih aktif di dunia akting, sebenarnya Park Shin Hye dulunya merupakan seorang trainee di salah satu agensi dan dilatih untuk tujuan debut sebagai bintang idola. Namun, Park Shin Hye menyadari bahwa bakatnya bukan berada di atas panggung. Hingga akhirnya, ia memilih untuk fokus di dunia seni peran yang mengantarkannya menjadi aktris populer dan meraih banyak penghargaan. 

Selain memiliki bakat di bidang akting, tetapi Park Shin Hye juga bisa memainkan sejumlah alat musik yakni piano, gitar, hingga alat musik tradisional Korea. Dengan bakat serba bisanya ini, pantas rasanya jika publik menjuluki Park Shin Hye sebagai all rounder. 

4. Lee Sung Kyung

Bisa Nyanyi Hingga Akting, 6 Aktris Korea Ini Dijuluki All RounderBerbagai sumber

Pemiliki kaki jenjang dan berkepribadian jenaka ini memulai kariernya di dunia hiburan Korea Selatan sebagai seorang modal. Pada tahun 2014, Lee Sung Kyung terjun ke dunia akting lewat peran pendukung di drama Korea, It's Okay That's Love

Peran tersebut menarik perhatian berbagai produser drama dan didapuk memainkan karakter utama menggemaskan di drama Korea, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Kemudian, berlanjut ke drama Korea, Dr. Romantic 2 sebagai Cha Eun Jae. 

Lee Sung Kyung membuktikan bakatnya di berbagai bidang, dari dunia model hingga aktris paling sukses di Korea Selatan. Ia juga terkenal dengan suara merdunya saat melakukan cover lagu dari "A Whole New World", yang merupakan soundtrack dari film Aladin.  Secara keseluruhan, Lee Sung Kyung adalah 'permata' yang direkrut YG Entertaiment dengan bakat luar biasa dan memiliki visual yang sangat sempurna. 

5. IU

Bisa Nyanyi Hingga Akting, 6 Aktris Korea Ini Dijuluki All RounderBerbagai sumber

IU telah merasakan pahit dan manisnya kehidupan. Ia debut sebagai bintang idola di usia 15 tahun, namun berhasil mencuri perhatian penikmat Kpop dengan lagu hitsnya berjudul "Good Days" di tahun 2010 silam. 

Setahun kemudian, IU bergabung dengan para pemeran di drama Korea musikal berjudul Dream High. Debut aktingnya itu masih membekas di hati penggemar hingga saat ini. Ia secara aktif bergantian melakukan aktivitas bernyanyi dan berakting dengan sama baiknya. 

Meski sempat menerima komentar negatif, IU tak letih memperbaiki kualitas dirinya. Dalam hal menyanyi, IU masuk jajaran solois top di dunia hiburan Korea Selatan. Lagu-lagunya juga selalu mendominasi semua tangga lagu musik Korea setiap kali IU merilis single atau album terbaru.

Tak salah jika karier IU di berbagai bidang terus bertahan hingga saat ini melihat kemampuannya yang sangat luar biasa dalam membagi waktu dan menjaga kesehatan di tengah aktivitas padatnya. 

6. Kim Go Eun

Bisa Nyanyi Hingga Akting, 6 Aktris Korea Ini Dijuluki All RounderBerbagai sumber

Film A Muse pada tahun 2012 menjadi batu loncatan sempurna bagi Kim Go Eun untuk memasuki dunia hiburan Korea Selatan. Ia tidak hanya berbakat di dunia seni peran dan berpenampilan menarik, namun Kim Go Eun juga pandai bernyanyi. 

Kemampuan vokal di bidang tarik suara dibuktikan Kim Go Eun lewat single debutnya berjudul “I Am… & I Am” pada tahun 2015. Ia juga pernah mengisi soundtrack drama Cheese In The Trap di mana dirinya berperan sebagai pemeran utama di taun 2016. 

Sama seperti Yoona 'SNSD', Kim Go Eun juga fasih berbahasa Mandarin. Ia pernah tinggal di Beijing bersama orang tuanya selama 10 tahun sejak usia empat tahun. Selain bahasa Mandarin, Kim Go Eun juga cukup fasih berbahasa Inggris. Dengan kemampuannya tersebut, ia menjadi aktris yang masih dicari oleh beberapa merek ternama dan sering menghiasi sampul majalah Korea. Terakhir, paras ayu Kim Go Eun menjadi sampul majalah Dazed & Confused edisi Desember 2021. 

Itulah alasan mengapa para aktris Korea ini dijuluki all rounder dan mampu mempertahankan popularitas mereka di dunia hiburan Korea Selatan, meski banyak aktris pendatang baru yang juga bersinar. Apakah ada aktris favoritmu, Bela?

Baca Juga: Depresi Hingga Kelelahan, 7 Artis Korea Ini Terlalu Mendalami Peran

Baca Juga: 11 Selebriti Korea ini Pernah Terciduk Sedang Merokok, Ada Lee Min Ho!

Baca Juga: 8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Model