Para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) tengah bersiap meramaikan bioskop lagi. Pasalnya, film sekuel yang mengisahkan Thor, Thor: Love and Thunder, tayang mulai 6 Juli 2022. Superhero satu ini masih diperankan oleh Chris Hemsworth.

Namun, jangan mengaku Si Paling Marvel kalau kamu belum menonton film-film sebelumnya. Ada apa saja? Cek watching list di bawah ini, yuk!

1. Thor (2011)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluthemoviedb.org

Thor sudah memiliki film solo pertamanya pada 2011 lalu. Tak hanya mengawali kisah Thor, film ini juga merupakan salah satu film yang mengawali MCU.

Film garapan Kenneth Branagh tersebut berkisah tentang Thor, dewa yang diasingkan untuk menetap di Midgard (Bumi) bersama manusia. Ia harus membuktikan bahwa dirinya layak mengangkat senjata kesayangannya lagi, yaitu palu Mjolnir.

Kamu akan melihat hubungan Thor dengan adik angkatnya, yaitu Loki, dalam film ini, Bela! Selain itu, ada screen time Thor dengan kekasihnya, Jane Foster, yang akan kembali menghiasi Thor: Love and Thunder.

https://www.youtube.com/embed/JOddp-nlNvQ

2. The Avengers (2012)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluthemoviedb.org

Di film inilah Thor bertemu dengan Iron Man, Captain America, Hulk, Hawkeye, dan Black Widow. Pertemuan ini menjadi persatuan kekuatan untuk melawan Loki yang mengetahui kekuatan Tesseract dan berniat memakainya untuk menguasai bumi.

https://www.youtube.com/embed/eOrNdBpGMv8

3. Thor: The Dark World (2013)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

Dua tahun kemudian, Thor kembali memiliki film solo yang berjudul Thor: The Dark World. Seperti judulnya, Thor dikisahkan melawan rencana Malekith serta pasukan Dark Elf yang menggunakan senjata bernama Aether. Ia harus menghentikan kehancuran alam semesta karena ulah musuh tersebut.

Pahit manis kehidupan Thor diceritakan lebih lanjut melalui film ini. Ia harus menghadapi kisah tragis usai kehilangan sang ibu, Frigga. Persaudaraannya dengan Loki pun dikisahkan lebih jauh. Untungnya, masih ada bumbu romansa yang melibatkan Thor dengan Jane Foster.

https://www.youtube.com/embed/npvJ9FTgZbM

4. Avengers: Age of Ultron (2015)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

Dalam film ini, Thor kembali bersatu dengan The Avengers untuk melawan Ultron. Proyek yang awalnya dimaksudkan Tony Stark untuk mempertahankan keamanan bumi dan manusia ini, justru melawan manusia karena dianggap sebagai ancaman untuk bumi.

https://www.youtube.com/embed/tmeOjFno6Do

5. Guardians of the Galaxy (2014)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

MCU juga meliputi para penjaga galaksi, yaitu Star Lord, Gamora, Drax, Rocket, Groot, dan Nebula. Mereka debut di film garapan James Gunn yang berjudul Guardians of the Galaxy.

Film ini berkisah tentang Peter Quill yang mencuri sebuah artefak berkekuatan khusus. Ia merupakan anggota kelompok Ravager yang dipimpin oleh Yondu Udonta. Karena kejadian ini, ia diburu oleh banyak orang yang mengharapkan imbalan jika bisa menangkapnya.

Quill lalu berhasil ditangkap dan mendekam di penjara Kyln. Di sini pula ia bertemu dengan Drax, Rocket, Groot, dan Gamora. Mereka kemudian membentuk pasukan untuk melindungi alam semesta setelah mengetahui kekuatan di balik artefak tersebut.

https://www.youtube.com/embed/d96cjJhvlMA

6. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

Kisah para penjaga galaksi masih berlanjut. Quill bertemu dengan sosok misterius bernama Ego yang mengaku sebagai ayah biologisnya. Meski sempat curiga, keduanya lama-kelamaan menjadi dekat. Quill pun mempelajari asal-usulnya sebagai kaum Celestial.

Namun, Gamora yang merupakan kekasihnya masih merasakan kejanggalan di balik sosok Ego. Tak disangka, Gamora menemukan rahasia mengerikan milik Ego.

Dalam film ini juga, dikisahkan bahwa Mantis bergabung dengan kelompok yang diketuai Star Lord. Tokoh ini juga akan muncul dalam Thor: Love and Thunder, lho!

https://www.youtube.com/embed/dW1BIid8Osg

7. Thor: Ragnarok (2017)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

Karakter Thor di bawah garapan Taika Waititi menampilkan sisi humoris. Sayangnya, Thor dalam film ini dikisahkan terdampar ke planet Sakaar. Ia harus menemukan jalan pulang ke Asgard untuk menyelamatkan alam semesta dari ancaman Hela, yang juga merupakan kakak perempuannya.

Masih ada Loki dan Hulk di film ini. Karakter-karakter yang baru muncul di film ini, seperti Valkyrie, Korg, dan The Grandmaster, juga meramaikan Thor: Love and Thunder.

https://www.youtube.com/embed/ue80QwXMRHg

8. Avengers: Infinity War (2018)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

Avengers: Infinity War mengambil lini waktu tepat setelah Thor: Ragnarok. Dalam film ini, terdapat Thanos yang berusaha melenyapkan separuh alam semesta dengan mengumpulkan Infinity Stone. Thor bahkan menyaksikan Thanos memusnahkan Asgardian yang selamat dari bencana Ragnarok, termasuk Loki dan Heimdall.

Thor kemudian berupaya menghentikan Thanos agar tak berulah lebih jauh. Film ini juga menjadi penghubung Thanos dengan Guardians of The Galaxy. Ia pergi ke Nidavellir lalu membuat senjata baru bernama Stormbreaker bersama Rocket dan Groot.

https://www.youtube.com/embed/6ZfuNTqbHE8

9. Avengers: Endgame (2019)

Sebelum 'Thor: Love and Thunder', Tonton 9 Film Ini Duluimdb.com

Terakhir muncul di film MCU, Thor mengalami keterpurukan usai gagal membunuh Thanos. Ia tinggal di New Asgard dalam keadaan depresi dan meragukan kemampuannya sebagai pahlawan.

Namun, momen ini membuatnya mengekplorasi diri dan menemukan tujuan hidup baru. Tak hanya kembali bergabung dengan para Avengers, ia turut serta dalam petualangan ke luar angkasa bersama para penjaga galaksi.

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Siap menyaksikan film terbarunya, Bela?

Baca Juga: ‘Thor: Love and Thunder’ Review: Perjalanan Sang Dewa Menemukan Cinta

Baca Juga: Muncul di Film Terbaru 'Thor', ini 7 Peran Terbaik Christian Bale

Baca Juga: Thor Memilih Pensiun? Simak 7 Fakta 'Thor: Love and Thunder'