Bisa bermain piano adalah hal unik karena tidak semua orang bisa memainkannya dengan baik. Latihannya pun membutuhkan waktu yang lama. Namun, dengan ketekunan kamu bisa menguasainya. Ternyata ada hal unik yang bisa digali dari kemampuan bisa bermain piano.

Lima poin ini menjadi jawabannya.

1. Punya pemikiran seimbang

Suka Bermain Piano, Kamu Punya 5 Hal Menguntungkan Iniunsplash.com/Tadas Mikuckis

Saat belajar dan bermain piano secara tidak sadar kamu menggunakan otak kanan dan kiri. Hal itu terbukti ketika tangan kanan dan kiri bekerja sama untuk menghasilkan alunan nada. Kalau ada salah satu yang kurang seimbang, maka nada dan irama yang dimainkan pun terdengar sedikit sumbang. Tanpa keterampilan tersebut kamu akan terlihat kaku saat memainkan piano. Jika sudah terbiasa, maka ketika menjalani aktivitas kamu pun bisa berpikir lebih kreatif dan logis.

2. Mudah mengekspresikan sesuatu

Suka Bermain Piano, Kamu Punya 5 Hal Menguntungkan Iniunsplash.com/Tim Gouw

Bermain musik memang melatih kamu untuk berekspresi. Kalau kamu belajar piano secara tidak langsung melatih rasa. Memainkan lagu dengan piano secara tidak sadar kamu terlarut dalam suasana alunan nada. Kamu tahu jika itu lagu sedih, gembira, semangat, hingga emosi. Begitu juga ketika di lingkungan sosial, kamu lebih punya rasa empati. Kamu pun bukan tipe yang suka meniru orang lain. Tidak ragu dalam menunjukkan ekspresi sebagai respon adalah salah satu kelebihan.

3. Suka multitasking

Suka Bermain Piano, Kamu Punya 5 Hal Menguntungkan Iniunsplash.com/Massimo Sartirana

Membaca notasi balok sambil menekan tuts-tuts piano bukan perkara mudah. Ketika latihan dan bermain piano, kamu dilatih untuk membagi fokus tapi tetap konsentrasi. Oleh sebab itu, tidak heran kalau kamu bisa mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu. Selain itu, kamu juga bisa menangani beberapa permasalahan. Hal ini bukan karena paksaan, melainkan kamu punya respon yang cukup cepat dalam menanggapi suatu hal.

4. Efektif menggunakan energinya

Suka Bermain Piano, Kamu Punya 5 Hal Menguntungkan Iniunsplash.com/Ryan Holloway

Orang yang suka bermain piano memang ada yang ekspresif dan sedikit pendiam. Namun, mereka punya kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri. Dari tiga poin yang sebelumnya, sudah terlihat bahwa kamu adalah orang yang aktif. Kamu juga tidak ingin membuat energi yang dimiliki untuk terbuang percuma. Oleh sebab itu, tidak perlu heran kalau suka bernyanyi kecil sebagai bentuk suasana diri pada saat itu. Pakai tenaga dan pikiran untuk kegiatan yang positif, ya.

5. Pintar berimprovisasi

Suka Bermain Piano, Kamu Punya 5 Hal Menguntungkan Iniunsplash.com/Jean-Philippe Delberghe

Hobi bermain piano atau bahkan seorang pianis sering kali punya label pintar dan cerdas. Bukan sekedar label, tapi kamu memang punya pendapat serta pemikiran yang lebih dewasa dan unik. Dalam penyampaian pun bahasanya terstruktur. Ketika kamu nyaman melakukan kegiatan, maka ada saja ide yang timbul untuk mengembangkannya. Kebiasaan yang seperti ini tentu membuat orang sekitar heran. Jangan takut juga untuk menghadapi pro dan kontra.

 

BACA JUGA : 12 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Konser dalam Hidupmu