Berprofesi sebagai idol K-pop memang dituntut untuk berbakat di berbagai bidang dalam industri hiburan Korea Selatan. Seperti model, pembawa acara, hingga akting. Ada banyak idol K-Pop yang memulai kariernya di dunia akting dan menuai pujian dari publik. 

Idol K-Pop yang sukses debut akting, diakui oleh publik memiliki bakat yang tidak kalah mengesankan dari para aktor atau aktris Korea Selatan. Namun, tidak semua idol K-Pop bernasib baik, ada pula idol yang bernasib kurang beruntung saat debut akting. 

Kontroversi menjadi salah satu penyebab idol K-Pop bernasib buruk di debut aktingnya. Lantas, siapa saja idol K-Pop yang nasibnya kurang beruntung ketika memulai karier di dunia akting? Berikut daftar lengkapnya.  

1. Jisoo 'BLACKPINK'

5 Idol K-Pop Ini Bernasib Kurang Beruntung Saat Debut AktingNme.com

Ketiga dari empat anggota BLACKPINK telah memulai debut solonya dan menuai kesuksesan besar. Jika anggota lain merilis album, maka Jisoo secara resmi memulai debutnya sebagai aktris di drama Korea Snowdrop

Jisoo 'BLACKPINK' memerankan Eun Young Ro, karakter utama perempuan di Snowdrop. Ia dipasangkan dengan aktor ternama Jung Hae In yang berperan sebagai Im Soo Ho. Sejak dikabarkan debut akting, penggemar sangat menantikan akting pertama Jisoo di drama Korea tersebut. 

Namun, Jisoo 'BLACKPINK' bernasib kurang beruntung saat memulai karier aktingnya. Penayangan Snowdrop dipermasalahkan oleh warganet Korea Selatan sejak Maret lalu dan menghadapi tuntutan pembatalan karena tanda tangan petisi mencapai lebih dari 250.000 orang. 

Jisoo 'BLACKPINK' juga dikritik karena aktingnya yang buruk. Penggemar Internasional juga menyalahkan agensi, karena tidak hati-hati dalam memilih naskah drama untuk debut akting sang idola. 

2. Jaehyun 'NCT'

5 Idol K-Pop Ini Bernasib Kurang Beruntung Saat Debut AktingSoompi.com

Sebagai salah satu anggota NCT, kabar debut akting Jaehyun sempat membuat heboh penggemar. Banyak penggemar berharap dapat melihat akting Jaehyun di tahun 2021 bersama deretan aktor-aktris muda lainnya. 

Jaehyun digaet sebagai pemeran utama dari tim produksi Dear.M. Namun, nasib kurang beruntung menghampiri Jaehyun saat drama tersebut akan ditayangkan. Insiden perundungan yang melibatkan pemeran utama perempuan, membuat Dear.M mengalami penundaan hingga batas waktu yang tidak tentukan. 

Tentu saja, penundaan Dear.M berdampak besar pada debut akting Jaehyun. Padahal, ia telah menjalani proses syuting di tengah aktivitasnya yang cukup padat bersama NCT. Memiliki akhir kurang baik dengan Dear.M, akhirnya Jaehyun dilirik bermain dalam proyek terbaru berjudul Bungee Jumping of Their Own sebagai Im Hyun Bin. 

Namun lagi-lagi, karier Jaehyun di dunia seni peran memang tak semulus kariernya sebagai penyanyi di NCT. Bungee Jumping Of Their Own resmi dibatalkan karena kekhawatiran sang penulis naskah. 

3. Irene 'Red Velvet'

5 Idol K-Pop Ini Bernasib Kurang Beruntung Saat Debut AktingSoompi.com

Terkenal dengan visualnya yang indah, Irene 'Red Velvet' memulai debut akting di film Double Patty sebagai pemeran utama perempuan bernama Lee Hyun Ji. Penampilan akting pertama Irene 'Red Velvet' disambut antusias oleh para penggemarnya. 

Namun, saat syuting film selesai dan akan dirilis, Irene 'Red Velvet' diterpa kontroversi karena sikap buruknya terhadap seorang staf. Kemudian, ia meminta maaf secara tulus dan menangguhkan aktivitasnya sementara waktu demi merenungkan kesalahan. 

Akibatnya, perilisan film Double Patty ditunda hingga kontroversi yang melibatkan Irene mereda. Beruntung, saat Double Patty resmi dirilis, akting Irene di film tersebut tidak mengecewakan dan menerima ulasan positif dari penonton.  

4. Kim Yohan eks 'X1'

5 Idol K-Pop Ini Bernasib Kurang Beruntung Saat Debut AktingSoompi.com

Memenangkan posisi center di ajang pencarian bakat Produce X 101, Kim Yohan harus menerima nasib kurang beruntung yang terus menghantuinya di dunia hiburan Korea Selatan. Saat itu, Kim Yohan gagal debut dengan X1 karena grup tersebut dibubarkan.

Setelah itu, ia digaet menjadi pemeran utama pria dalam drama Korea School 2020. Namun, saat proses syuting akan berjalan, aktris utama keluar secara mendadak karena konflik dengan produser dan menghentikan syuting drama Korea tersebut. 

Lantaran penayangan School 2020, Kim Yohan membuat debut aktingnya di drama remake berjudul A Love So Beautiful (2020-2021). Namun, akting Kim Yohan menerima banyak komentar negatif karena kemampuan aktingnya. 

Walaupun debut aktingnya kurang mulus, tetapi Kim Yohan berhasil memerankan karakter utama di School 2021 yang tayang pada 17 November 2021 dan kembali debut bersama grup barunya, WEi.  

5. Nancy 'MOMOLAND'

5 Idol K-Pop Ini Bernasib Kurang Beruntung Saat Debut AktingAfamily.vn

Selain aktif bernyanyi di atas panggung, Nancy 'MOMOLAND' juga memiliki bakat terpendam di dunia seni peran. Ia pernah terjun berakting pada 2018 lalu dalam drama Korea Dae Jang Geum Is Watching dan memerankan karakter pendukung. 

Namun, dunia akting belum sepenuhnya berpihak pada Nancy. Ia menerima banyak kritikan saat debut akting di Dae Jang Geum Is Watching. Kendati demikian, Nancy tidak menyerah untuk meningkat kemampuannya di bidang akting.

Ia kembali berakting di web drama Some Light dan Blue Student Council untuk pasar Jepang. Tetapi, aktingnya belum menerima ulasan positif dari warganet dan proyek film Nancy untuk pasar Filipina juga mengalami penundaaan karena situasi pandemi COVID-19. 

Itulah deretan idol K-Pop yang nasibnya kurang beruntung saat memulai debut akting. Semoga di tahun mendatang, para idol ini dapat bersinar di dunia seni peran seperti senior mereka, ya. Siapa idol K-Pop yang paling kamu nantikan aktingnya di tahun 2022, Bela? 

Baca Juga: Awalnya Diacuhkan, 5 Idol K-Pop Ini Malah Makin Populer

Baca Juga: 20 Idol K-Pop Paling Banyak Dicari di Google Tahun 2021

Baca Juga: Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal Debut