Memulai karier profesional sebagai seorang pekerja baru tentunya menjadi hal yang mendebarkan bagi siapa saja, nggak terkecuali kamu yang baru saja diterima di tempat kerja. Meski terbilang baru dan minim pengalaman kerja, hal ini justru harus menjadi pacuan untuk dapat belajar dan mempergunakan kesempatan dengan baik. 

Rasa malu dan rendah diri sebagai pekerja baru terkadang kerap menghampiri, tapi, jangan sampai hal tersebut menjadi hambatan untuk mendapatkan promosi penting ya! Yuk, lakukan tips karier yang bisa kamu terapkan sebagai resolusi tahun 2020 di bawah ini.

1. Amati etos kerja atasan kamu

Untuk dapat menjadi yang terbaik dan memiliki kinerja yang bagus dalam pekerjaan yang saat ini kamu geluti, kamu perlu belajar banyak terutama pada mereka yang lebih berpengalaman seperti atasanmu di kantor. 

Nggak perlu malu deh, perhatikan cara yang dipakai olehnya dalam bekerja seperti presentasi, menghadapi klien, hingga kebiasaan positif lainnya yang bisa kamu tiru.

2. Berani menerima kritik

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@fauxels

Sepahit apapun kritik yang kamu dapatkan, cobalah untuk selalu berbesar hati menerimanya. Kritik yang membangun akan membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lho.

3. Lebih kreatif dan inovatif

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@kaboompics

Selalu berpikir out of the box adalah kunci. Sebagai pekerja baru, penting lho, untuk berpikir kreatif dan inovatif agar memiliki ide dan gagasan yang fresh dan nggak biasa. So, pertahankan apa yang kamu punya dan asah terus kemampuan yang kamu miliki ya.

4. Bersikap fleksibel terhadap segala sesuatu

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja BaruUnsplash.com/Igor Miske

Jabatan yang kamu miliki bisa saja berubah. Sebagai pekerja baru di tempatmu saat ini bekerja, menjadi fleksibel dan mau mengerjakan apapun yang dapat kamu kerjakan adalah hal yang penting. Dari segala hal yang kamu kerjakan tadi, kamu bisa belajar dan mendapatkan pengalaman baru. Nggak ada ruginya, kan?

5. Friendly is a must

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@divinetechygirl

Bersikap ramah kepada siapa saja di tempat kerja adalah hal yang baik. Dari mulai kolega, atasan, hingga para office boy, dan satpam akan sangat senang mendapatkan rekan kerja yang ramah sepertimu. 

Selain itu, bersikap ramah juga dapat menciptakan suasana kerja yang positif hingga menjadikan kinerja siapa pun yang ada di dalamnya menjadi lebih produktif lho. Lagi pula, nggak ada salahnya kok membangun hubungan baik dengan setiap orang.

6. Jangan sungkan untuk meminta bantuan

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@oleg-magni

Kalau kamu merasa kewalahan dan nggak sanggup untuk dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan seorang diri, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada rekan kerjamu saat ini ya. Tapi, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih setelahnya. 

Jangan salah, hal tersebut dapat membantumu lebih cepat untuk mendapatkan teman dekat di kantor baru lho.

7. Ambisius, boleh nggak ya?

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja BaruUnsplash.com/Andrew Neel

Mumpung masih dalam usia muda dan minim pengalaman pekerjaan, kamu boleh bersikap ambisius dalam berkarier. Namun, jangan pernah lupa untuk dapat selalu menempatkan diri dan juga menghormati orang lain. Nggak perlu deh, membuat drama atau konflik yang kurang penting di lingkungan pekerjaan.

8. Selalu profesional di berbagai kesempatan

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@moose-photos-170195

Meski dalam keadaan sedih dan terpuruk, atau suasana hati yang sedang dalam kondisi buruk, berusahalah untuk selalu bersikap profesional di setiap kesempatan. Dalam bekerja, kamu dituntut untuk dapat memisahkan urusan pribadi dengan urusan pekerjaan. Jangan sampai apa yang menjadi urusan pribadi kamu justru menghancurkan apa yang saat ini menjadi pekerjaanmu.

9. Jangan takut menyampaikan gagasan yang kamu punya pada atasan

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@fauxels

Punya kepercayaan diri yang tinggi adalah hal yang baik. Kamu nggak akan pernah tahu hasil yang akan kamu dapat kecuali kamu memiliki keinginan untuk selalu mencoba hal baru. Seperti yang satu ini, nggak perlu takut dan khawatir untuk menyampaikan gagasan yang kamu miliki kepada atasan. Nggak ada yang salah kok dengan hal itu. Siapa tahu kamu justru akan mendapatkan kesempatan baik setelahnya.

10. Ikuti berbagai workshop atau pelatihan

Makin Sukses menyambut 2020, Intip 10 Tips Karier Bagi Pekerja Baruhttps://www.pexels.com/@divinetechygirl

Salah satu cara untuk memiliki kinerja yang baik di tempat kerja adalah dengan selalu meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. So, jangan sampai ketinggalan atau melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru lewat workshop atau pelatihan yang menarik ya. Masa depan ada di tanganmu, Bela.

Nah, itulah 10 tips karier yang dapat kamu terapkan sebagai pekerja baru di tempatmu saat ini bekerja. Selalu percaya diri dan jangan pernah merasa rendah diri hanya karena pengalaman kerja yang kamu miliki masih sedikit ya!

Baca Juga: 11 Tips Ini Bantu Kamu Wujudkan Resolusi Tahun Baru dengan Mudah