Memiliki berbagai genre dan alur cerita yang bervariasi, membuat drama Korea digemari oleh berbagai kalangan. Tak hanya itu, drama Korea biasanya menggunakan istilah ilmu pengetahuan yang bisa menambah wawasan. 

Nggak heran, kalau drama Korea ini dapat dijadikan inspirasi atau motivasi dalam menentukan jurusan kuliah atau profesi yang diinginkan. Dengan menonton drama Korea ini, kamu bisa lebih yakin dengan apa yang dipilih nantinya, dari segi jurusan atau profesi. 

Buat memantapkan hati, ada beberapa rekomendasi drama Korea sesuai jurusan kuliah yang bisa kamu tonton. Ada apa saja? 

1. Law School (2021)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Dibintangi oleh Kim Bum, Go Yoon Jung, dan Ryu Hye Young, drama Korea Law School menghadirkan kisah tentang insiden mengeringkan yang terjadi di Universitas Hankuk. Insiden tersebut menyeret sejumlah mahasiswa dan profesor hukum. Tayang setiap Rabu dan Kamis, pukul 21:00 KST. 

Menariknya, isi cerita dari drama Law School ini banyak memakai istilah hukum yang kurang familiar di telinga masyakarat umum, sehingga drama tersebut bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi yang berminat masuk ke jurusan hukum dan bercita-cita menjadi seorang jaksa atau pengacara. 

2. Mouse (2021)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Berpusat pada kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang psikopat cerdas, membuat drama Mouse dengan para aktor Lee Seung Gi, Park Joo Hyun, Kwon Hwa Woon, Lee Hee Joon, dan Kyung Soo Jin sukses menembus rating tertinggi sepanjang penayangan. 

Namun di balik kisah thriller yang disajikan, drama Mouse banyak menghadirkan sudut pandang mengenai olah tempat kejadian perkara (TKP) hingga cara berpikir seorang pelaku dalam memburu korbannya.

Sering memakai istilah forensik, drama ini cocok buat yang ingin masuk ke jurusan psikologi kriminal, karena bakal berhubungan dengan berbagai kasus kejahatan dan bekerja sama dengan pihak kepolisian.

3. Hush (2020)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Drama ini mengangkat kisah tentang seorang perempuan bernama Lee Ji Soo, yang melamar kerja sebagai seorang reporter di perusahaan media. Melalui drama yang dibintangi oleh Yoona 'SNSD, Hwang Jung Min, Kyung Soo Jin, dan Kim Jae Chul ini, kamu akan melihat realita para pekerja media.

Tak hanya itu, kamu juga akan semakin mengenal tentang dunia Jurnalistik. Tertantang untuk mendalami ilmu Jurnalistik dan bercita-cita sebagai seorang reporter pemberani seperti Lee Ji Soo, drama Hush bisa menjadi daftar tontonan yang menarik. 

4. Start-Up (2020)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Mengambil latar di SandBox, Silicon Valley a la Korea Selatan, drama yang dibintangi oleh Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kim Seon Ho ini mengisahkan kehidupan pekerja di perusahaan rintisan atau Start-Up.

Masing-masing karakter berjuang untuk meraih mimpinya, seperti Seo Dal Mi (Suzy) yang bertekad mengikuti jejak sang ayah dalam membangun sebuah bisnis. Sementara, Nam Do San (Nam Joo Hyuk) seorang laki-laki muda dan menjadi pendiri Samsan Tech bersama kedua sahabatnya. Ia dikenal memiliki keahlian di bidang komputer. 

Mereka bertemu di hackathon (pekan retas) yang diadakan oleh SandBox dan menjadi satu tim. Di sana, tim Seo Dal Mi dibimbing oleh seorang mentor, Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) hingga menjadi perusahaan yang berkembang pesat. 

Memiliki banyak adegan dan skrip di bidang bisnis, drama Start Up bisa kamu jadikan referensi untuk yang berminat kuliah di jurusan Manajemen Bisnis atau Teknik Informatika. Tidak menutup kemungkinan, kamu bisa menjadi penerus Pak Han atau Nam Do San, kan? 

5. It's Okay Not to Be Okay (2020)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Diperankan oleh Seo Ye Ji, Kim So Hyun, dan Oh Jung Sae, It's Okat Not to Be Okay menggambarkan seorang penulis cerita anak bernama Go Moon Young. Ia dideskripsikan sebagai sosok perempuan berkepribadian dingin dan memiliki masa lalu yang kelam. 

Pertemuannya dengan seorang terapis, Moon Gang Tae membuat kepribadian Go Moon Young perlahan berubah dan turut menyembuhkan luka batin yang dipendamnya. Begitu pula yang dirasakan oleh Moon Gang Tae. 

Di drama ini pula, metode Butterfly Hug  yang sering digunakan untuk mengontrol dan meredakan emosi menjadi sangat populer. Drama It's Okay Not to Be Okay memang berkaitan erat dengan dunia psikologi, tepatnya di jurusan klinis. Kamu yang ingin berprofesi sebagai psikolog bisa menjadikan drama ini sebagai referensi.

6. Wok of Love (2018)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Bergenre komedi romantis, drama yang diperankan oleh Junho '2PM', Jung Ryeo Won dan Jang Hyuk ini, menceritakan tentang seorang koki andal, Seo Poong (Junho) yang bekerja di sebuah restoran mewah. Namun, persaingan dan perbedaan pendapat membuat Seo Poong dipecat. 

Ditambah, kehidupan rumah tangganya yang pelik membuat Seo Poong harus memulai semuanya dari bawah lagi. Langkah awalnya dimulai dengan menghidupkan kembali sebuah restoran kecil yang sepi dan dikelola oleh seorang gangster, Chil Sung (Jang Hyuk). 

Di drama Wok of Love, kamu akan melihat proses pembuatan dan cara menyajikan makanan agar terlihat estetik. Tidak hanya itu, drama ini juga memperlihatkan kerasnya profesi seorang koki dari balik dapur. Buat yang bercita-cita sebagai seorang koki atau ingin masuk kuliah perhotelan, Wok of Love bisa masuk daftar tontonan kamu, nih. 

7. Squad 38 (2016)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Berjumlah 16 episode, drama Squad 38 ini dibintangi oleh Seo In Guk, Sooyoung 'SNSD', Ma Dong Seok, dan Lee Sun Bin mengajak penonton untuk melihat cara kerja penipu dan seorang petugas pajak. Mereka saling bekerja sama demi mendapatkan uang dari orang-orang yang tidak membayar pajak. 

Drama ini menyuguhkan adegan tak terduga yang mengundang rasa penasaran, lho. Selain itu, Squad 38 juga banyak membahas tentang proses penagihan pajak dan istilah di dunia pajak. Sehingga, drama ini cocok untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan perpajakan atau ingin bekerja di bidang pajak. 

8. Gogh, The Starry Night (2016)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Hancinema.net

Berpusat pada karakter Go Ho (Kwon Yuri), seorang perempuan berparas cantik, periang dan lucu yang disukai oleh beberapa laki-laki di kantornya. Beberapa laki-laki yang menyukai Go Ho adalah Kang Tae Ho (Kim Young Kwa), Hwang Ji Hoon (Lee Ji Hoon), Oh Jung Min (Shin Jae Ha), Choi Chang Sub (Choi Dok Moon) dan Park Ji Woo (Kim Ji Hoon).

Mereka bersaing untuk mendapatkan hati Go Ho. Terlepas kisah romantis di dalamnya, namun drama Gogh, The Starry Night juga menggambarkan kehidupan pekerja seorang Account Executive dan orang-orang yang berada di belakang layar perusahaan periklanan. Sebagai seorang Account Executive, Go Ho sering tidur di kantor agar bisa menyelesaikan permintaan klien tepat waktu. 

Lewat drama ini, kamu bisa belajar banyak tentang cara dan ritme kerja sebuah perusahaan periklanan saat menangani klien. Apalagi kalau kamu tertarik ke jurusan Ilmu Komunikasi atau Ekonomi Pemasaran dan ingin mencoba profesi AE (Account Executive), drama Gogh, The Starry Night bisa menjadi pilihan untuk ditonton. 

9. Modern Farmer (2014)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Aminoapps.com

Menceritakan empat sekawan bernama Lee Min Ki (Lee Hong Gi), Kang Hyeok (Park Min Woo), Han Ki Joon (Kwak Dong Yeon), dan Yoo Han Cheol (Lee Shi Un) yang memiliki sebuah band, tetapi gagal debut. Karena kegagalan tersebut, mereka terlibat hutang dengan rentenir dan menyisakan mobil sebagai harta terakhirnya.  

Mereka pun pindah dari kota ke desa, tempat nenek Min Ki mewariskan sebidang tanah di desa Hadurok Ri seluas 400.000 m2. Di sana, mereka alih profesi dari seorang penyanyi menjadi petani di pedesaan. 

Dari drama Modern Farmer, kamu bisa melihat cara penduduk lokal memanfaatkan media sosial untuk menjangkau konsumen, memasarkan sebuah produk pertanian, hingga mengemas produk tersebut. Nggak hanya itu, kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam yang asri. Jadi, drama ini cocok banget ditonton buat yang senang belajar mengenai sistem pertanian, peternakan, hingga agrobisnis. 

10. School 2013 (2012)

10 Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Bisa Jadi Inspirasi!Thedramacorner.com

Mengambil latar belakang kehidupan anak sekolah, drama School 2013 mengisahkan tentang siswa di sekolah Seungri, tepatnya kelas 2-2 yang terkenal sebagai kelas paling bermasalah. Di kelas tersebut, mereka memiliki dua walikelas dengan sifat saling bertolak belakang, yaitu Jung In Jae (Jang Nara) dan Kang Se Chan (Daniel Choi). 

In Jae merupakan sosok guru yang peduli dan berusaha dekat murid-muridnya, meski seringkali diremehin oleh para muridnya. Sementara, Se Chan adalah tipikal guru yang cuek dan lebih mementingkan nilai, tanpa melihat permasalahan yang sedang dihadapi oleh muridnya. 

Drama School 2013 memberikan bahan referensi untuk kamu yang memiliki jiwa pendidik dan ingin menjadi seorang guru. Kamu bisa melihat perjuangan seorang guru dalam mendidik muridnya, serta proses pendekatan antara guru dan murid sehingga murid bisa percaya menceritakan masalahnya ke guru, tanpa merasa takut. 

Itulah rekomendasi drama Korea sesuai jurusan kuliah yang bisa membantu kamu untuk menentukan pilihan profesi. Dari drama di atas, jurusan atau profesi apa yang ingin kamu pilih, Bela?

Baca Juga: Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Baca Juga: Bingung Lanjut S2 di Mana? 3 Hal Kamu Dapatkan Jika Kuliah di Inggris

Baca Juga: 8 Jurusan yang Punya Tingkat Pengangguran Paling Rendah