Menjadi superstar di Korea dan Internasional, kehidupan anggota BTS tak pernah luput dari sorotan media. Apa pun yang mereka lakukan selalu menjadi topik pembicaraan, baik dari sisi prestasi, kontroversi, asmara, hingga kepribadian.

Dari sekian banyak topik hangat, kepribadian asli dari anggota BTS inilah yang membuat penggemar penasaran. Adakalanya, mereka yang berprofesi sebagai publik figur 'dicap' memiliki kepribadian 'fiktif'  buatan agensi. Benarkah demikian? 

Menjawab rasa penasaran penggemar, BTS baru saja merilis video bertajuk BTS MBTI Lab 1 yang diunggah di kanal YouTube resmi mereka, BANGTANTV. Dalam video tersebut, mereka mengikuti tes MBTI untuk mengetahui perubahan kepribadian di tahun 2022. 

Tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan salah satu tes psikologis yang cukup terkenal untuk mengetahui gambaran umum kepribadian seseorang terdiri dari 16 tipe kepribadian. Lantas, seperti apa kepribadian anggota BTS di tahun 2022? Siapa yang mengalami banyak perubahan? Intip tipe kepribadiannya di bawah ini.

1. RM

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Twitter.com/btsarmycasa

Saat pertama kali mengikuti tes MBTI pada tahun 2017, RM adalah seorang INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, dan Perceiving). Kepribadian tersebut merupakan sosok pendiam, mudah berempati, kreatif, imajinatif, dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar

Namun, tipe kepribadian RM berubah sedikit ke arah ENFP sekitar tahun 2020. Hasil kepribadian tersebut tidak mengalami perubahan di tahun 2022. RM mengkukuhkan dirinya sebagai seorang ENFP (Ekstraverted, Intuitive, Feeling, dan Perceiving) sejati yang mempunyai karakteristik penuh semangat, imajinatif, fleksibel, proaktif, dan percaya diri. 

Hal tersebut ada semua dalam diri RM yang semakin membuktikan kualitasnya sebagai seorang pemimpin dan musisi. Sementara dari sisi asmara, orang ENFP menjalani hubungan dengan optimis dan menerima segala sesuatu tentang pasangan tanpa syarat.

2. Jin

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Berbagai sumber

Tahun 2017, tipe kepribadian anggota tertua BTS ini adalah INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, dan Perceiving) atau dijuluki dengan sebutan ahli logika. INTP adalah salah satu kepribadian paling langka dan hanya 3% orang yang memilikinya. Tipe kepribadian ini digambarkan sebagai sosok yang cerdas, optimis, dan rasional. 

Tipe kepribadian Jin di tahun 2022 sama sekali tidak berubah sejak pertama kali dites. Ia tetap seorang INTP sejati yang mudah beradaptasi, logis, mempunyai pembawaan yang tenang, kritis, analitis, fokus, namun dapat skeptis terhadap suatu hal. 

Dari sisi asmara, orang INTP akan terlihat sebagai pendiam saat pertemuan pertama. Namun, ia dapat menampilkan sisi yang menyenangkan dan kreatif pada pertemuan berikutnya. Mereka dapat menemukan cara tak terduga yang membuat pasangan merasa diperlakukan dengan istimewa. 

3. Suga

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Twitter.com/btsarmycasa

Awalnya, tipe kepribadian Suga sama dengan tipe kepribadian awal RM, yakni INFP. Namun, berubah menjadi INTP saat tes MBTI berikutnya, kepribadian tersebut sama dengan Jin.

Tetapi, hasil kepribadian Suga mengalami perubahan sedikit di tahun 2022. Ia menjadi seorang ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, dan Perceiving) atau kerap dijuluki sebagai 'Si Mekanik' atau 'Si Pengrajin'.

Karakter tersebut menggambarkan seseorang yang dermawan, flesikbel, efisien, dan pengamat. Hal ini tercermin lewat tindakan Suga yang sering memperhatikan kebutuhan dan membantu para anggota lain. Ia juga sering berdonasi ke yayasan sosial dengan jumlah yang cukup fantastis. 

Jika dilihat dari sisi romantisnya, sosok ISTP ini membutuhkan ruang lebih saat menjalin sebuah hubungan yang serius, tidak memaksakan kehendak, penuh gairah dan kejutan, serta menikmati kenyamanan bersama pasangan. 

4. J-Hope

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Twitter.com/btsarmycasa

Pertama kali tes MBTI, J-Hope memiliki tipe kepribadian ESFJ (Extraverted, Sensing, Feeling, dan Judging) atau disebut sebagai 'Si Konsul'. Mereka adalah karakter yang memancarkan energi positif ke orang-orang sekitar, panutan, menggunakan popularitas yang dimiliki untuk kebaikan, hingga senang merencanakan kegiatan sosial.

Namun, perubahan besar terjadi di kepribadian J-Hope tahun 2022. Ia beralih dari ESFJ menjadi INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judjing). Tipe kepribadian ini dikenal sebagai sosok yang pengertian, mempunyai prinsip yang kuat, dan terorganisir. 

Saat menjalin hubungan, tipe INFJ mendambakan chemistry yang kuat dan mendalam, hangat, peduli, menganggap serius cinta, mencari cara untuk memperkuat hubungan asmara, dan jujur. 

5. Jimin

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Twitter.com/btsarmycasa

Tes MBTI pertama, tipe kepribadian Jimin adalah ENFJ (Ekstraverted, Intuitive, Feeling, dan Judging) yang dideskripsikan sebagai sosok yang hangat, penuh kasih, setia, karismatik, ramah, senang mengarahkan orang lain untuk menjadi lebih baik, sadar akan perasaan mereka sendiri, namun sedikit sensitif. 

Di tahun 2022, hasil tes MBTI terbaru Jimin berubah menjadi ESTP (Extraverted, Sensing, Thinking, dan Perceiving) yang dikenal sebagai pribadi jenaka, senang menjadi pusat perhatian, menyukai tantangan, toleran, realistis, dan fleksibel. 

Secara kasat mata, Jimin cocok dengan karakteristik tersebut karena ia dikenal sebagai sosok yang aktif dan spontan dalam berbagai hal. Berbicara asmara, orang ESTP senang memberikan banyak hadiah ke pasangan, bersedia meluangkan waktu untuk bersama, namun cenderung mudah bosan kecuali mereka sudah menemukan pasangan sejatinya. 

6. V

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Twitter.com/btsarmycasa

V juga menjadi anggota hasil MBTI-nya berubah. Tahun 2017, hasil tes MBTI V sama dengan RM, yakni ENFP yang berjiwa bebas, menawan, dan mudah bergaul. 

Namun, V menyadari ia bukan lagi seorang ENFP melainkan INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, dan Perceiving) pada hasil tes MBTI terbarunya tahun 2022. INFP dikenal idealis, mudah beradaptasi, punya rasa ingin tahu yang besar, dan fleksibel. 

Ketika orang INFP jatuh cinta, ia akan menjaga kesetiaan, punya komitmen yang luar biasa, semangat dalam mengejar hubungan yang sempurna, dan memanfaatkan sisi kreativitas untuk memberikan perhatian ke pasangan. 

7. Jungkook

Alami Banyak Perubahan, Ini Hasil Tes MBTI Anggota BTS Tahun 2022Twitter.com/btsarmycasa

Mulai Oktober 2020, sang Golden Maknae bukan lagi seorang INFP melainkan ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, dan Perceiving). Biasanya, tipe kepribadian ini digambarkan sebagai pribadi yang cinta damai, pendima, dan santai. 

Namun, hasil tes MBTI Jungkook berubah sedikit ke arah INTP. Tipe kepribadian yang sama dengan anggota tertua BTS, Jin. Meski anggota termuda di grup, tetapi Jungkook sering menunjukkan karakternya yang logis, fokus, tenang, kritis, analitis, dan sedikit skeptis. 

Jika dalam sebuah hubungan, perlakuan Jungkook kurang lebih sama dengan Jin yang menampilkan sisi menyenangkan mereka di pertemuan berikutnya dan punya cara cerdas untuk memberikan kejutan kepada pasangan. 

Akhirnya, sudah nggak penasaran lagi dengan hasil MBTI para anggota BTS di tahun 2022 ini. Kamu sendiri sudah pernah coba tes MBTI, Bela? Share di kolom komentar, ya

https://www.youtube.com/embed/pGX-Qgppy9k

Baca Juga: Sudah Pernah Coba MBTI? Cek Kepribadian Kamu Lewat Tes Psikologi Ini

Baca Juga: Sudah Rilis, Psy & Suga BTS Jadi Koboi Eksentrik Dalam MV "That That"

Baca Juga: Dari Hasil Lukisan, Kepribadian Masing-Masing Anggota BTS Terbongkar