Orang yang selalu bahagia bangun dan pergi lebih awal di pagi hari, tidak ada yang menahan mereka. Mereka tidak pernah menunda perjalanan atau antrean mereka dan mereka tidak lupa untuk selalu tersenyum pada orang asing. Hal-hal kecil seperti tersenyum pada orang asing, menari dalam hujan juga dapat membuatmu terlihat bahagia. Lalu, apa lagi ya yang dilakukan oleh orang-orang yang selalu bahagia dalam menjalani harinya. Yuk, disimak!

1. Berani Katakan “Tidak”

 
Cara terbaik untuk bahagia menurut buku Sarah Knight yang berjudul The Life-Changing Magic Of Not Giving A F*ck adalah dengan mengatakan “tidak” pada hal-hal yang dapat merugikanmu. Katakan “tidak” bila hal tersebut mengesampingkan prioritasmu seperti kebaikan kamu lakukan pada seseorang, pekerjaanmu yang cukup menguras waktumu, dan menggangu waktu bersama keluarga yang sudah kamu tunggu sejak lama. Menolak sesuatu awalnya memang sulit, tapi tidak ada salahnya bila kamu coba untuk memulainya dan ingat saat menolak sesuatu kamu dapat tetap memperlihatkan senyum di wajahmu. Dengan begitu, mereka pun tidak keberatan bila kamu menolak tawaran mereka.

2. Belajar mencintai hal-hal kecil

Setiap hari kamu perlu untuk belajar mencintai hal-hal kecil. Ingatlah ketika kamu masih kecil secara harfiah semuanya adalah sumber keajaiban. Mulailah untuk mencintai diri sendiri bila ingin selalu bahagia setiap harinya. Lihatlah segala sesuatu seolah-olah kamu melihatnya untuk pertama kali dan jangan lupa untuk bersyukur terhadap hal tersebut.

3. Seimbang dalam menjalani hidup

 
Keseimbangan akan dapat membuatmu bahagia! Maksudnya dengan menyeimbangkan pekerjaanmu dengan kehidupan sosialmu (jangan biarkan salah satunya lebih menguasaimu), boleh juga kamu sesekali makan junk food, tapi kamu jangan melupakan untuk makan buah dan sayuran, sangat mudah untuk seimbang bila kamu selalu ingat poin nomor satu dalam artikel ini.

4. Perlakukan dirimu sendiri dengan baik

 
Setiap hari kamu memiliki kesempatan untuk selalu memanjakan dirimu sendiri. Bukan hanya dengan cara membeli beberapa barang, namu juga tentang jalan-jalan, berolahraga, mandi, dan ke salon. Hal-hal murah ternyata dapat membuatmu merasa luar biasa. Kamu juga boleh memberikan dirimu hadiah bila kamu telah berhasil melakukan suatu hal. Apresiasi dirimu sendiri karena kamu memang pantas mendapatkannya!

5. Cobalah hal-hal baru

 
Janganlah menghindari dirimu dari makanan, pengalaman, dan kesempatan baru yang datang dalam hidupmu. Kamu akan merasa lebih bahagia ketika kamu berani mencoba, walaupun kamu tidak terlalu menyukainya. Semua hal yang kamu temukan tentang dirimu tentu akan membuat dirimu jauh lebih bahagia karena kamu telah mengenal dirimu sendiri. Itu merupakan hal yang luar biasa. Maka dari itu, jangan takut untuk mencoba, ya!

6. Selalu berbaik hati

 
Walaupun tidak semua orang menyukaimu, kamu harus tetap bersikap baik pada mereka. Kamu harus tetap tersenyum walau ada orang yang mendorongmu saat sedang mengantre di antrean tiket KRL, mungkin orang-orang tersebut sedang mengalami hari yang buruk. Kamu harus memaklumi itu. Bantulah orang-orang ketika mereka meminta pertolongan padamu. Jangan berharap dibalas kebaikanmu, lakukan saja dengan ikhlas. Bila kebaikanmu tidak terbalas di dunia, mungkin akan dibalas di akhirat. Jadi, tetap tersenyum dan selalu berbaik hati pada setiap orang, ya Bela!

 

BACA JUGA: Cari Kerja Jadi Lebih Mudah dengan Melakukan 4 Cara Ini