Berkemah tentu bukanlah kegiatan yang asing bagi kamu. Kalau dulu waktu aktif melakukan pramuka, masa pengenalan sekolah, mendaki, hingga menjelajah pasti pernah melakukannya. Kegiatan ini seru, bukan? Kalau kamu belum pernah, berkemahlah paling tidak sekali seumur hidup agar kamu bisa merasakan hal dan sensasi baru. Berikut manfaat positifnya.

1. Terkoneksi

 
Dengan berkemah kamu akan menemukan suasana yang baru. Ini karena kamu melepaskan penat akibat kepadatan kota. Suasana yang sepi dan tenang membuatmu segar dan seperti terlahir kembali. Perkemahan biasa dilakukan di dataran tinggi dan terkadang susah sekali terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi. Kalaupun ada, itu hanya titik-titik tertentu saja. Ini menarik, kamu bisa lebih bebas mengekspresikan diri dan berkomunikasi secara nyata dengan teman-teman yang lain. Ini bisa mempererat dan memperluas jaringan pertemanan, lho.

2. Keluar dari zona nyaman

 
Berada di alam yang terbuka dengan alas tidur, memasak, dan bahan makanan yang seadanya adalah salah satu menantang diri sendiri untuk bisa bertahan hidup. Walaupun kamu nggak sendirian, tapi keadaan yang seperti ini bisa dibilang keluar dari zona nyaman. Kamu pun dilarang mengeluh soal keterbatasaan ini. Positifnya, kamu bisa lebih beradaptasi dengan keadaan sekitar. Dan, lebih kreatif untuk memanfaatkan apa yang kamu punya. Jalan berliku, berbagai macam medan kamu temui membuatmu semakin nggak gampang menyerah.

3. Terinspirasi dan menginspirasi

 
Jangan kaget kalau kamu lagi-lagi bertemu orang baru dengan karakter unik yang bisa membuat sisi kreatifmu lebih berkembang. Kalian bisa saling menginspirasi. Jangan minder kalau misalkan pengalaman dan perjalananmu belum sebanyak mereka. Dari sini, kamu bisa memotivasi diri dan punya keinginan yang lebih bermanfaat lagi. Hindari juga untuk menyombongkan diri dengan apa yang kamu punya. Dan, jangan ragu juga untuk menjawab jika ada yang tertarik dengan bahan obrolan yang telah kamu lontarkan. Tetap percaya diri, ya.

4. Belajar bersyukur

 
Berada di alam dengan segala keterbatasan logistik membuatmu lebih bersyukur dengan apa yang kamu capai sekarang. Bukan bermaksud untuk puas diri dan berhenti. Hanya saja, dengan segala kesulitan yang sehari-hari kamu hadapi, berada di alam bebas membuat dirimu sangat kecil. Karakter dan sisi emosionalmu akan berubah seiring berjalannya waktu kalau kamu sering melakukan kegiatan ini. Dan, kamu nggak lagi menilai penampilan fisik kemudian dihubungkan dengan pencapaian yang ia peroleh. Setelah hidup sebentar di alam bebas kamu pun sedikit belajar tentang makna kehidupan.

5. Olahraga

 
Menuju perkemahan kamu wajib berjalan kaki dengan jarak tertentu. Ini berarti secara nggak langsung kamu akan berolahraga sepanjang kegiatan perkemahan. Karena untuk mendapatkan air hingga mendirikan tenda kamu juga perlu tenaga. Untuk itu, nggak ada salahnya untuk mempersiapkan stamina semaksimal mungkin. Misalnya, dengan olahraga ringan jauh hari sebelum berkemah agar kamu nggak mudah lelah dan cedera ringan. Jangan malas untuk menggerahkan badan, karena kamu belum tahu medan seperti apa yang wajib kamu jalani nanti. Sertakan makanan sehat juga, ya.

Nikmatilah momen ketika kamu berada di tengah alam bebas yang terbebas dari polusi.

BACA JUGA : Wow! 5 Penginapan Ini Memberikan Sensasi Tidur di Alam Terbuka