Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya akan segera tiba. Setelah melalui sederet persiapan, PESTAPORA siap mengguncang Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai besok, 23 September. Festival musik yang menghadirkan 174 penampil ini akan terselenggara selama tiga hari hingga 25 September. Lantas, sudah sampai mana persiapannya?

"Proses persiapan PESTAPORA sendiri udah mulai dari H-8. Kita udah mulai marking, nge-build stage-stage, sih, udah bangun semuanya. Bisa dibilang udah 80% lah, ya?" kata Kiki Aulia Ucup, Direktur Boss Creator selaku penyelenggara.

Hadirkan banyak hal baru

PESTAPORA mewadahi penampilnya untuk mempersembahkan sesuatu yang berbeda dari panggung lainnya. Sebut saja Tuan Tigabelas yang akan mengajak sejumlah rapper dari berbagai kota untuk tampil. Sementara itu duo Endah n Rhesa akan satu panggung dengan duo lain yang tak kalah fenomenal, yaitu Vincent dan Desta, pada hari ketiga.

"Jadi Endah n Rhesa akan berkolaborasi dengan Vincent dan Desta membawakan lagu-lagu Koes Plus," ujar Endah.

Terobosan untuk menyatukan berbagai genre musik ini senada dengan project Collabonation IM3 yang menjadi salah satu sponsor PESTAPORA. Bahkan, booth yang akan mereka adakan saat acara berlangsung akan menampilkan sederet karya kolaborasi dan Meet & Greet bersama Sal Priadi, Kunto Aji, Nadin Amizah, dan Iga Massardi.

Di dunia Collabonation yang dapat ditemui di booth IM3 pada area PESTAPORA Stage nanti, pengunjung akan diberikan pengalaman untuk merayakan Era Baru, Jaringan Baru melalui beberapa zona dan diorama interaktif. Mulai dari proses kolaborasi pembuatan lagu (Collabonation Camp), karya kolaborasi film (Limina Limen & Collabonation Series 3.0 - Angin di Lautan, Irama, Putaran), serta visualisasi konser-konser Collabonation dilengkapi dengan properti karya, pameran foto Collabonation, hingga instalasi seni yang terkait dengan Collabonation,“ ucap Benny H. Hutagalung, VP-Head of PR & Brand Activation Indosat Ooredoo Hutchison.

Kumpulkan 75.000+ penonton

Hari Ini! Sudah Sampai Mana Persiapan PESTAPORA?popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Seperti yang telah diumumkan melalui situs resmi PESTAPORA, penampil akan dibagi ke dalam enam panggung dan empat ruang pertunjukan. Ucup memperkirakan, lebih dari 75.000 penonton akan memenuhi arena festival.

"Kalau ngomongin kapasitas, PESTAPORA ini kita per hari menghadirkan, di luar penampil, di luar ID card media, di luar pekerja, itu 25.000 penonton per harinya. Sudah bisa dipastikan 75.000 lebih yang hadir di PESTAPORA," ungkap Ucup.

Tak hanya dari kalangan muda saja, data menunjukkan ada pembeli tiket yang berusia lebih dari 60 tahun. Hal yang juga menunjukkan antusiasme tinggi penonton adalah ditemukannya pembeli dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, hingga Thailand.

Ucup mengatakan, PESTAPORA akan melakukan open gate mulai pukul 1 siang dan akan selesai sekitar pukul 1 malam. Terkait imbauan membawa wadah minum sendiri dan pertanyaan apakah akan ada water station di area festival, direktur Boss Creator ini memberikan jawabannya.

"Nggak ada fasilitasnya (water station), tapi kita kolaborasi dengan salah satu brand air mineral, AQUA, yang memang memfasilitasi. Bawa tumbler atau nggak itu kan kenyamanan masing-masing. Bawa tumbler juga nggak kita larang karena mereka bisa air mineral dari kemasan plastiknya ke tumbler. Nantinya sampah-sampah plastik itu akan kita jadikan karya seni. Kita akan kolaborasi dengan komunitas," paparnya.

"Buat menuh-menuhin layout aja"

Hari Ini! Sudah Sampai Mana Persiapan PESTAPORA?dok. PESTAPORA

Namun, satu hal yang masih membuat netizen penasaran adalah adanya satu nama yang ditutupi oleh blok hijau pada line-up hari kedua. Sebelumnya, hal serupa juga terjadi pada line-up hari ketiga, yang kemudian terungkap bahwa itu adalah Noah. Tak terduga, beginilah jawaban yang dilontarkan oleh Ucup.

"Sudah keluar semua line-up-nya. Sisa satu yang masih ditutup buat menuh-menuhin layout aja," ujarnya.

Beberapa netizen lantas berspekulasi, nama tersebut adalah Sheila On 7. Namun, ia hanya meminta penonton untuk melihat bagaimana nanti.

"Ya, komentar netizen nggak bisa kita bendung. Terserah mereka mau berasumsi siapa yang ngisi. Kita lihat aja nanti," katanya.

Sementara itu, rundown per panggung sudah dirilis melalui Instagram resmi PESTAPORA. Buat kamu yang mau nonton, segera atur strategi waktu agar bisa menyaksikan semua musisi kesayangan, yuk, Bela!

Baca Juga: Festival `PESTAPORA` Siap Guncang 11 Kota Besar Tanah Air! 

Baca Juga: Prambors Konser Bintang Jatuh is Back! Ajak Kamu ke Singapura Gratis

Baca Juga: Plataran Bromo Xtravaganza 2022, Menuju Konser di Atas Awan