Kini, media sosial memudahkan siapa saja untuk menjadi terkenal. Cukup mengunggah satu video viral, nama kamu akan menuju ketenaran. Namun, persaingan di dunia hiburan Korea Selatan tampaknya tidak terpengaruh. Setiap tahunnya, masih banyak idol grup baru yang melangsungkan debut, namun tidak semua mendapat kesuksesan.

Di pasar ini, topik pembubaran grup tampaknya bukan hal yang baru lagi. Pada beberapa kasus ekstrim, beberapa grup bahkan harus bubar dalam hitungan hari waktu debutnya. Tidak ingin menyerah, beberapa mantan idol K-pop memilih untuk meneruskan jalannya sebagai penyanyi solo, terjun ke dunia akting, dan sebagian lainnya memilih untuk benar-benar pensiun.

Terima kasih kepada media sosial dan berbagai platform yang ada untuk tetap menghubungkan para selebriti dengan penggemar. Sejalan dengan perluasan platform audio dan video online, para mantan idol ini menjadi lebih populer dari sebelumnya. Penasaran ada siapa aja? Yuk, cek daftarnya!

1. Aaron - NU’EST

Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Popinstagram.com/theaaronkwak

Grup band NU’EST resmi bubar pada Maret lalu, setelah sebelumnya merilis album terakhir milik mereka. Memutuskan untuk keluar dari Pledis Entertainment, kini Aaron Kwak sibuk membuat podcast bersama rekannya, Joel Lane.

Membicarakan banyak hal menarik lewat dua sudut pandang yang berbeda, Aaron dan Joel berharap dapat memberikan wawasan baru tentang budaya Korea ataupun Amerika melalui, Korean Cowboys. Kamu juga dapat menikmati konten mereka di YouTube, lho!

https://www.youtube.com/embed/E-Hsz3Ex0No

2. Ashley Choi - Ladies’ Code

Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Popinstagram.com/ashleybchoi

Ashley bukanlah wajah baru di YouTube, sebelum melakukan debutnya bersama Ladies’ Code, Ashley beberapa kali mengunggah cover dance K-pop ke akun pribadinya. Melansir dari South China Morning Post, Ashley kembali ke YouTube pada tahun 2018 dengan mengunggah cuplikan kegiatan sehari-harinya.

Di sisi lain, Ashley merupakan bagian dari DIVE Studios, jaringan podcast yang berdiri sejak Juli 2019. Menjadi pembawa acara bersama sesama bintang K-pop, BM dari Kard dan Peniel dari BtoB, ketiganya sering membahas kehidupan para idol K-pop. 

https://www.youtube.com/embed/T_N3xnx1sOg

3. Yerin - GFriend

Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Popinstagram.com/every__nn

Resmi bubar pada tahun 2021, para anggota GFriend memilih jalur yang berbeda untuk keberlanjutan karier mereka. Memilih keluar dari Source Music, salah satu anggota GFriend, Yerin telah menandatangani kontrak eksklusif dengan Sublime Artist Agency.

Yerin juga terjun ke dunia YouTube dengan saluran miliknya, 러블린 예린 Lovelyn Yerin yang kini telah diikuti lebih dari 98 ribu subscribers. Merasa masih perlu banyak belajar, Yerin dengan bersemangat mengatakan jika YouTube akan menjadi salah satu wadah untunya berkembang bersama para subscriber

https://www.youtube.com/embed/tS0AtEoUDmw

4. Ryu Sera - Nine Muses

Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Popinstagram.com/ryuserasera

Mengklaim bahwa dirinya tidak tahu apa-apa tentang kenyataan bahwa dia tidak akan lagi menjadi bagian dari grup Nine Muses, Sera kini fokus pada saluran YouTube pribadinya, Sera Ryu-류 세라. Selain mengunggah video reaction dirinya saat menonton MV terbaru para idol K-pop, Sera juga beberapa kali melakukan cover berbagai lagu.

https://www.youtube.com/embed/_LXtOKwAFC4

5. Hong Eunki - RAINZ

Aktif Jadi Youtuber Hingga Host Podcast, 5 Artis ini Mantan Idol K-Popinstagram.com/eun_doitz

Hong Eunki merupakan alumni acara survival Produce 101 musim kedua, dirinya tereliminasi pada episode ke-8. Eunki memilih untuk meluaskan sayapnya menjadi seorang solois dan terjun ke dunia akting. Debut dalam drama Idol: The Coup (2021), nama Eunki semakin bersinar.

Melansir dari South China Morning Post, Eunki mulai berinteraksi dengan penggemarnya melalui saluran YouTube. Mengkombinasikan vlog, lookbook sesekali, dan cuplikan di balik layar perjalanannya sebagai solosis, Eunki membagikan semua itu melalui saluran YouTubenya, 홍은기 HONG EUNKI.

https://www.youtube.com/embed/JgLXsbwLM6c

Itulah beberapa idol K-pop yang kini beralih ke dunia podcast maupun YouTube. Melalui kedua platform ini, nama mereka semakin bersinar dan juga semakin terasa dekat dengan penggemar. Kita doakan agar mereka sukses di jalannya masing-masing, ya!

Baca Juga: Tinggal di Korea, Intip Pesona Para Youtuber Indonesia Ini Yuk!

Baca Juga: Rekomendasi 6 Youtuber Korea yang Memperlihatkan Gaya Hidup di Korea

Baca Juga: 7 Artis Indonesia yang Merambah Menjadi Host Talk Show atau YouTuber