Pada 4 Juli 2022, Nayeon 'TWICE' baru saja mengukir prestasi membanggakan. "POP!" menjadi lagu solo yang masuk Top 10 Billboard 200 di posisi ke-7. Tangga lagu tersebut merupakan peringkat mingguan album terpopuler di Amerika Serikat. 

Prestasi ini menandakan debut Nayeon 'TWICE' sebagai solois K-pop pertama dalam sejarah yang berhasil masuk ke peringkat 10 besar di Billboard Top 200 Albums. Tak hanya itu, lagu "POP!" juga menuai prestasi lain seperti viral di Instagram dan TikTok. 

Sebelum memulai debut solonya, Nayeon melalui perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan. Tidak semua orang mengetahui hal itu, nyawanya pun sempat terancam karena satu dan lain hal.

Dengan prestasi luar biasa ini, perjuangan apa yang Nayeon lalui untuk bisa melangkah sebagai solois? Yuk, kenalan lebih dalam dengan solois Nayeon, sekaligus anggota dari grup TWICE ini.

1. Butuh waktu 7 tahun untuk bersolo karier

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/nayeonyny

Mungkin banyak publik mengira jika Nayeon memulai debut solonya dalam waktu singkat. Sebenarnya, butuh waktu sekitar 7 tahun untuk menampilkan sisi lain dari Nayeon sebagai solois lewat lagu "POP!".

Lahir pada 22 September 1995, Nayeon menjadi anggota pertama TWICE yang merilis lagu solo. Ia dikenal sebagai sosok ceria dan mengambil posisi vokal utama, penari utama, centre, dan face of grup di TWICE. 

2. Sempat dipersiapkan debut bersama 6MIX

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/nayeonyny

Nayeon mengikuti audisi JYP Entertaiment dan menjalani trainee sejak September 2010. Saat itu, ia sempat dipersiapkan debut bersama 6MIX terdiri dari Lena, Cecilia, Jeongyeon, Jihyo, Minyoung dan dirinya.

Tetapi, satu per satu anggota 6MIX keluar dengan alasan ingin bersolo karier dan salah satunya tereleminasi di ajang SIXTEEN. Anggota di grup tersebut hanya tersisa Nayoen, Jeongyeon, dan Jihyo. 

Berkurangnya jumlah anggota 6MIX membuat grup ini terpaksa dibubarkan pada 2014 dan Nayeon kembali ikut berkompetisi di acara SIXTEEN, ajang pencarian bakat yang diadakan oleh JYP Entertainment. 

3. Muncul di berbagai video musik dan iklan

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/twicetagram

Sejak mengikuti ajang kompetisi SIXTEEN, Nayeon sudah memiliki bakat menari dan olah vokal yang cukup mengesankan. Tidak mengherankan, apabila anggota tertua dari grup TWICE ini masuk ke grup Major saat pembagian grup. 

Memang, Nayeon terlahir dari keluarga dengan darah seni yang cukup kental. Ibu Nayeon merupakan seorang aktris bernama Lee Sang Ah. Saat keterima audisi, ia menjadi trainee paling populer di JYP Entertaiment. 

Visual menggemaskannya membuat Nayoen sering tampil di berbagai musik video dan iklan komersial. Ia pernah muncul di musik video milik Jun.K '2PM' berjudul "No Love", GOT7 di lagu "Girls Girls Girls" dan "Only You" dari Miss A. Ia juga memulai debut akting di episode ke-2 dalam drama Korea, Dream High 2 pada 2012 silam.  

4. Idol perempuan dengan popularitas tertinggi

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/nayeonyny

Dengan penampilan memesona dan imut seperti kelinci putih, Nayeon masuk ke dalam 6 besar idola perempuan terpopuler dalam survei musik tahunan yang diadakan oleh Gallup Korea selama 2 tahun berturut-turut (2017 - 2018). 

Nayeon juga sering dipilih JYP Entertainment sebagai anggota yang sering membuka lagu di atas panggung. JYP sendiri sangat percaya dengan kemampuan Nayeon. Saat TWICE akan debut, Nayeon menjadi anggota pertama yang diungkap oleh agensi.

5. Nyawanya terancam karena sasaeng fans

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/twicetagram

Saking populernya, Nayeon harus berhadapan dengan sasaeng fans bernama Josh. Pada Oktober 2019, Josh pertama kali datang di Korea Selatan dan berusaha bertemu langsung dengan Nayeon. 

Namun, rencana pertama Josh gagal dan ia pulang ke Jerman. Kemudian pada Desember 2019, Josh kembali lagi Korea dengan aksi yang lebih nekat. Ia menginap berhari-hari di daerah Cheongdam-dong, yang disinyalir merupakan tempat tinggal Nayeon. 

Tak sampai di situ, Josh juga mengirim pesan jika Nayeon berkencan dengan seseorang dan mengabaikannya. Maka, ia akan membunuh Nayeon dengan tangannya sendiri. Merasa nyawa Nayeon terancam, JYP melindungi para anggota TWICE dengan jam tangan pintar yang dapat mendeteksi lokasi dan tombol darurat hingga perlindungan polisi Korea. 

6. Pernah dituding sebagai anggota yang arogan

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/twicetagram

Label Nayeon sebagai anggota arogan bermula dari ucapan kontroversinya di konser TWICELAND ZONE 2: Fantasy Park di Seoul, Korea Selatan pada 20 Mei 2018. Saat itu, ia mengatakan bahwa ia bisa berada di peringkat pertama. Sedangkan, dua anggota lain berada di posisi 8 dan 9. 

Nayeon memberi saran agar mereka berusaha keras untuk mendapatkan peringkat lebih baik. Sayangnya, pernyataan Nayeon memicu amarah penggemar kedua anggota itu. Mereka menilai jika Nayeon memiliki hubungan tidak baik dengan kedua anggota TWICE. 

Bahkan, ada momen saat Nayeon dituduh merendahkan maknae TWICE karena memiliki masa pelatihan paling singkat. Ia juga pernah tertangkap kamera dengan ekspresi kesal saat melihat salah satu anggota grup melakukan aksi aegyo (imut). 

7. Sering menerima kritikan luar biasa dari publik

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/twicetagram

Cantik dan berbakat tidak membuat Nayeon lepas dari hujatan publik. Malahan, ia menjadi anggota yang sering menerima kritikan luar biasa tentang ekspresinya. Pada 30 Juni lalu, Nayeon mencurhatkan isi hatinya di acara Yongjin Health Center

"Saya menerima banyak kesalahpahaman dari banyak orang saat pertama kali debut. Lagu kami berkonsep ceria. Aku terlihat cerah di atas panggung, namun aku menerima kritikan saat berada di ruang tunggu. Aku dicap sebagai idol tanpa ekspresi," aku Nayeon.

Nayeon menambahkan bahwa ia tidak peduli dengan pendapat orang lain. Namun, kritikan itu sering membuatnya merasa sesak. Ia mengatakan bahwa ia bukan tipikal orang yang buruk dan dingin, tetapi ia butuh sedikit waktu untuk bisa luwes dalam berinteraksi.  

8. Mencetak banyak prestasi lewat lagu "POP!"

8 Kisah Tak Terungkap Nayeon 'TWICE', Masuk Top 10 Billboard 200Instagram.com/Nayeonyny

Walau melewati jalan panjang dan dituduh berbagai hal, Nayeon membuktikan kualitasnya sebagai penyanyi. Tak hanya masuk Top 10 Billboard 200, tetapi mini album IM NAYEON juga menjadi album terlaris minggu ini di Amerika Serikat. 

Berdasarkan data Luminate, mini album memperoleh total penjualan mencapai 57.000 keping kopi di minggu ini. Saat pra-penjualan dibuka, mini album Nayeon mengantongi penjualan lebih dari 500.000 keping kopi pada 23 Juni 2022. 

Lalu 25 Juni 2022, mini album Nayeon sukses bertengger di posisi puncak tangga lagu iTunes Top Album di 16 negara, termasuk Brazil, Hong Kong, Spanyol, hingga Vietnam. Ditambah dengan prestasi lain di Spotify, lagu "POP!" sukses memperoleh lebih dari 23.6 juta streaming di minggu pertama perilisan. 

Lagu ini menjadi salah satu album dari artis K-Pop dengan jumlah streaming terbanyak tahun 2022, setelah album "Proof" milik BTS, "ODDINARY" karya Stray Kids, dan "Minosode 2 2 Thursday's Child" dari TXT.

"Pop!" adalah lagu pop-dance yang sangat ceria, memiliki pesona unik, dan menyegarkan seperi Nayeon. Komposer dan produser terkenal, Kenzie, Hayden Chapman, dan LDN Noise turut berpartisipasi dalam proses pembuatan lagu solo Nayeon. 

Keren, ya, Bela. Selamat buat Nayeon atas debut solo dan prestasi baru yang dicetaknya. 

https://www.youtube.com/embed/f6YDKF0LVWw

Baca Juga: Langsung Verified, Semua Member TWICE Buka Akun Instagram Pribadinya

Baca Juga: ONCE Dibuat Cemas, Tagar #ProtectNayeon Viral di Media Sosial

Baca Juga: Beri Efek Jera, 5 Cara Keren Idol Kpop Melawan Sasaeng Fans