Berkurangnya daya ingatmu mungkin akan membuatmu sulit. Tapi, kamu tidak perlu cemas karena menurut penelitian, otak kita memiliki kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dan berubah walau sudah usia tua. Kemampuan ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Dengan stimulasi yang tepat, otakmu dapat terus membuat saraf baru, memperbarui jaringan, beradaptasi dan bereaksi dengan cara yang selalu berubah.

Kamu dapat memanfaatkan kekuatan alami neuroplastisitas untuk meningkatkan kemampuan kognitifmu, meningkatkan kemampuanmu mempelajari informasi baru, dan memperbaiki ingatanmu pada usia berapapun. Tanpa perlu ke dokter, kamu dapat menerapkan cara ini untuk meningkatkan kemampuan berpikirmu.

1. Berikan latihan yang baik untuk otakmu

 
Tidak hanya tubuhmu, otakmu juga perlu latihan. Latihan untuk otakmu ini tentunya dapat meningkatkan daya ingatmu. Latihan untuk otakmu seperti belajar bahasa baru, bermain alat musik, dll. Asal sering dilakukan pastinya daya ingatmu dan kemampuan berpikirmu meningkat. Tak ada salahnya memberikan latihan pada otakmu karena dapat memberikanmu pengetahuan baru, meningkatkan keterampilanmu, dan ini cukup bermanfaat untuk masa depan kariermu.

2. Memiliki hubungan yang baik adalah peningkat kualitas otak

 
Manusia adalah makhluk sosial. Tidak mungkin kita tidak melakukan interaksi dengan sesama makhluk. Hubungan yang merangsang otak kita seperti berinteraksi dengan orang lain mungkin merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan berpikirmu. Bersosialisasi dengan orang lain dapat meningkatkan daya ingatmu dan mampu meningkatkan kemampuan berpikirmu untuk beradaptasi.

3. Perhatikan stres pada dirimu

 
Stres menyebabkan hilangnya ingatan karena stres adalah musuh terbesar untuk otakmu. Bahkan, stres kronis bisa menghancurkan sel otak. Agar kamu terhindar stres kamu dapat melakukan meditasi, istirahat yang cukup, selalu bahagia, dan tuliskan semua perasaan yang mengganjal di pikiranmu pada suatu wadah lalu buang. Kamu harus menyeimbangkan antara waktumu bekerja dengan waktumu bermain. Lebih baik fokus pada satu tugas dan maksimal, daripada kamu mengerjakan banyak hal tapi hasilnya kurang baik.

4. Tidur malam yang cukup

 
Sangat dianjurkan untuk semua orang tidur 7-8 jam setiap hari. Kurang tidur dapat membuat kualitas berpikirmu menurun dan daya ingatmu berkurang. Tidur adalah kunci bagi otak untuk memperkuat neuron sehingga membantu kita untuk mengingat banyak hal. Jika kamu sulit untuk tidur, meminum secangkir susu hangat setengah jam sebelum tidur dapat membantumu. Old but gold.

 

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Pekerjaanmu Jadi Tak Menyenangkan Lagi