Pandai menari dan menyanyi merupakan hal yang tidak terlepas dari sosok seorang idol K-pop. Untuk debut menjadi seorang idola, para idol perlu mengasah kemampuan mereka dengan menjadi trainee. Tidak ada batas waktu menjadi seorang trainee, bahkan ada idol yang trainee bisa sampai lima tahun, lho! 

Menjadi seorang idola adalah impian banyak orang dengan berbagai latar belakang. Setelah debut pun, mereka perlu bersaing dan menunjukkan kebolehannya, agar nama mereka selalu diingat oleh penggemar. Nah, beberapa idol ini diketahui jago olahraga. Penasaran? Inilah deretan idol yang jago olahraga, yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Key Shinee

Selain jago nyanyi, ternyata Key Shinee masuk ke dalam deretan idol yang jago olahraga, Bela. Member Shinee yang satu ini menyukai olahraga air terutama ski air. Saat masih menduduki bangku sekolah menengah pertama, Key Shinee berhasil meraih peringkat pertama dalam kompetisi nasional ski air pada tahun 2006 dan 2007.

2. Cheng Xiao WJSN

Memiliki badan yang lentur, idol asal Tiongkok ini mewakili grup WJSN untuk acara ISAC 2016 kategori rhythmic gymnastics dan berhasil menyabet medali emas. Sayangnya, pada tahun 2017 Chen Xiao harus menerima dengan lapang dada perolehan medali perunggu, karena beberapa kesalahan yang dibuatnya. Tidak hanya pandai senam ritmik, Chen Xiao juga pandai menari balet.

3. Leo VIXX

Sebelum debut menjadi idol, Leo VIXX, sempat tergabung ke dalam Tim Nasional Junior sepak bola pada tahun 2004-2007. Tidak melanjutkan kariernya sebagai atlet, Leo VIXX memutuskan untuk debut bersama boygrup VIXX, di bawah naungan Jellyfish Entertainment. Namun, kerap kali, idol yang satu ini menunjukkan kebolehannya bermain sepak bola pada acara tv yang dihadirinya.

4. Victoria f(x)

Salah satu idol yang juga andal dalam berolahraga adalah Victoria f(x), dirinya memiliki tubuh yang lentur dan atletis. Sebelum debut menjadi idol, Victoria f(x) terlebih dahulu bergabung di Beijing Dance Academy. Tidak heran, member grup f(x) ini sangat pandai menarikan tari tradisional Tiongkok.

5. Jackson GOT7

Para penggemar dari idol yang satu ini pasti sudah tahu, bahwa Jackson GOT7 merupakan mantan atlet anggar. Jackson GOT7 bergabung dengan tim anggar di Hongkong dan menjadi salah satu peserta pada acara The 2010 Summer Youth Olympics. Tahun 2011, Jackson GOT7 berhasil meraih peringkat pertama pada The Asian Junior and Cadet Fencing Championships. 

6. Chorong Apink

Leader dari grup Apink ini ternyata pemegang sabuk hitam hapkido, lho! Hapkido merupakan olahraga beladiri khas Korea Selatan yang populer. Kecintaan pada hapkido, diturunkan oleh sang ayah yang merupakan guru dan pemilik perguruan hapkido. Tahun 2008, Chorong Apink sempat tampil pada acara Youth Martial Arts Cultural Exchange, untuk menunjukkan kemampuan hapkidonya.

7. Minho Shinee

Siapa sangka! Dulunya Minho Shinee berencana menjadi atlet sepak bola, sebelum memutuskan bergabung dengan SM Entertainment. Sebagai salah satu idol yang jago olahraga, Minho Shinee kerap kali menunjukkan kemampuannya berolahraga di berbagai acara tv.

8. Yuna ITZY

Maknae dari grup ITZY ini sering dijuluki Barbie Korea karena wajahnya yang rupawan. Selain cantik dan berbakat, Yuna ternyata jago berolahraga. Pada usia 11 tahun, dirinya fokus menjadi pemain floorball dan mendapat penghargaan Best Player of the Match. Yuna ITZY juga sempat mendapat penghargaan National Assembly, atas kiprahnya di dunia floorball.

9. Nichkhun 2PM

Nichkhun merupakan idol yang jago dalam olahraga bulu tangkis. Semasa sekolahnya dulu, Nichkhun merupakan seorang atlet dan sempat menjadi pelatih. Nichkhun mendapat julukan “shuttlecock prince” dan sempat menjadi model untuk brand Yonex Korea. Setelah debut menjadi idol, Nichkhun sempat menunjukkan kemampuannya pada acara Our Neighborhood Arts and Physical Education.

10. Jeon Somi ex IOI

Mantan center dari grup IOI, Jeon Somi, sering menunjukkan kemampuan bela dirinya pada tiap kesempatan. Jeon Somi memegang sabuk hitam taekwondo tingkat 3. Sempat ingin naik ke tingkat 4, namun keinginannya harus diundur karena saat itu umurnya masih terlalu muda.

11. Yohan ex X1

Sebelum mengikuti acara survival Produce x 101 dan debut bersama X1, Yohan merupakan atlet taekwondo. Dirinya tergabung di dalam Tim Nasional Taekwondo Junior Korea Selatan dan menang sebanyak dua kali pada acara National Youth Sports Festival. Karena keterampilannya, Yohan mendapat beasiswa di Universitas Sangmyung.

12. Bomi Apink

Bomi Apink merupakan salah satu idol yang jago olahraga. Sejak usianya 5 tahun, Bomi Apink, telah menggeluti dunia taekwondo dan kini memegang sabuk hitam tingkat 3. Alumni Korean Arts High School yang satu ini, mengaku diterima di agensi yang menaunginya saat ini, berkat kemampuan olahraganya.

13. Siwon Super Junior

Siwon Super Junior ternyata jago bela diri, nih! Dengan badan yang besar dan berotot, Siwon Super Junior mampu mematahkan 10 papan hanya dalam satu pukulan. Saat ini, Siwon Super Junior memegang sabuk hitam taekwondo, bahkan Siwon pernah dinobatkan menjadi bodyguard Super Junior. Ada-ada saja, ya.

Itulah deretan idol K-pop yang jago olahraga, mulai dari olahraga air sampai olahraga kaki. Banyak idol yang memiliki ketertarikan di bidang olahraga dan seni, tidak heran beberapa idol merupakan atlet sebelum debut. Dari daftar yang telah disebutkan di atas, adakah idola kamu, Bela?

Baca Juga: 7 Idol KPop yang Ternyata Jago Pole Dance, Ada Lisa BLACKPINK

Baca Juga: Ada Pendidikan Seks, 5 Artis Korea Ini Punya Sertifikasi Unik

Baca Juga: Selain Gal Gadot, 6 Penyanyi dan Artis Hollywood Ini Mantan Tentara