Perubahan musim yang tidak menentu bisa sebagai tanda bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja. Kita tahu, namun belum cukup sadar menjalankan perubahan agar ketidak seimbangan dengan alam berkurang. Semakin konsumtif dan menikmati gaya hidup yang berlebihan semakin kamu lakukan. Kurangi bersikap demikian dan ganti dengan lima kegiatan yang bermanfaat ini.

Jangan Ngaku Cinta Bumi Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Aksi Ini
 
Salah satu bentuk kepedulian terhadap bumi tapi sekaligus bisa menghemat pengeluaran. Biasanya, kamu akan lupa untuk mencabut kabel barang elektronik seperti charger handphone, kipas angin, televisi, hingga menyalakan AC pada saat kamu keluar rumah. Selain berbahaya, aliran listrik akan terus berjalan. Itu sama saja dengan kamu memakainya. Daripada tagihan listrik terus membengkak. Nggak ada salahnya langsung mencabut kalau sudah nggak digunakan lagi.
 
Jangan Ngaku Cinta Bumi Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Aksi Ini
 
Untuk alasan praktis dan menghemat waktu kamu selalu membeli air dalam kemasan. Padahal kamu bisa mempersiapkan sendiri dengan membawa tempat minum. Memang nggak dingin dan segar, tapi kamu ikut berpartisipasi untuk mengurangi sampah plastik yang susah terurai. Begitu juga dengan makanan, ada baiknya memang untuk selalu membawa bekal makanan sehat. Tapi, kalau itu susah kamu bisa membawa tempat makan kosong dan gunakan sewaktu ingin membungkus makan.
 
Jangan Ngaku Cinta Bumi Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Aksi Ini
 
Bisa dikatakan ini adalah salah satu usaha paling umum yang bisa kamu lakukan. Bagi kamu yang hobi bercocok tanam, pasti akan senang melakukannya. Tapi, bagi kamu yang tinggal di kota besar dan nggak di rumah sendiri, bisa dengan cara membeli satu atau dua tanaman hias dan jangan lupa untuk merawatnya. Kegiatan ini selain untuk menyelamatkan bumi juga bisa memancing daya kreativitasmu. Kamu juga bisa ikut kampanye lingkungan hidup demi bumi yang lebih sehat.
 
Jangan Ngaku Cinta Bumi Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Aksi Ini
 
Ini sering kamu lakukan kalau sudah agak terlambat berangkat ke kantor, menemui klien maupun teman. Atau bahkan ketika jalanan sepi. Memang terasa seru dan seperti melepaskan beban pikiran sejenak. Tapi, apakah kamu menyadari bahwa bahan bakar yang digunakan jauh lebih besar daripada kamu mengendarai dengan normal. Di sisi lain, kota besar yang macet juga bisa menjadi salah satu faktor kamu sering membeli bahan bakar. Maka, nggak ada salahnya untuk berangkat lebih pagi dan berjalan kaki kalau dekat.
 
Jangan Ngaku Cinta Bumi Kalau Kamu Belum Lakukan 5 Aksi Ini
 
Banyak sekali kegiatan kecil yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi, misalnya saja sadar akan kebersihan dan mengurangi pemakaian kertas. Kegiatan kecil yang seperti ini memang awalnya susah untuk dilakukan karena bukan kebiasaan. Kamu bisa mencobanya secara perlahan. Dan juga jangan ragu untuk memakai barang hasil daur ulang. Karena saat ini barang hasil daur ulang tersebut sangat banyak mulai tas belanja hingga perabotan rumah tangga.

Kalau bukan kamu yang memulai, siapa lagi?

 

BACA JUGA : Mengeluh Karena Makananmu Tak Enak? Berkacalah Kepada Negara yang Terjangkit Malnutrisi Ini