Pada era saat ini, banyak generasi millennial lebih memilih pekerjaan yang sifatnya freelance atau part time dan bisa dikerjakan di rumah. Alasannya, terlalu banyak menghabiskan waktu jika harus pergi ke kantor setiap hari, belum lagi rasa lelah dalam perjalanan serta harus berperang mengarungi hiruk pikuk ibu kota. Nah, biasanya pekerjaan freelance atau part time ini cocok banget untuk mahasiswa yang ingin cari tambahan uang jajan dan ibu rumah tangga yang ingin tetap bekerja namun nggak mau meninggalkan tanggung jawabnya mengurus keluarga. Untuk itu, di sini Popbela akan berbagi tips buat kamu bagaimana agar tetap fokus bekerja di rumah tanpa terganggu oleh hal apapun. Penasaran kan? Keep scrolling, Bela!

1. Tunjukkan Rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

5 Tips Agar Tetap Fokus Ketika Bekerja di Rumah verywell.com
 

Menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita tentu ada hubungannya dengan segala pekerjaan yang kita lakukan di rumah. Mulailah harimu dengan berdoa, niscaya pekerjaanmu akan berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan.

2. Atur schedule harianmu dengan tepat

5 Tips Agar Tetap Fokus Ketika Bekerja di Rumah womansday.com
 

Untuk melakukan pekerjaan kantor agar tetap fokus dan hasilnya maksimal, usahakan untuk selesaikan terlebih dahulu pekerjaan rumahmu. Alasannya, agar kamu tetap fokus pada tugas kantor dan pikiran kamu nggak bercabang karena masih memikirkan pekerjaan rumah.

3. Jauhkan sesuatu yang sifatnya mengganggu

5 Tips Agar Tetap Fokus Ketika Bekerja di Rumah katewaterhouse.com
 

Ada beberapa gangguan yang bisa mengganggu keseriusan kamu dalam mengerjakan tugas kantor, misalnya saja notifikasi dari berbagai media sosial. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan silent mode pada handphone-mu ketika sedang bekerja ya, Bela!

4. Dengarkan musik yang bernuansa keceriaan

5 Tips Agar Tetap Fokus Ketika Bekerja di Rumah elle.es
 

Percaya atau nggak, musik yang bernuansa ceria seperti jazz atau pop dapat membuat mood kamu naik drastis lho, Bela! Hal ini tentu saja akan membuat kamu tetap fokus bekerja dengan perasaan senang serta semangat.

5. Beritahu jadwal kerjamu kepada kerabatmu

5 Tips Agar Tetap Fokus Ketika Bekerja di Rumah verywell.com
 

Nggak ada salahnya lho jika kamu memberitahu temanmu kapan biasanya kamu mengerjakan tugas kantor di rumah. Ini bertujuan agar teman kamu mengetahui kapan kamu bisa diajak untuk hang out tanpa menganggu waktu kerjamu.

BACA JUGA: 7 Tips Mudah Menjaga Fokus Sepanjang Hari