Merantau di usia muda bukan perkara yang mudah. Hidup nyaman di rumah sendiri siapa yang bisa menolak? Tapi, demi kemandirian dan keberhasilan hidup memang hal ini harus kamu jalani paling nggak sekali seumur hidup. Bagi kamu yang sedang atau pernah merantau, ini hal yang pasti kamu rasakan.

1. Ternyata kamu bisa

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Iniwww.bayouinharlem.com

Memang pada awalnya terlihat menakutkan untuk tinggal di kota yang baru. Timbul pikiran yang membuat kamu khawatir. Takut tersesat, nggak cocok dengan makanannya, kurang bisa bergaul, dan lain sebagainya. Tapi, kalau kamu tetap mau berusaha menjalani, maka dugaan dan kekhawatiran itu nggak ada gunanya. Bisa jadi kamu semakin nyaman dan menemukan ritme baru untuk menjalani hari.

2. Bertanggung jawab atas diri sendiri

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Iniyoursoulstyle.com

Segala tingkah laku dan perbuatan kamu di luar rumah sebenarnya sudah menjadi tanggung jawab diri sendiri. Nggak selamanya orang terdekat bisa menolongmu dengan cepat seperti yang diharapkan. Tapi, rasanya memang lebih berbeda kalau kamu memutuskan untuk merantau. Kamu pun harus selalu waspada dan melindungi diri dari segala hal negatif. Awalnya memang berat, tapi kalau kamu nggak macam-macam bahaya pun bisa kamu rasakan dan dihindari.

3. Hal sekecil apapun sangat berarti

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Iniyoursoulstyle.com

Sebelum memutuskan untuk merantau segalanya memang biasa saja. Tapi, jauh dari orang terdekat membuatmu mensyukuri hal kecil yang menghampiri, termasuk keberhasilan. Bahkan, kamu akan terharu jika ada orang lain yang mau bersimpati atau bersedia memberikan pertolongan. Intinya, ini bisa membuatmu lebih sederhana. Bersikap arogan pun nggak akan kamu lakukan. Dan, kamu lebih menghargai usaha orang lain.

4. Bisa melakukan kegiatan rumah tangga dasar

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Ini5trangers.files.wordpress.com

 

Sepertinya ini manfaat yang bisa terlihat kalau kamu hidup merantau atau bahkan tinggal sendirian. Kamu akan bertanggung jawab kebersihan kamar dan seisinya sebagai tempat tinggal sementara. Nggak hanya itu, beberapa keperluan wajib kamu penuhi dan selesaikan sendiri. Kalau awalnya kamu sangat dimanja, hal ini bisa menjadi perubahan besar. Kamu pun bisa memahami bahwa nggak selamanya hidup dengan kenyamanan.

5. Mengelola keuangan

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Iniyoursoulstyle.com

Membayar kebutuhan dan sewa kamar pasti akan kamu lakukan. Dana yang diberikan atau didapatkan pun lumayan terbatas. Kalau kamu kuliah, mungkin sesekali bisa meminta uang tambahan kepada orangtua jika terdesak. Tapi, saat bekerja kamu wajib bisa menggunakan dengan baijak. Hindari gaya hidup yang kurang sesuai dengan keuangan. Kamu juga perlu menabung, lho.

6. Komunikasi dengan orang terdekat sangat berharga

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Iniwww.sandinthecity.net

Saat merantau, pasti ada saatnya untuk pulang kembali ke rumah beberapa kali dalam setahun. Tapi, kalau sudah terbiasa jarang pulang pun akan kamu lakukan. Ini karena tuntutan pekerjaan maupun kuliah sebenarnya. Agar tak terlalu membuat khawatir orang terdekat, berilah kabar sesering mungkin. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk berkomunikasi, kok.

7. Punya banyak teman baru

Merantau di Usia Muda Kamu Akan Merasakan 7 Hal Iniwww.localspotter.com

Selain menjadi lebih mandiri, poin ini akan kamu rasakan kalau berada di lingkungan baru. Jangan takut dengan perbedaan dan bertoleransilah. Ada baiknya juga untuk menjadi diri sendiri ketika dalam pergaulan. Hindari juga untuk terlalu mengeluh kalau teman meminta bantuan selain materi, tapi terlalu baik juga nggak disarankan. Mendapatkan teman baru sama dengan membangun relasi. Jadi, perluas saja pergaulanmu.

Merantau nggak seseram itu, kan?

BACA JUGA : 3 Hal Ini yang Bakal Sering Kamu Rasakan Saat Memutuskan untuk Tinggal Sendiri